1. Home
  2. Kehidupan Berkelanjutan

Kehidupan Berkelanjutan

Bersama, kita bisa mengubah cara dunia melakukan bisnis

Simak apa yang mendorong kami dan arah yang kami tuju

Sejak awal, Unilever selalu menjadi perusahaan yang dibangun dan digerakkan oleh tujuan mulia. Tujuan kami sederhana tetapi jelas - untuk memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan (kehidupan yang ramah lingkungan dan memberikan manfaat sosial).

Kami meyakini pertumbuhan bisnis tidak boleh mengorbankan masyarakat dan juga planet. Itulah alasan mengapa kami ingin mengubah cara kami dalam berbisnis.

Unilever Sustainable Living Plan (USLP) adalah cerminan kuatnya ambisi kita untuk dapat membuat perubahan di perusahaan kami. Diluncurkan pada 2010, program ini menciptakan pertumbuhan berkelanjutan melalui beberapa hal: brand kami yang memiliki tujuan mulia, memangkas biaya bisnis, mengurangi risiko, dan membantu kami membangun kepercayaan.

The Unilever Sustainable Living Plan

Unilever Sustainable Living Plan ditetapkan untuk meningkatkan pertumbuhan seraya mengurangi jejak lingkungan kami, serta meningkatkan manfaat sosial yang positif bagi masyarakat. Program kami mengandung tiga sasaran besar untuk dicapai, didasari oleh sembilan komitmen, dan target yang mencakup kinerja sosial, lingkungan, dan ekonomi kami di seluruh rantai nilai. Kami akan melanjutkan upaya kami dengan cara bekerjasama dengan berbagai pihak dan tetap berfokus pada bidang-bidang di mana kami mampu mendorong perubahan besar serta terus mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs).

Kami memiliki tiga sasaran besar

Meningkatkan Kesehatan
dan kesejahteraan
untuk lebih dari

1 miliar orang

Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia untuk mengambil tindakan guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

UN SDG Icon

Kami mengambil tindakan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB


Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar orang untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mereka. Ini akan membantu mengurangi terjadinya penyakit yang mengancam jiwa seperti diare.

1,24 miliar orang dijangkau pada akhir 2018 (653 juta† melalui program di lapangan; 587 juta melalui jangkauan cuci tangan di TV)

  • Mengurangi penyakit diare dan pernapasan melalui cuci tangan

  • Menyediakan air yang aman untuk diminum

  • Meningkatkan akses ke sanitasi

  • Meningkatkan kebersihan mulut

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri

  • Membantu meningkatkan penyembuhan kulit

Cari tahu selengkapnya tentang kesehatan & kebersihan

Kami akan terus berusaha meningkatkan rasa dan kualitas nutrisi semua produk kami. Sebagian besar produk kami telah memenuhi, atau lebih baik daripada, tolok ukur berdasarkan rekomendasi nutrisi nasional. Komitmen kami akan lebih jauh lagi: pada tahun 2020, kami akan melipatgandakan proporsi portofolio kami yang memenuhi standar nutrisi tertinggi, berdasarkan pedoman komposisi makanan yang diakui secara global. Hal ini akan membantu ratusan juta orang untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat.

48% dari portofolio berdasarkan volume kami memenuhi standar nutrisi tertinggi pada tahun 2018

  • Mengurangi kadar garam
Lemak jenuh:
  • Mengurangi lemak jenuh

  • Meningkatkan asam lemak esensial

  • Mengurangi lemak jenuh dalam lebih banyak lagi produk
  • Menghilangkan lemak trans
  • Mengurangi gula
Mengurangi kalori:
  • Dalam es krim untuk anak-anak
  • Dalam produk es krim lainnya
  • Menyediakan informasi tentang pola makan sehat

Cari tahu selengkapnya tentang meningkatkan nutrisi

Mengurangi
dampak terhadap
lingkungan hingga

separuhnya

Pada tahun 2030, sasaran kami adalah mengurangi jejak lingkungan yang dihasilkan dari pembuatan dan penggunaan produk kami hingga separuhnya seraya tetap mengembangkan bisnis.*

UN SDG Icon

Kami mengambil tindakan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB

Siklus hidup produk kami:

Mengurangi setengah dampak gas rumah kaca (GRK) dari produk kami di seluruh siklus hidup pada tahun 2030.

