Unilever Sustainable Living Plan untuk

Pergi ke

Gas rumah kaca

Untuk membantu mengatasi perubahan iklim, kami telah menetapkan ambisi baru yang berani, yaitu menjadi karbon positif dalam operasi kami pada tahun 2030.

Seorang lelaki memasukkan baju kotor ke mesin cuci

Tindakan segera diperlukan guna memerangi perubahan iklim.

Pada November 2015, kami mengumumkan bahwa kami akan menjadi karbon positif dalam operasi kami pada tahun 2030. Pada tahun 2030, kami akan memasok 100% energi yang digunakan dalam operasi kami dari sumber yang terbarukan, dan menghasilkan lebih banyak energi terbarukan dari yang dikonsumsi.

Kami juga berusaha menurunkan dampak gas rumah kaca (GRK) kami dari pasokan, produksi, dan inovasi, serta memperdalam upaya kami dalam memberantas penggundulan hutan dalam rantai pasokan kami.

Target & kinerja

Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk mengurangi hingga separuhnya gas rumah kaca (GRK) yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen dalam rantai nilai kami.

GAS RUMAH KACA

Komitmen Kami

Mengurangi dampak gas rumah kaca dari produk kami hingga separuhnya di seluruh siklus hidup pada tahun 2030.1

KINERJA KAMI

Pada tahun 2015, dampak gas rumah kaca kami per penggunaan konsumen meningkat sekitar 6% sejak tahun 2010.

PERSPEKTIF KAMI

Dampak gas rumah kaca (GRK) produksi kami terus menurun. Pada tahun 2015, lokasi pabrik kami mengurangi CO2 dari energi sebesar 39% per ton produksi pada tahun 2015 dibandingkan dengan tahun 2008.

Namun demikian, dampak GRK produk kami tetap meningkat 6% sejak tahun 2010. Namun yang terpenting, pertumbuhan penjualan pada periode yang sama mencapai 26%, sehingga sangat menggembirakan bahwa kami berhasil memisahkan rantai nilai dampak GRK dari pertumbuhan bisnis kami.

Pada akhir 2015, kami telah mengurangi penggunaan fosfat secara global pada seluruh bubuk pencuci kami sebesar 90%. Hal ini telah menurunkan emisi GRK hingga 50% per penggunaan konsumen.

Peningkatan emisi gas rumah kaca per penggunaan konsumen utamanya didorong oleh bisnis Perawatan Pribadi kami yang telah merambah produk rambut dan mandi melalui akuisisi. Lebih dari 60% rantai nilai jejak GRK kami berasal dari penggunaan konsumen, terutama dari air panas untuk mandi yang lebih sulit dipengaruhi. Kami menyadari bahwa ambisi kami tidak akan tercapai pada tahun 2020.

Walaupun demikian, kami berkomitmen untuk menggunakan pendekatan rantai nilai yang utuh dan mengurangi dampak rumah kaca dari pertumbuhan kami karena pendekatan rantai nilai yang utuh merupakan hal terpenting dan mencerminkan dampak sesungguhnya dari bisnis kami.

Sejak kami meluncurkan Program kami pada tahun 2010, kami belajar banyak tentang area yang dapat dipengaruhi dan yang tidak dapat dipengaruhi, serta area yang membutuhkan tindakan lebih luas dari pemain lain, khususnya kebutuhan konsumen untuk beralih ke energi terbarukan. Sebagai hasil pembelajaran ini, pada tahun 2015 kami mempertajam strategi dan menyempurnakan target kami. Kami memutuskan untuk memperpanjang komitmen mengurangi separuh GRK kami hingga tahun 2030. Tiga target pendukung kami2 mengulangi tindakan yang diambil sebagai bagian dari tujuan mengurangi separuh GRK, sehingga kami memutuskan untuk melaporkan kemajuan pada hal tersebut sebagai bagian dari tujuan mengurangi separuh GRK dan bukan secara terpisah.

Kami juga telah menetapkan target baru untuk menjadi 'karbon positif' dalam operasi kami pada tahun 2030. Hal ini meliputi memasok 100% total energi kami dari sumber terbarukan pada tahun 2030 dan menyalurkan surplus energi terbarukan tersebut ke pasar dan masyarakat tempat kami beroperasi.

Kami juga berusaha membawa perubahan yang tranformasional. Mendekati pelaksanaan konferensi Perubahan Iklim PBB (UN Climate Change conference) di Paris (COP21) pada tahun 2015, Unilever menjadi bagian dari Tim B yang dinyatakan bebas emisi GRK secara global pada tahun 2050.

1 Target lingkungan kami dipaparkan berdasarkan data awal tahun 2010, dihitung pada Desember 2015, dan berdasarkan 'per penggunaan konsumen'. Ini berarti penggunaan, porsi atau penyajian produk tunggal.

2Mengurangi GRK saat mencuci dan mandi; konsentrasi dan pemadatan produk; serta menurunkan suhu air saat mencuci/menggunakan dosis deterjen yang tepat.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC.

  • Tercapai: 3
  • Sesuai rencana: 8
  • Tidak sesuai rencana: 1
  • %% target tidak tercapai: 0

Target kami

Baca Pemeriksaan Independen (EN) untuk perincian lebih lanjut mengenai program jaminan kami di seluruh Unilever Sustainable Living Plan.

MENJADI KARBON POSITIF DALAM PRODUKSI

  • Pada tahun 2020, emisi CO2 dari energi yang dihasilkan pabrik-pabrik kami akan berada pada atau lebih rendah dari tingkat tahun 2008, meskipun volume kami jauh lebih besar.

Hal ini menunjukkan penurunan sekitar 40% per ton produksi.

Dibandingkan dengan data awal tahun 1995, hal ini menunjukkan penurunan 63% per ton produksi dan penurunan absolut sebesar 43%

Kami akan menjadi karbon positif dalam produksi pada tahun 2030:

  • Kami akan memasok 100% energi di seluruh operasi kami dari sumber terbarukan pada tahun 2030.
    Target baru 2015*
  • Kami akan memasok semua listrik yang dibeli dari jaringan dari sumber terbarukan pada tahun 2020.
    Target baru 2015
  • Kami akan menghapus batu bara dari bauran energi kami pada tahun 2020.
    Target baru 2015
  • Untuk mencapai target karbon positif pada tahun 2030, kami bermaksud untuk mendukung langsung produksi energi terbarukan yang dikonsumsi dan menyalurkan surplus energi ke pasar dan masyarakat tempat kami beroperasi.
    Target baru 2015
  • Semua pabrik yang baru dibangun dirancang untuk memiliki dampak kurang dari setengah dampak pada data awal di tahun 2008.

Penurunan

1.015.000 ton CO2 dari energi yang dihasilkan pada tahun 2015 dibandingkan dengan tahun 2008 (penurunan 39% per ton produksi).

Dibandingkan dengan tahun 1995, ini merupakan penurunan sebesar 65% secara absolut.

Pada akhir 2015, jumlah energi terbarukan yang digunakan sebesar 28% dari total penggunaan energi kami, meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2008 yang hanya 15,8%.

Kami akan melaporkan target ini pada Sustainable Living Report 2016 kami.

Kami akan melaporkan target ini pada Sustainable Living Report 2016 kami.

Kami akan melaporkan target ini pada Sustainable Living Report 2016 kami.

Pabrik baru di Tiongkok, Indonesia, Afrika Selatan, dan A.S. memulai produksi pada tahun 2015. Apabila beroperasi sepenuhnya, tujuan masing-masing pabrik tersebut adalah mencapai setengah emisi CO2 dari energi dibandingkan dengan data awal tahun 2008.

PERSPEKTIF KAMI

Pada tahun 2015, kami menurunkan emisi CO2 dari energi sebesar 4% per ton produksi dibandingkan dengan tahun 2014. Hal ini menunjukkan kemajuan yang konsisten menuju target 2020.

Kami juga menurunkan emisi absolut dibandingkan dengan tahun 2014. Penurunan absolut kami sebesar 1.015.000† ton masih jauh di bawah data awal 2008

Kami terus mengurangi penggunaan energi: sebesar 4,4% per ton dari produksi tahun 2015 dan sebesar 23% sejak tahun 2008.

Pada tahun 2015, kami mengumumkan target baru, yaitu 'karbon positif', dan melalui hal ini kami akan: memasok semua listrik yang dibeli dari jaringan dari sumber terbarukan pada tahun 2020; menghapuskan batu bara dari bauran energi kami pada tahun 2020; serta memasok 100% total energi di semua operasi produksi dari energi terbarukan pada tahun 2030. Ini menggantikan target kami sebelumnya, yaitu memasok 40% energi di seluruh operasi kami dari sumber terbarukan pada tahun 2020. Semua lokasi kami di Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada membeli listrik jaringan dari sumber terbarukan yang bersertifikasi; pada tahun 2015, kami memenuhi 28% kebutuhan energi global kami dari sumber terbarukan.

*Target baru ini menggantikan target kami sebelumnya, yaitu memasok 40% energi di seluruh operasi kami dari sumber terbarukan pada tahun 2020.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC

MENGURANGI EMISI GAS RUMAH KACA DARI PENCUCIAN PAKAIAN

Memformulasi ulang produk kami untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 15% pada tahun 2012

Lebih dari 95% (berdasarkan volume) bubuk pencuci kami di 14 negara teratas telah diformulasi ulang dan mencapai pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 15% pada penghujung tahun 20121

Kami melanjutkan formulasi ulang penggunaan bahan baku dalam bubuk dan kapsul serta mengoptimalkan produksi kami.

PERSPEKTIF KAMI

Deterjen pencuci cair menghasilkan jejak lingkungan gas rumah kaca (GRK) yang lebih rendah dibandingkan dengan bubuk. Kami mendorong pengembangan pasar melalui produk cairan: produk cairan kami tumbuh lebih cepat di mana pun produk bubuk, batang, dan cairan hadir.

Banyak produk cairan kami sekarang dijual dalam bentuk konsentrat. Produk cairan juga menghadirkan kinerja pembersihan yang hebat pada suhu yang lebih rendah.

Kami juga menambah jumlah unit dosis pencuci dalam bentuk kapsul sehingga konsumen tidak dapat kelebihan atau kekurangan dosis.

Kami terus memimpin industri dalam pengembangan produk bubuk yang memiliki dampak lebih rendah dengan menghilangkan atau mengurangi fosfat dan zeolit – komponen utama dengan dampak GRK yang tinggi. Saat ini, kami telah mencapai penurunan 90% dalam penggunaan fosfat secara global di seluruh bubuk pencuci kami. Hal ini menghasilkan emisi GRK yang lebih rendah hingga 50% untuk sekali penggunaan konsumen.

Kami juga memperbaiki kemasan untuk mengurangi emisi dengan membuatnya semakin ringan dan menggunakan kemasan isi ulang.

1Dalam pemeriksaan PwC terhadap target ini (diterbitkan pada Maret 2014), mereka dapat memastikan bahwa kami telah mengurangi GRK sebesar 7% dalam produk-produk binatu kami, berdasarkan data awal 2010 otomatis. Namun, PwC belum memeriksa data 2008-2009 ketika bagian penting dari formulasi ulang ini berlangsung sehingga memungkinkan kami untuk mencapai angka 15% pada akhir tahun 2012.

MENGURANGI EMISI GAS RUMAH KACA DARI TRANSPORTASI

Pada tahun 2020, emisi CO2 dari jaringan logistik global kami akan setingkat dengan atau di bawah tingkat pada tahun 2010 meskipun volumenya jauh lebih besar. Hal ini merupakan peningkatan dalam efisiensi CO2 sebesar 40%.

Kami akan mencapai hal ini dengan mengurangi jarak tempuh truk; menggunakan kendaraan dengan emisi lebih rendah; memanfaatkan transportasi alternatif seperti kereta api atau kapal; dan meningkatkan efisiensi energi dari gudang kami.

22% peningkatan efisiensi CO2 sejak 2010. 0,7% peningkatan efisiensi CO2 dan 0,2% peningkatan secara absolut pada tahun 2015 dibandingkan dengan 20141.

PERSPEKTIF KAMI

Meskipun kami mencapai peningkatan efisiensi CO2 sebesar 22% sejak 2010, hanya ada sedikit kemajuan selama tahun 2015.

Kami menghadapi banyak tantangan pada tahun 2015 dan tetap berambisi untuk mencapai komitmen 2020. Kami terus membangun di atas fondasi kuat yang telah berdiri sebelumnya. Melalui inovasi dan pengembangan proyek pengurangan karbon dari bawah ke atas (bottom-up), kami akan membagikan praktik terbaik guna memastikan efisiensi dalam transportasi logistik kami.

Kami terus meningkatkan penggunaan bentuk transportasi selain jalan raya, misalnya dengan kereta dan melalui laut untuk memindahkan barang. Untuk perjalanan yang masih dilakukan melalui jalan raya, kami berinvestasi dalam penggunaan gas alam cair (LNG) sebagai bahan bakar alternatif dengan melakukan uji coba di seluruh dunia. Pada tahun 2015, kami mendirikan konsorsium perusahaan yang dipimpin Unilever dan penyedia logistik pihak ketiga di Eropa, Connect2LNG, yang berambisi membangun lima stasiun pengisian bahan bakar LNG untuk mendukung komitmen kami terhadap penggunaan bahan bakar alternatif di masa depan.

1 Peningkatan kumulatif sejak tahun 2010 diukur di seluruh 14 negara teratas kami; peningkatan tahunan diukur di lebih dari 50 negara.

MENGURANGI EMISI GAS RUMAH KACA DARI MESIN REFRIGERASI

Sebagai produsen es krim terbesar di dunia, kami akan mempercepat penggunaan kabinet freezer yang menggunakan bahan pendingin ramah iklim (hidrokarbon). Ketika kami meluncurkan Program kami pada bulan November 2010, kami sudah membeli 450.000 unit bahan pendingin baru.

  • Selanjutnya, kami akan membeli 850.000 unit pada tahun 2015.

Pada tahun 2013, kami melampaui target pembelian 850.000 freezer ramah iklim, dengan jumlah total mencapai sekitar 1,5 juta freezer.

Pada tahun 2015, jumlah total kami meningkat menjadi sekitar 2 juta freezer hidrokarbon.

PERSPEKTIF KAMI

Pendingin hidrokarbon (HC) ramah iklim yang kami gunakan dalam freezer tidak memiliki potensi pemanasan global yang signifikan dibandingkan dengan hidrofluorokarbon (HFC) yang kami gunakan sebelumnya. Freezer hidrokarbon juga lebih hemat energi sekitar 10%. Pada penghujung tahun 2015, kami membeli sekitar 2 juta freezer yang menggunakan bahan pendingin alami.

Kami terus mengoperasikan freezer HC ramah iklim dan menjadikan freezer kami lebih hemat energi. Pada tahun 2015, kami mulai meluncurkan teknologi terbaru yang dapat mengurangi penggunaan energi hingga lebih dari 50% (dibandingkan data awal tahun 2008). Kami juga sedang mengerjakan freezer generasi masa depan dengan penghematan energi hingga 60% dan menyelidiki penggunaan energi terbarukan, misalnya matahari, untuk menyuplai daya freezer kami.

Kami terus bekerja sama dengan industri untuk menggalakkan penggunaan freezer yang lebih ramah lingkungan. Melalui Refrigerants, Naturally! kami mendukung larangan penggunaan HFC yang merusak dari berbagai jenis freezer yang umum digunakan di Eropa, yang mulai berlaku sejak 2022.

MENGURANGI KONSUMSI ENERGI DI KANTOR

Pada tahun 2020, kami berkeinginan untuk mengurangi tingkat konsumsi listrik (kWh) per penghuni menjadi setengahnya untuk kantor yang berlokasi di 21 negara utama kami dibandingkan pada 2010.

Penurunan tingkat konsumsi listrik (kWh) per penghuni sebesar 27% sejak 2010.

PERSPEKTIF KAMI

Kami telah menetapkan target yang menantang untuk tahun 2020 dengan mengurangi konsumsi energi di lokasi dalam lingkup perusahaan kami. Untuk mencapai hal tersebut, akan dibutuhkan kombinasi peningkatan efisiensi lokasi setempat, peningkatan kepadatan kantor, dan fokus pada lokasi dengan konsumsi energi terbesar. Sejak tahun 2010, kami telah mengurangi energi yang dibeli per penghuni sebesar 27%.

Kami mencapai pengurangan 6% konsumsi energi per penghuni pada tahun 2015. Faktor yang turut berperan meliputi pindahnya beberapa kantor menuju fasilitas yang lebih efisien, efektivitas alat manajemen daya PC yang berkelanjutan, dan peralihan dari bahan bakar minyak ke gas di salah satu lokasi kami yang memerlukan banyak energi.

MENGURANGI PERJALANAN BISNIS KARYAWAN

Kami berinvestasi dalam penyediaan fasilitas konferensi video jarak jauh yang canggih untuk memudahkan komunikasi sekaligus mengurangi perjalanan bisnis karyawan kami. Pada tahun 2011 jaringan konferensi video ini akan mencakup lebih dari 30 negara.

54 negara telah tercakup pada akhir 2011.

PERSPEKTIF KAMI

Pada penghujung tahun 2011, kami telah melampaui target untuk menerapkan fasilitas konferensi video jarak jauh yang canggih di lebih dari 30 negara.

Video Presence, sistem konferensi video kami yang canggih, telah digunakan dalam lebih dari 950 pertemuan sebulan di seluruh kantor Unilever secara global. Hal ini sangat mengurangi kebutuhan perjalanan untuk menghadiri pertemuan dan emisi CO2kami. Hal ini juga menghadirkan manfaat yang jelas terasa, misalnya penghematan biaya dan waktu untuk bisnis serta mengurangi perjalanan yang melelahkan bagi karyawan kami. Untuk mengurangi dampak lebih lanjut dari GRK perjalanan karyawan, kami telah memperkenalkan pesan tentang manfaat penggunaan Video Presence saat karyawan menggunakan sistem pemesanan perjalanan kami untuk memesan penerbangan. Hal ini mendorong karyawan untuk melakukan perjalanan hanya jika diperlukan.

Key

  • Tercapai
  • Sesuai rencana
  • Tidak sesuai rencana
  • target tidak tercapai
Back to top