Kehidupan Berkelanjutan

Kami membangun bisnis yang dapat dibanggakan oleh dunia

Sepuluh tahun lalu kami memulai perjalanan kami dalam menciptakan bisnis yang paling berkelanjutan di dunia.

Dan kami ingin membuktikan bahwa pertumbuhan bisnis tidak perlu mengorbankan masyarakat dan planet.

Kami juga ingin menunjukkan bahwa bisnis bisa menjadi kekuatan untuk menciptakan hal-hal yang baik – melalui tindakan, bukan hanya sekadar ucapan.

Kami telah berhasil mencapai beberapa tujuan kami, namun masih ada yang belum dapat kami capai.

Setelah satu dekade, kami ingin berbagi cerita mengenai apa yang telah kami pelajari selama ini

Dan kami akan menjadikan pembelajaran tersebut untuk kami membuat strategi yang baru, yang lebih ambisius.

Melihat kembali awal perjalanan satu dekade yang lalu

Pada tahun 2010, kami meluncurkan Unilever Sustainable Living Plan (USLP).

USLP mengubah cara kami berbisnis. Di masa ketika kebanyakan bisnis menganggap keberlanjutan dan bisnis adalah dua hal yang terpisah, kami melihat keduanya sebagai satu kesatuan.

Ini bukanlah rencana keberlanjutan

Ini adalah rencana bisnis yang sukses dan berkelanjutan.

Kami mengkaji setiap aspek rantai nilai kami dan kami menyusun bisnis yang membantu terciptanya agenda pembangunan berkelanjutan global.

Aksi perubahan iklim. Kesetaraan gender. Kesehatan dan nutrisi miliaran orang. Menghargai lingkungan. Dunia yang lebih adil dan makmur.

Lalu kami menetapkan target-target keberlanjutan yang paling komprehensif yang pernah ditetapkan oleh bisnis sebesar kami.

Kami telah melihat bagaimana pekerjaan kami mengubah dunia di sekitar kami - memberdayakan perempuan, melindungi hutan, meningkatkan kesehatan, dan mendukung pertanian yang berkelanjutan.

Dan kami telah melihat manfaatnya bagi bisnis kami.

Namun, meskipun kami telah mencapai banyak hal, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan.

Kami belum memenuhi setiap target.

Kami belum meraih semua tujuan kami.

Terkadang, kami mendapatkan pelajaran berat.

Bagaimana kinerja kami?

Setelah sepuluh tahun USLP, kami dapat melihat dampak yang telah kami buat

Unilever Sustainable Living Plan

Unilever Sustainable Living Plan ditetapkan untuk memisahkan pertumbuhan dari jejak lingkungan kami, seraya meningkatkan dampak sosial yang positif.

Program kami mengandung tiga sasaran besar untuk dicapai, didasari oleh sembilan komitmen dan target yang mencakup kinerja sosial, lingkungan, dan ekonomi kami di seluruh rantai nilai. Kami akan melanjutkan bekerja bersama pihak-pihak lain untuk fokus pada bidang-bidang tempat dimana kami dapat mendorong perubahan terbesar dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDG).

Kami memiliki tiga sasaran besar

Meningkatkan Kesehatan
dan kesejahteraan
untuk lebih dari

1 miliar orang

Pada tahun 2020, kami akan membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lebih dari satu miliar orang.

UN SDG Icon

Kami bertindak berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB


Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar orang untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mereka. Ini akan membantu mengurangi terjadinya penyakit yang mengancam jiwa seperti diare.

1,3 miliar orang dijangkau pada akhir 2019

  • Mengurangi penyakit diare dan pernapasan melalui cuci tangan

  • Menyediakan air yang aman untuk diminum

  • Meningkatkan akses ke sanitasi

  • Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri

  • Membantu meningkatkan penyembuhan kulit

Cari tahu selengkapnya tentang kesehatan & kebersihan

Kami akan terus berusaha meningkatkan rasa dan kualitas nutrisi semua produk kami. Sebagian besar produk kami telah memenuhi, atau lebih baik daripada patokan rekomendasi nutrisi nasional. Komitmen kami akan lebih jauh lagi: pada tahun 2020, kami akan melipatgandakan proporsi portofolio kami yang memenuhi Standar Nutrisi Tertinggi, berdasarkan pedoman komposisi makanan yang diakui secara global. Hal ini akan membantu ratusan juta orang untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat.