Dampak gas rumah kaca kami per penggunaan konsumen naik sekitar 6% sejak tahun 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, emisi CO2 dari energi pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah angka pada tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

-52% pengurangan CO2 dari energi per ton produksi sejak tahun 2008

Menjadi karbon positif dalam produksi:
  • Mendapatkan semua pasokan energi dengan cara yang dapat diperbarui

  • Mendapatkan pasokan jaringan listrik dengan cara yang dapat diperbarui

  • Menghapus batu bara dari bauran energi

  • Menyalurkan surplus energi kepada masyarakat

Mengurangi GRK dari pencucian pakaian:
  • Formulasi ulang
  • Mengurangi GRK dari transportasi

  • Mengurangi GRK dari mesin pendingin
  • Mengurangi konsumsi energi di kantor kami
  • Mengurangi perjalanan bisnis karyawan
Cari tahu selengkapnya tentang gas rumah kaca

Penggunaan produk kami:

Mengurangi air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hingga separuhnya pada tahun 2020.+

Dampak air kami per penggunaan konsumen telah berkurang sekitar 2% sejak tahun 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, tingkat abstraksi air oleh jaringan global pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah abstraksi tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

-44% pengurangan dalam abstraksi air per ton produksi sejak tahun 2008

Mengurangi penggunaan air dalam proses mencuci:
  • Produk yang menggunakan lebih sedikit air

  • Mengurangi penggunaan air dalam pertanian

Cari tahu selengkapnya tentang penggunaan air

Produk kami:

Mengurangi limbah yang berhubungan dengan pembuangan produk kami hingga separuhnya pada tahun 2020.

Dampak limbah kami per penggunaan konsumen telah berkurang sekitar 31% sejak 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, total pembuangan limbah akan setingkat dengan atau di bawah pembuangan tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

-97% pengurangan limbah total per ton produksi sejak tahun 2008

Mengurangi limbah produksi:
  • Nol limbah tidak berbahaya ke tempat pembuangan sampah akhir
  • Kemasan plastik yang bisa digunakan kembali, didaur ulang, atau dijadikan kompos

  • Mengurangi kemasan

Mendaur ulang kemasan:
  • Menaikkan tingkat daur ulang dan pemulihan

  • Meningkatkan kandungan daur ulang

  • Menangani limbah saset

  • Meniadakan PVC

Mengurangi limbah kantor:
  • Mendaur ulang, menggunakan kembali, memulihkan

  • Mengurangi penggunaan kertas

  • Meniadakan kertas dalam proses

Cari tahu selengkapnya tentang limbah & kemasan

Pada 2020, kami akan membeli 100% bahan baku pertanian secara berkelanjutan.

56% bahan baku pertanian dibeli secara berkelanjutan pada akhir 2018

  • Minyak sawit berkelanjutan

  • Kertas dan karton

  • Kacang kedelai dan minyak kedelai

  • Teh

  • Buah

  • Sayuran

  • Kakao

  • Gula

  • Minyak bunga matahari

  • Minyak biji sesawi

  • Susu 

  • Fairtrade Ben & Jerry’s

  • Telur tanpa kurungan

  • Meningkatkan pembelian material kantor secara berkelanjutan

Cari tahu selengkapnya tentang pembelian bahan baku berkelanjutan

Meningkatkan
Penghidupan
untuk

jutaan orang

Pada 2020, kami akan meningkatkan penghidupan jutaan orang di seluruh dunia sejalan dengan pertumbuhan bisnis kami.

UN SDG Icon

Kami mengambil tindakan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB


Pada tahun 2020, kami akan memajukan hak asasi manusia di seluruh operasi dan rantai pasokan kami.

61% dari anggaran pengadaan melalui pemasok sesuai dengan persyaratan wajib Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab kami

Kami terus menanamkan hak asasi manusia, dengan memusatkan perhatian pada 8 isu menonjol di dalam Laporan Hak Asasi Manusia kami

Tingkat Frekuensi Total Tercatat (TRFR) di bidang keselamatan meningkat menjadi 0,69 per juta jam kerja

  • Menerapkan Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia

  • Memanfaatkan 100% anggaran pengadaan sejalan dengan Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab

  • Membuat kerangka kerja untuk kompensasi yang adil

  • Meningkatkan kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan karyawan

  • Mengurangi cedera dan kecelakaan di tempat kerja

Cari tahu selengkapnya tentang keadilan di tempat kerja

Pada tahun 2020, kami akan memberdayakan 5 juta perempuan.

1,85 juta perempuan diberdayakan untuk mengikuti prakarsa yang bertujuan meningkatkan keselamatan, mengembangkan keterampilan, atau memperluas kesempatan mereka

  • Membangun organisasi yang memiliki keseimbangan gender, dengan fokus pada manajemen

  • Meningkatkan keselamatan perempuan dalam masyarakat tempat kami beroperasi

  • Meningkatkan akses ke pelatihan dan keterampilan

  • Memperluas kesempatan dalam rantai nilai kami

Cari tahu selengkapnya tentang peluang bagi perempuan

Pada tahun 2020, kami akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan 5,5 juta orang.

