Meningkatkan penghidupan melalui kemitraan di seluruh rantai nilai

Kemitraan kami bertujuan untuk memberdayakan perempuan dan meningkatkan penghidupan petani kecil sebagai bagian dari tujuan Unilever yang lebih luas: memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan.

Seorang perempuan dengan daun teh di India

Di Unilever, kami menetapkan tujuan besar bagi kami sendiri: kami akan meningkatkan penghidupan jutaan orang sejalan dengan pertumbuhan bisnis kami pada 2020. Untuk mencapai hal ini, kami ingin membawa perubahan transformasional, yang berarti perubahan mendasar untuk seluruh sistem yang diperlukan untuk benar-benar membawa perubahan, baik dalam penghidupan orang di seluruh dunia maupun dalam prospek kami untuk tumbuh secara berkelanjutan sebagai sebuah bisnis.

Bisnis kami memang ditempatkan secara unik. Dari pemasok kami, termasuk jutaan petani kecil dan petani yang menanam bahan baku kami, melalui jaringan wirausahawan dan peritel yang menjual produk kami, sampai miliaran konsumen yang menggunakan produk tersebut, keluasan dan dalamnya rantai nilai kami memberikan kami kesempatan nyata untuk membawa perubahan.

Kami memahami bahwa kami tidak dapat mencapai tujuan itu sendiri. Oleh karenanya, kami menjalin kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan pemerintahan, non-pemerintah, dan swasta. Kami memanfaatkan skala, keahlian, dan jangkauan bisnis kami dalam kemitraan ini untuk mencapai perubahan di bidang utama: memberdayakan lima juta perempuan di seluruh rantai nilai kami dan meningkatkan penghidupan 800.000 petani kecil; upaya kami dalam membangun model distribusi inklusif; dan sumbangsih kami terhadap pendidikan.

Pemberdayaan perempuan di seluruh rantai nilai kami

Vendor Knorr di suatu desa

Pemberdayaan perempuan sangatlah penting untuk memberantas kemiskinan dan mempercepat pembangunan global.

Kami berada dalam posisi yang unik untuk membawa perubahan. Perempuan berperan penting dalam rantai nilai kami – sebagai petani, distributor, dan pemasok, sebagai karyawan, pemimpin, dan manajer – dan sebagai pelanggan kami, yang mana 70%-nya adalah perempuan.

Kemitraan global kami berencana untuk membawa perubahan transformasional bagi perempuan dan keluarga secara global, di seluruh rantai nilai, membantu kami mencapai tujuan seraya mengamankan rantai pasokan kami, membangun brand kami, dan mengembangkan bisnis kami. Kami menjalin kemitraan strategis dengan UN Women, yang dengannya kami melaksanakan program-program di lapangan, mendukung perubahan kebijakan, dan membuat kampanye ampuh untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong keterlibatan konsumen.

Pada 2014, kami bergabung dengan kampanye HeForShe milik UN Women yang bertujuan mendapatkan komitmen satu miliar laki-laki untuk mendukung pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di seluruh dunia. Sebagai salah satu Pemenang HeForShe IMPACT 10x10x10, kami bergabung dengan 10 pemerintahan, 10 universitas, dan sembilan perusahaan lainnya untuk mengetahui pendekatan dalam mengatasi ketidaksetaraan gender.

Meningkatkan penghidupan ribuan petani kecil

Bisnis kami menyentuh kehidupan jutaan orang dalam masyarakat pertanian, baik melalui brand dan produk kami maupun melalui rantai pasokan kami. Tujuan kami adalah meningkatkan penghidupan lebih dari 800.000 petani dalam rantai pasokan kami melalui kemitraan dengan berfokus pada tema nutrisi, perempuan, WASH (air (water), sanitasi (sanitation), dan kebersihan (hygiene)), dan keuangan, serta mendorong wirausahawan pertanian dan pertanian yang berkelanjutan.

Pendekatannya bersifat holistis dan memudahkan kami untuk mengembangkan program berulang secara global yang dapat diterapkan pada negara dan tanaman yang berbeda. Bekerja sama dengan petani kecil memiliki ihwal bisnis serta moral yang kuat, dan hal ini mendorong perkembangan ekonomi dan membantu kami untuk mencapai tujuan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Strategi kami melibatkan kerja sama dengan beberapa mitra untuk mencapai dampak yang melampaui upaya berkelanjutan kami guna meningkatkan kualitas praktik pertanian. Kami bekerja sama dengan beberapa mitra dalam bidang ini, termasuk Oxfam, Acumen, Clinton Giustra Enterprise Partnership, Ford Foundation, International Fund for Agricultural Development (IFAD), GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit), PSI, Rainforest Alliance, serta lembaga pemerintah lokal dan nasional.

Misalnya, kami bekerja sama dengan Kemitraan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) untuk meningkatkan kesehatan dan nutrisi para petani kecil beserta keluarganya, dengan fokus khusus pada perempuan dan anak-anak. Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan nutrisi dan kesehatan bagi 2,5 juta orang dalam masyarakat pedesaan.

Model distribusi inklusif

Jaringan distribusi merupakan bagian penting dalam rantai nilai kami karena menyalurkan produk kami kepada konsumen. Hal ini memberikan kesempatan penting bagi kami untuk meningkatkan penghidupan dan mendorong pertumbuhan ekonomi karena jaringan distribusi melibatkan beberapa distributor dan peritel skala kecil, termasuk wirausahawan muda.

Kami berencana untuk memperluas partisipasi ekonomi dengan meningkatkan pendapatan lima juta peritel skala kecil dalam jaringan distribusi kami, dan kemitraan sangatlah penting untuk mencapai hal ini. Dalam berbagai kasus, kami menargetkan perempuan secara khusus, sebagaimana kami tahu bahwa pemberdayaan perempuan sering kali membawa manfaat bagi masyarakat luas maupun perseorangan tertentu.

Salah satu contoh yang bagus adalah program Shakti. Melalui program ini kami melatih perempuan di kawasan pedesaan India untuk menjadi agen penjualan kami, dan kami berencana untuk membangun keberhasilan model ini melalui kemitraan di negara lain.

Di Nigeria, kami meningkatkan model Shakti dengan menggabungkan model penjualan dengan program perubahan perilaku konsumen, misalnya kampanye Lifebuoy yang mendorong orang untuk mencuci tangan di saat-saat penting sepanjang hari guna menggalakkan kebersihan yang baik atau Knorr yang mendorong memasak makanan yang bergizi. Ini merupakan prakarsa dari “Amsterdam Initiative against malnutrition (AIM)” yang didukung oleh pemerintah Belanda dan bekerja sama dengan GAIN, PSI, BOP Innovation Center, mitra Nigeria lokal.

Contohnya adalah kemitraan 'Transformasi' kami. Inilah prakarsa pertama yang akan diluncurkan karena Unilever dan DFID berkomitmen untuk bekerja sama demi membantu penduduk miskin di dunia pada 2014, kemitraan pertama antara bisnis internasional terkemuka dan DFID. Clinton Guistra Enterprise Partnership adalah mitra dalam 'Transformasi' yang membawa keahliannya dalam distribusi dengan pendekatan produk ke konsumen (last-mile) demi memastikan rangkaian bisnis di lapangan. Model distribusi inovatif yang baru ini secara bersama-sama dikembangkan dan membantu perempuan di Nigeria untuk meningkatkan keahlian pembukuan dasar serta penjualan mereka dengan menjual brand kami dan produk sehari-hari lainnya. Baca lebih lanjut.

Seorang ibu membaca literatur kesehatan

Pendekatan lain ke model bisnis inklusif adalah Sunlight Villages, yang merupakan kemitraan antara Unilever, PSI, dan afiliasi lokal Society for Family Health (SFH). Kami bermitra untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penduduk pedesaan di Nigeria.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pedesaan seraya menciptakan kesempatan pengembangan pasar bagi produk yang 'baik untuk Anda'. SFH akan mendorong manfaat kesehatan yang dipadukan dengan komunikasi perubahan perilaku seputar nutrisi, kebersihan, dan perawatan mulut melalui brand kami, Knorr, Blueband, Lifebuoy, dan Pepsodent. Hal ini disampaikan melalui interaksi rumah tangga langsung dengan lebih dari 600.000 ibu pada usia subur.

Mengubah kehidupan melalui pendidikan

Pendidikan yang baik memiliki kekuatan untuk membantu mengubah kehidupan orang secara ekonomi serta akademik, dengan memberantas kemiskinan, meningkatkan pendapatan, dan meletakkan fondasi bagi pertumbuhan ekonomi. Kami terlibat dalam kemitraan untuk membantu menyediakan pendidikan berkualitas yang tidak dimiliki oleh banyak anak: saat ini 58 juta anak usia sekolah dasar tidak mengenyam bangku sekolah, sementara itu 130 juta anak akan duduk di kelas empat, namun tidak mampu menguasai aksara dasar, matematika, dan keterampilan sosial yang mereka butuhkan untuk memaksimalkan potensi mereka.

Brand detergen Dirt is Good bekerja sama dengan UNICEF untuk memberikan akses ke pendidikan berkualitas bagi anak-anak melalui Prakarsa Learning for Tomorrow. Kami membantu 10 juta anak-anak di Brasil, India, dan Vietnam untuk mendapatkan akses menuju kesempatan belajar, dengan mendukung infrastruktur baru untuk melacak jumlah anak yang tidak bersekolah; melatih guru; meningkatkan standar pendidikan; dan menciptakan kampanye yang dirancang untuk meningkatkan permintaan bagi kualitas pendidikan yang baik.

Fakta dan tantangan utama

  • Penduduk dunia diperkirakan mencapai 9 miliar pada 20501.
  • 805 juta orang masih menderita kelaparan (1 dari 9 orang).2
  • Hasil panen dapat meningkat hingga 20-30% dan produksi pertanian negara berkembang 2,5-4% jika petani perempuan diberikan sumber daya yang sama dengan laki-laki, dapat mengurangi kelaparan 100-150 juta jiwa3.
  • 85% petani di dunia merupakan petani kecil dan mereka memproduksi 70% pangan di dunia4.
  • Perempuan memproduksi 50% pangan di dunia, namun hanya memiliki 1% kekayaan di dunia5.
  • Kendati perempuan melakukan 66% pekerjaan di dunia, mereka hanya mendapatkan 10% pendapatan dan menyebabkan 70% manusia dalam kemiskinan6.
  • 58 juta anak-anak usia sekolah dasar tidak mengenyam pendidikan di sekolah7.
  • 443 juta hari sekolah terlewatkan akibat kurangnya air bersih, sanitasi, dan kebersihan8.

Langkah kemitraan global kami

  • 5 juta: jumlah perempuan yang akan kami berdayakan pada 2020
  • 800.000: petani kecil yang penghidupannya akan kami tingkatkan.
  • 10 juta: anak-anak di Brasil, India, dan Vietnam yang kami bantu untuk dapat mengakses kesempatan belajar.
  • Pada 2020, kami akan membeli 100% bahan baku pertanian kami dari sumber-sumber yang berkelanjutan.
Back to top