56% dari portofolio berdasarkan volume kami memenuhi Standar Nutrisi Tertinggi pada tahun 2019

  • Mengurangi kadar garam
Lemak jenuh:
  • Mengurangi lemak jenuh

  • Meningkatkan asam lemak esensial

  • Mengurangi lemak jenuh dalam lebih banyak lagi produk

    (Target tidak lagi diukur atau dilaporkan sejak penjualan bisnis Spreads kami pada tahun 2018.)

  • Menghilangkan lemak trans
  • Mengurangi gula
Mengurangi kalori:
  • Kalori dalam Es krim untuk anak-anak
  • Kalori dalam lebih banyak lagi produk es krim
  • Menyediakan informasi tentang pola makan sehat

Cari tahu selengkapnya tentang meningkatkan nutrisi

Mengurangi
dampak terhadap
lingkungan hingga

separuhnya

Pada tahun 2030, sasaran kami adalah mengurangi jejak lingkungan dihasilkan dari pembuatan dan penggunaan produk kami hingga separuhnya seraya mengembangkan bisnis.*

UN SDG Icon

Kami bertindak berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB

Siklus hidup produk kami:

Mengurangi setengah dampak gas rumah kaca (GRK) dari produk kami di seluruh siklus hidup pada tahun 2030.

Dampak gas rumah kaca kami per penggunaan konsumen naik sekitar 2% sejak tahun 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, emisi CO2 dari energi pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah tingkat pada tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

-65% pengurangan CO2 dari energi per ton produksi sejak tahun 2008

Menjadi karbon positif dalam produksi:
  • Memasok hanya energi terbarukan

  • Memasok jaringan listrik terbarukan

  • Menghapus batu bara dari bauran energi

  • Menyalurkan surplus energi kepada masyarakat

Mengurangi GRK dari pencucian pakaian:
  • Formulasi ulang
  • Mengurangi GRK dari transportasi

  • Mengurangi GRK dari mesin pendingin
  • Mengurangi konsumsi energi di kantor kami
  • Mengurangi perjalanan bisnis karyawan
Cari tahu selengkapnya tentang gas rumah kaca

Penggunaan produk kami:

Mengurangi air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hingga separuhnya pada tahun 2020.+

Dampak penggunaan air kami per konsumen naik sekitar 1% sejak tahun 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, emisi CO2 dari energi pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah pada tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

Tingkat abstraksi air berkurang sebesar -47% per ton produksi sejak 2008

Mengurangi penggunaan air dalam proses mencuci:
  • Produk yang menggunakan lebih sedikit air

  • Mengurangi penggunaan air dalam pertanian

Cari tahu selengkapnya tentang penggunaan air

Produk kami:

Mengurangi limbah yang berhubungan dengan pembuangan produk kami hingga separuhnya pada tahun 2020.

Dampak limbah kami per penggunaan konsumen telah berkurang sekitar 32% sejak tahun 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, total pembuangan limbah akan setingkat dengan atau di bawah pembuangan tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

Limbah total berkurang sebesar -96% per ton produksi sejak 2008

Mengurangi limbah produksi:
  • Nol limbah tidak berbahaya ke tempat pembuangan sampah akhir
  • Kemasan plastik yang bisa digunakan kembali, didaur ulang, atau dijadikan kompos

  • Mengurangi kemasan

Mendaur ulang kemasan:
  • Menaikkan tingkat daur ulang dan pemulihan

  • Meningkatkan kandungan daur ulang

  • Menangani limbah saset

  • Meniadakan PVC

Mengurangi limbah kantor:
  • Mendaur ulang, menggunakan kembali, memulihkan

  • Mengurangi penggunaan kertas

  • Meniadakan kertas dalam proses

Cari tahu selengkapnya tentang limbah & kemasan

Pada 2020, kami akan membeli 100% bahan baku pertanian secara berkelanjutan.

62% bahan baku pertanian dibeli secara berkelanjutan pada akhir 2019

  • Minyak sawit berkelanjutan

  • Kertas dan karton

  • Kacang kedelai dan minyak kedelai

  • Teh

  • Buah

  • Sayuran

  • Kakao

  • Gula

  • Minyak bunga matahari

  • Minyak biji sesawi (rapeseed)

  • Olahan susu

  • Fairtrade Ben & Jerry’s

  • Telur tanpa kurungan

  • Meningkatkan pembelian material kantor secara berkelanjutan

Cari tahu selengkapnya tentang pembelian bahan baku berkelanjutan

Meningkatkan
Penghidupan
untuk

jutaan orang

Pada 2020, kami akan meningkatkan penghidupan jutaan orang sejalan dengan pertumbuhan bisnis kami.

UN SDG Icon

Kami mengambil tindakan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB


Pada tahun 2020, kami akan mengedepankan hak asasi manusia di seluruh operasi dan rantai pasokan kami.

70% dari anggaran pengadaan yang dibelanjakan melalui pemasok kami, telah sesuai dengan ketentuan Responsible Sourcing Policy


Kami terus mengedepankan hak asasi manusia, dengan memusatkan perhatian pada 8 fokus isu yang tertuang dalam Laporan kami terkait Hak Asasi Manusia


Tingkat Frekuensi Total Tercatat (TRFR) di bidang keselamatan meningkat menjadi 0,76per juta jam kerja

  • Menerapkan Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia

  • Memanfaatkan 100% anggaran pengadaan sejalan dengan Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab

  • Membuat kerangka kerja terkait kompensasi yang adil

  • Meningkatkan kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan karyawan

  • Mengurangi cedera dan kecelakaan di tempat kerja

Cari tahu selengkapnya tentang keadilan di tempat kerja

Pada tahun 2020, kami akan memberdayakan 5 juta perempuan.

Sebanyak 2,34 juta perempuan telah diberdayakan dan mendapatkan akses yang bisa meningkatkan keselamatan, mengembangkan keterampilan, atau memperluas kesempatan mereka

  • Membangun organisasi yang memiliki keseimbangan gender, dengan fokus pada manajemen

  • Meningkatkan keselamatan perempuan dalam masyarakat dimana kami beroperasi

  • Memberikan akses lebih untuk pelatihan dan keterampilan

  • Memperluas kesempatan dalam rantai nilai ritel kami

Cari tahu selengkapnya tentang peluang bagi perempuan

Pada tahun 2020, kami akan mampu memberikan manfaat positif kepada kehidupan 5,5 juta orang.

793.000 petani kecil dan 1,81 jutapengecer berskala kecil diberdayakan untuk mengikuti prakarsa yang bertujuan memperbaiki praktik pertanian atau meningkatkan penghasilan

  • Meningkatkan penghidupan petani kecil

  • Meningkatkan pendapatan peritel skala kecil

Cari tahu selengkapnya tentang bisnis inklusif
Key
  • Tercapai

    Tercapai

  • Sesuai rencana

    Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

    Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

    target tercapai

* Target lingkungan kami diukur 'per penggunaan konsumen'. Ini berarti satu kali penggunaan, satu porsi, atau satu sajian produk.

+ Di tujuh negara yang mengalami kelangkaan air, yang mewakili separuh populasi dunia.

Diperiksa oleh PricewaterhouseCoopers (PwC). Baca Pemeriksaan independen& indikator kami.

Mengikuti Compass kami

Seiring berakhirnya USLP kami pada tahun 2020, ke mana arah kami berikutnya?

Kami akan melangkah lebih jauh lagi.

Kami semakin yakin bahwa langkah yang kami ambil sudah benar – bagi kami, dan bagi dunia. Berbekal pengalaman dengan USLP, kami berupaya menciptakan sebuah gerakan yang mengikutsertakan pemasok, pelanggan, dan konsumen dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Seperti apa bisnis kami kedepannya?

Kami percaya bisnis harus didorong oleh tujuan dan sesuai untuk masa depan – dan harus mendorong kinerja yang unggul.

Untuk mencapainya, kami akan mengikuti Compass baru kami – strategi tunggal bisnis berkelanjutan berdasarkan tiga keyakinan inti:

Merek yang memiliki tujuan akan tumbuh

Perusahaan yang memiliki tujuan akan langgeng

Orang yang memiliki tujuan akan berkembang

Kami berharap dapat berbagi perjalanan ini dengan Anda.

Kami akan memaksimalkan bisnis kami untuk bisa membentu membangun dunia yang kita semua cita-citakan. Bisnis yang membangakan, yang bisa membantu masyarakat dunia.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami