Bekerja sama dengan pihak lain untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan

Kemitraan membantu kami dalam upaya meraih tujuan pengembangan bisnis sekaligus mengurangi dampak kami terhadap lingkungan.

Bank makanan di Inggris

Di Unilever, ambisi kami adalah melipatgandakan ukuran bisnis sekaligus mengurangi dampak terhadap lingkungan dan meningkatkan dampak positif terhadap masyarakat. Tentu saja, kami tidak dapat melakukannya sendiri. Bekerja sama dengan pihak lain melalui kemitraan berperan dalam membantu hal-hal terkait perubahan bisnis pada skala global.

Dua bidang tempat kami telah membentuk kemitraan yang efektif berada dalam pendekatan kami terhadap limbah dan komitmen kami untuk mengatasi penggundulan hutan. Kemitraan dengan berbagai bank makanan yang membantu kami mencapai target pengurangan limbah sekaligus membawa perubahan positif pada kehidupan masyarakat, dan kemitraan kami dengan WWF bertujuan untuk melindungi satu juta pohon di Brasil dan Indonesia.

Kerja sama dengan bank makanan dan ambisi 'nol limbah' kami

Unilever memiliki 'pola pikir nol limbah', dan sejak peluncuran Unilever Sustainable Living Plan pada 2010, rantai pasokan kami mengalami penurunan signifikan pada limbah yang dikirimkan ke tempat penimbunan sampah dari operasi kami. Kemitraan global berkontribusi terhadap tujuan ini melalui kerja sama dengan bank makanan untuk mengurangi limbah di rantai pasokan, mencari cara untuk menciptakan dampak positif terhadap masyarakat sekaligus memperbaiki lingkungan.

Berkat portofolio brand Unilever yang luas dan jangkauan operasinya yang jauh, kami berada dalam posisi unik untuk membantu bank makanan dengan menyediakan barang kebutuhan sehari-hari, dari makanan sampai produk perawatan rumah dan pribadi. Dengan meningkatkan sumbangan produk tersebut, yang pilihan lainnya adalah berakhir di tempat penimbunan sampah, kami mendukung target Unilever untuk menjadi perusahaan dengan nol limbah.

Pada November 2015, kami menandatangani kemitraan dengan Global FoodBanking Network, organisasi nirlaba yang memerangi kelaparan dan kemiskinan di seluruh dunia. Hal ini akan membantu kami membangun skala kami di seluruh dunia dan menambahkannya ke jajaran kemitraan lain yang sudah kami miliki, seperti kemitraan kami selama tiga tahun dengan Federation of European Food Banks yang dirancang untuk mengurangi limbah sekaligus meningkatkan penghidupan masyarakat miskin Eropa dengan menambah berbagai barang bantuan di seluruh benua dan memberikan dukungan sukarelawan dari karyawan Unilever.

Kami juga bekerja sama dengan Oxfam untuk mendukung pendirian bank makanan masyarakat yang baru serta pendistribusian ulang surplus makanan dan produk Unilever lainnya di Inggris. Di A.S., kami mendukung Feeding America, lembaga amal terkemuka yang membantu mengatasi kelaparan di wilayah tersebut dan memiliki jaringan bank makanan di sepenjuru negeri.

Memerangi penggundulan hutan bersama World Wildlife Fund

Menghentikan penggundulan hutan adalah prioritas mendesak dalam penanggulangan perubahan iklim. Hutan berada di posisi kedua setelah lautan sebagai sumber karbon terbesar di dunia, dan menopang 80% keanekaragaman hayati terestrial di seluruh dunia. Kemitraan kami dengan WWF bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan bagi kehidupan di bumi serta ancaman yang dihadapi hutan kita.

Kami membantu melindungi satu juta pohon di dua kawasan yang paling terancam di dunia, Brasil dan Indonesia, dengan penekanan khusus pada mengurangi penggundulan dan degradasi hutan, memulihkan kawasan hutan, mempromosikan manajemen hutan yang berkelanjutan, dan meningkatkan persediaan pohon di lanskap pertanian.

Meningkatkan sustainability dalam kemitraan dengan Rainforest Alliance

Selama 10 tahun lebih bekerja sama, Unilever dan Rainforest Alliance mendukung transisi lebih dari 750.000 petani kecil pada praktik berkelanjutan.

Kami memprakarsai sederet program pertanian berkelanjutan di berbagai wilayah dan komoditas, yang meningkatkan penghidupan pada tanaman seperti teh, kakao, lada, dan vanili yang diproduksi masyarakat. Kami juga bekerja sama untuk menyertifikasi bahan baku utama yang penting bagi brand kami, termasuk teh untuk Lipton dan PG tips, vanili dan kakao untuk kategori es krim, serta lada untuk Knorr.

Tantangan global: dalam angka

  • 5% gas rumah kaca dunia dihasilkan oleh pembusukan limbah padat1
  • 80% limbah dunia berada di tempat penimbunan sampah
  • Penggundulan hutan menyumbang hingga 15% dari emisi gas rumah kaca dan mengancam penghidupan 1,6 miliar jiwa2
  • 46-58 ribu mil persegi atau 119-150 ribu kilometer persegi dari luas hutan hilang setiap tahunnya, atau setara dengan 36 lapangan sepak bola setiap menitnya3

Target lingkungan Unilever pada 2020 meliputi:

  • Nol limbah ke tempat penimbunan sampah
  • Meniadakan penggundulan hutan yang terkait dengan empat komoditas: minyak sawit, kedelai, kertas dan bubur kertas, serta daging sapi
  • Membeli 100% bahan baku pertanian secara berkelanjutan

1Program Lingkungan PBB (UNEP), Laporan Ekonomi Hijau http://www.unep.org/greeneconomy/Portals/88/documents/ger/GER_8_Waste.pdf

2WWF: Ancaman Penggundulan Hutan https://www.worldwildlife.org/threats/deforestation

3Ancaman Penggundulan Hutan https://www.worldwildlife.org/threats/deforestation

Back to top