Menghadirkan perubahan transformasional melalui kemitraan

Kami berkomitmen membantu lebih dari satu miliar orang untuk meningkatkan kesehatan, kebersihan, serta nutrisi mereka, dan kemitraan berperan penting dalam hal ini.

Seorang perempuan di ambang pintu rumah di pedesaan Afrika

Masyarakat di seluruh dunia menghadapi tantangan atas kesehatan dan kesejahteraan mereka. Kurangnya akses pada air minum bersih dan sanitasi yang baik, kurangnya kebersihan, dan kelaparan menyebabkan jutaan orang terjebak dalam siklus yang melemahkan kesehatan dan berkurangnya prospek, seperti kehilangan pendidikan dan terbatasnya produktivitas.

Kami percaya bahwa bisnis berperan penting untuk mengatasi tantangan perkembangan global ini. Dengan keahlian kami dalam mengubah perilaku konsumen, jangkauan global kami, serta portofolio produk kesehatan, kebersihan, dan nutrisi kami, kami memiliki posisi yang unik untuk membawa perubahan nyata.

Tujuan sosial adalah jantung model bisnis kami, dan kami dapat menumbuhkan bisnis serta mendorong jenis perubahan transformasional yang diperlukan untuk masa depan yang lebih cerah. Namun demikian, demi mencapai perubahan yang sistemik dan terukur, kami harus menjalin kemitraan dengan pihak lain yang memiliki visi yang sama untuk dunia yang lebih baik. Dengan bekerja bersama LSM, badan PBB, masyarakat sipil, dan bisnis lainnya, kami percaya bahwa kami dapat meraih ambisi Unilever untuk membantu lebih dari 1 miliar orang bertindak demi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka pada 2020.

Meningkatkan kesehatan dan kebersihan melalui WASH

Bagi jutaan orang di seluruh dunia, kurangnya akses atas air bersih (water), sanitasi (sanitation), dan kebersihan (hygiene) atau WASH dapat mengakibatkan penyakit dan terkadang kematian yang sesungguhnya dapat dicegah. Misalnya, hampir 1.000 anak balita per harinya meninggal karena penyakit diare, sementara lainnya mengalami dampak negatif dari kondisi terkait seperti gangguan pertumbuhan. 

Sebagai bagian dari Unilever Sustainable Living Plan (‘USLP’), kami akan berupaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lebih dari 1 miliar orang. Bersama-sama dengan mitra kami, kami telah membantu mendorong peningkatan perilaku kesehatan dan kebersihan, yang berakibat pada lebih sedikit orang yang buang air besar di tempat terbuka, lebih banyak orang mencuci tangan dengan sabun di saat-saat penting, dan lebih banyak orang yang mendapatkan akses untuk air minum yang bersih.

Lifebuoy, Pureit, Domestos, Signal, dan Knorr, bersama dengan mitranya, membantu hampir jutaan orang untuk meningkatkan kesehatan, kebersihan, dan nutrisi mereka pada akhir 2015. 

Selain itu, kami turut menciptakan model bisnis baru yang menggiatkan inovasi, meningkatkan penghidupan wirausahawan lokal, serta memperbesar permintaan atas produk kami. Kemitraan ini berperan dalam membantu kami mewujudkan komitmen USLP kami.

Memberikan pengobatan di garda terdepan

Terdapat banyak cara lain bagi brand kami untuk dapat berdampak positif pada masyarakat melalui kemitraan, sekaligus bersumbangsih terhadap pertumbuhan bisnis Unilever.

Vaseline®, misalnya, memulai misi kemitraan dengan Direct Relief, organisasi bantuan kemanusiaan yang didedikasikan untuk meningkatkan kesehatan dan kehidupan orang-orang yang terdampak kemiskinan dan situasi darurat. Melalui kemitraan kami, Vaseline® Healing Project, kami berencana untuk membantu memperbaiki kulit 5 juta orang pada 2020.

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah krisis atau bencana, gangguan kulit yang paling sederhana bisa berubah menjadi masalah serius yang menyulitkan mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang paling mendasar. Menurut survei yang dilakukan oleh Direct Relief, 67% tenaga kesehatan di garis depan mengatakan bahwa gangguan kulit yang dapat dicegah menyulitkan penderitanya dalam bekerja atau bersekolah.

Dalam upaya memberikan perawatan dermatologis bagi orang-orang tersebut, Vaseline® menggunakan keahliannya menjaga kulit sehat selama lebih dari 140 tahun, dan Vaseline® Healing Project memanfaatkan skala dan kemampuan terpercaya brand ini untuk membantu mereka yang membutuhkan. Vaseline® Healing Project menyumbangkan lebih dari 1 juta produk Vaseline® kepada orang-orang melalui klinik dan rumah sakit jaringan mitra Direct Relief di seluruh dunia.

Selain itu, Vaseline® Healing Project menggelar pelatihan kesehatan kulit bagi tenaga perawatan kesehatan setempat dan mengirimkan tim dermatolog dan dokter dalam misi kesehatan yang dilengkapi dengan obat-obatan, perbekalan, dan produk Vaseline®. Pada 2015, misi Vaseline® Healing Project menjangkau orang-orang yang menderita akibat bencana alam, serta mereka yang tinggal di kamp pengungsian dan daerah pedesaan.

Vaseline® Healing Project juga mengajak konsumen utama untuk membawa perubahan dengan membangun perlengkapan bantuan guna membantu mereka yang membutuhkan.

1. Berdasarkan survei internal dari 127 klinik mitra Direct Relief, di 39 negara secara global

Tantangan global: dalam angka

2,4 miliar orang kekurangan akses menuju sanitasi yang lebih baik1

805 juta orang kelaparan setiap harinya2

663 juta orang kekurangan akses menuju sumber air minum yang lebih baik3

443 juta hari sekolah lenyap akibat kurangnya air bersih, sanitasi, dan kebersihan4

Lebih dari 340.000 anak balita meninggal setiap tahunnya karena diare, akibat buruknya sanitasi, kurangnya kebersihan, atau air minum yang tidak bersih5

Target kesehatan dan kesejahteraan kami pada tahun 2020

  • Membantu mengubah perilaku kebersihan 1 miliar orang dengan mempromosikan manfaat mencuci tangan dengan sabun di saat-saat penting
  • Membantu 25 juta orang mendapatkan akses yang lebih baik ke toilet
  • Memberikan 150 miliar liter air minum yang bersih
  • Membantu ratusan juta orang untuk menikmati makanan lezat dan menjalani pola makan yang lebih sehat
  • Membantu memperbaiki kulit 5 juta orang yang hidup dalam kondisi rentan pada tahun 2020.

1Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kurangnya sanitasi bagi 2,4 juta orang menggerogoti perbaikan kesehatan, http://www.who.int/mediacentre/news/releases/2015/jmp-report/en/ 

2World Food Programme, Statistik Kelaparan, https://www.wfp.org/hunger/stats

3Laporan Program Pemantauan Bersama WHO-UNICEF Tahun 2015, Kemajuan Sanitasi dan Air Minum, http://www.wssinfo.org/fileadmin/user_upload/resources/JMP-Update-report-2015_English.pdf

4Bank Dunia, Sanitasi: Fakta, Angka, Sumber, http://www.worldbank.org/en/topic/sanitation/brief/sanitation-facts-figures-resources

5Laporan Program Pemantauan Bersama WHO-UNICEF Tahun 2015, Kemajuan Sanitasi dan Air Minum, http://www.wssinfo.org/fileadmin/user_upload/resources/JMP-Update-report-2015_English.pdf

Back to top