746.000 petani kecil dan 1,73 juta peritel skala kecil akan kami berdayakan untuk mengikuti prakarsa yang bertujuan memperbaiki praktik pertanian atau meningkatkan pendapatan

  • Meningkatkan penghidupan petani kecil

  • Meningkatkan pendapatan peritel skala kecil

Cari tahu selengkapnya tentang bisnis inklusif
Key
  • Tercapai

    Tercapai

  • Sesuai rencana

    Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

    Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

    target tercapai

* Target lingkungan kami dinyatakan atas dasar 'per penggunaan konsumen'. Ini berarti penggunaan, porsi, atau penyajian produk tunggal.

+ Di tujuh negara dengan kelangkaan air yang mewakili sekitar separuh populasi dunia.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC

Lihat sejumlah kemajuan yang telah kami buat

1,24 miliar orang

Kami telah membantu 1,24 miliar orang meningkatkan kesehatan dan kebersihannya.

Lebih dari separuh

Lebih dari separuh bahan baku pertanian kami, seperti minyak kelapa sawit, kertas, dan teh sekarang dibeli secara berkelanjutan.

Jutaan orang

Kami telah meningkatkan penghidupan jutaan orang, melalui sejumlah prakarsa seperti program peritel dan petani skala kecil.

Kami paham betul bahwa pertumbuhan dan keberlanjutan bukanlah hal yang saling bertentangan. Setiap tahun, kami mengukur manfaat USLP bagi bisnis kami, serta bagi masyarakat dan lingkungan.

Lebih Banyak Pertumbuhan

Shopping trolly
26 brand

yang mendukung kehidupan berkelanjutan

Kami melakukan penelitian, dan hasilnya menunjukkan bahwa lebih dari separuh konsumen sudah membeli atau ingin membeli produk yang berkelanjutan. Itulah sebabnya kami mengembangkan brand kami yang mendukung kehidupan berkelanjutan serta memiliki tujuan yang jelas, baik dalam hal sosial ataupun lingkungan yang berkontribusi terhadap pencapaian USLP.

Saat ini kami memiliki 26 brand global yang telah mendukung kehidupan berkelanjutan, diantaranya adalah Dove, Lipton, Hellmann’s, dan Seventh Generation. Merek-merek tersebut terus menghasilkan pertumbuhan di atas rata-rata tingkat pertumbuhan Unilever.

Biaya Lebih Rendah

diffrent currency
€600 juta

biaya energi kumulatif dapat dikurangi melalui eko-efisiensi sejak 2018

Dengan memangkas limbah dan mengurangi penggunaan energi, bahan baku, dan sumber daya alam, kami berhasil melakukan efisiensi dan mengurangi biaya, sekaligus menekan risiko akibat ketidakstabilan harga.

Peningkatan di bidang eko-efisiensi telah berkontribusi mengurangi biaya energi kumulatif sebesar €600 juta sejak 2008.

Risiko Lebih Rendah

Farmer with spade
56%

bahan baku pertanian dibeli secara berkelanjutan

Operasi bisnis yang dilakukan secara berkelanjutan membantu kami mengamankan rantai pasokan kami di masa depan, menghindari dari risiko yang terkait dengan perubahan iklim dan pengadaan bahan baku.

Pada akhir 2018, 56% bahan baku pertanian kami dibeli secara berkelanjutan.

Lebih Banyak Kepercayaan

Shaking hands
50

Perusahaan yang paling diminati oleh pencari kerja di sekitar 50 negara

Menempatkan keberlanjutan sebagai inti model bisnis kami membantu kami untuk tetap relevan bagi konsumen dan memperkuat hubungan kami dengan para pemangku kepentingan.

Kami adalah FMCG nomor satu yang paling diminati oleh pencari kerja di 50 negara.


Kami melihat hasil – dan mempelajari berbagai hal

Free to be myself

Kami telah meraih beberapa hasil luar biasa dari Sustainable Living Plan. Kami tahu program tersebut berkontribusi pada pertumbuhan bisnis karena kami melihat bagaimana konsumen memilih brand kami yang mendukung kehidupan berkelanjutan - seperti Dove, Hellmann's, Ben & Jerry’s, dan Omo.

Kami juga belajar banyak tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak, serta akan senantiasa membuat perubahan untuk bisa mencapai sasaran kami. Salah satu tantangan terbesar kami adalah kemampuan kami untuk memengaruhi perubahan di luar bisnis kami, yang tidak bisa kami kendalikan secara langsung.

Kami senantiasa mencari ide-ide dan cara-cara baru untuk memengaruhi seluruh rantai nilai kami. Kami tahu bahwa kolaborasi dengan pihak lain merupakan kunci untuk mengatasi tantangan keberlanjutan dan kami akan lebih berfokus pada hal ini kedepannya.

Sebagai sebuah emtitas bisnis, kami menatap masa depan, beradaptasi dan berkembang untuk tetap terdepan.

Kami menggunakan pelajaran yang telah kami petik untuk mewujudkan perubahan yang kami ingin capai.

Mari bersama-sama menciptakan cara berbisnis yang baru.

Apakah Anda bersama kami?

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami