Toggle Cari

  1. Home
  2. Kehidupan Berkelanjutan

Kehidupan Berkelanjutan

Bersama, kita bisa mengubah cara dunia melakukan bisnis

Simak apa yang mendorong kami, dan arah yang kami tuju

Selama lebih dari 120 tahun, kami menjadi perintis, inovator, dan pembuat perubahan. Mulai dari satu sabun penyelamat hidup hingga sekian banyak merek yang mengubah dunia. Namun, dunia bergerak cepat, dan setiap hari kami mempelajari berapa banyak lagi yang bisa dan harus kami lakukan.

Delapan tahun yang lalu, kami membuat Unilever Sustainable Living Plan (USLP) untuk membangun bisnis yang bisa membangun dunia yang lebih baik.

Unilever Sustainable Living Plan

Unilever Sustainable Living Plan ditetapkan untuk memisahkan pertumbuhan dari jejak lingkungan kami, seraya meningkatkan dampak sosial yang positif. Program kami mengandung tiga sasaran besar untuk dicapai, didasari oleh sembilan komitmen yang didukung oleh target-target yang mencakup kinerja sosial, lingkungan, dan ekonomi kami di seluruh rantai nilai. Kami akan melanjutkan upaya kami dengan cara bekerjasama dengan berbagai pihak dan tetap berfokus pada bidang-bidang dimana kami mampu mendorong perubahan yang besar serta terus mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Kami memiliki tiga sasaran besar

Meningkatkan Kesehatan
untuk lebih dari

1 miliar orang

Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia untuk mengambil tindakan guna meningkatkan kesehatan mereka.

UN SDG Icon

Kami mengambil tindakan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB


Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar orang untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mereka. Ini akan membantu mengurangi terjadinya penyakit yang mengancam jiwa seperti diare.

601 juta orang dijangkau pada akhir 2017

  • Mengurangi penyakit diare dan pernapasan melalui cuci tangan

  • Menyediakan air yang aman untuk diminum

  • Meningkatkan akses ke sanitasi

  • Meningkatkan kebersihan mulut

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri

  • Membantu meningkatkan penyembuhan kulit

Cari tahu selengkapnya tentang kesehatan & kebersihan

Kami akan terus berusaha meningkatkan rasa dan kualitas nutrisi semua produk kami. Sebagian besar produk kami telah memenuhi, atau lebih baik daripada, tolok ukur berdasarkan rekomendasi nutrisi nasional. Komitmen kami akan lebih jauh lagi: pada tahun 2020, kami akan melipatgandakan proporsi portofolio kami yang memenuhi standar nutrisi tertinggi, berdasarkan pedoman komposisi makanan yang diakui secara global. Hal ini akan membantu ratusan juta orang untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat.

39% dari portofolio berdasarkan volume kami memenuhi standar nutrisi tertinggi pada tahun 2017

  • Mengurangi kadar garam
Lemak jenuh:
  • Mengurangi lemak jenuh

  • Meningkatkan asam lemak esensial

  • Mengurangi lemak jenuh dalam lebih banyak lagi produk
  • Menghilangkan lemak trans
  • Mengurangi gula
Mengurangi kalori:
  • Dalam es krim untuk anak-anak
  • Dalam lebih banyak lagi produk es krim
  • Menyediakan informasi tentang pola makan sehat
Cari tahu selengkapnya tentang meningkatkan nutrisi

Mengurangi
dampak terhadap
lingkungan hingga

separuhnya

Pada tahun 2030, sasaran kami adalah mengurangi jejak lingkungan yang dihasilkan dari pembuatan produk kami dan penggunaan produk kami hingga separuhnya seraya tetap mengembangkan bisnis.*

UN SDG Icon

Kami mengambil tindakan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB

Siklus hidup produk kami:

Siklus hidup produk kami: Mengurangi setengah dampak gas rumah kaca (GRK) dari produk kami di seluruh siklus hidup pada tahun 2030.

Dampak gas rumah kaca kami per penggunaan konsumen naik sekitar 9% sejak 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, emisi CO2 dari energi pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah angka tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

-47%† pengurangan CO2 dari energi per ton produksi sejak tahun 2008

Menjadi karbon positif dalam produksi:
  • Mendapatkan semua pasokan energi dengan cara yang dapat diperbarui

  • Mendapatkan pasokan jaringan listrik dengan cara yang dapat diperbarui

  • Menghapus batu bara dari bauran energi

  • Menyalurkan surplus energi kepada masyarakat

  • Pabrik baru

Mengurangi GRK dari pencucian pakaian:
  • Formulasi ulang
  • Mengurangi GRK dari transportasi

  • Mengurangi GRK dari mesin pendingin
  • Mengurangi konsumsi energi di kantor kami
  • Mengurangi perjalanan bisnis karyawan
Cari tahu selengkapnya tentang gas rumah kaca

Penggunaan produk kami:

Mengurangi air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hingga separuhnya pada tahun 2020.+

Dampak air kami per penggunaan konsumen berkurang sebesar 2% sejak 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, tingkat abstraksi air oleh jaringan global pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah abstraksi tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

-39% pengurangan dalam abstraksi air per ton produksi sejak tahun 2008

Mengurangi penggunaan air dalam proses produksi:
  • Pabrik baru

Mengurangi penggunaan air dalam proses mencuci:
  • Produk yang menggunakan lebih sedikit air

  • Mengurangi penggunaan air dalam pertanian

Cari tahu selengkapnya tentang penggunaan air

Produk kami:

Mengurangi limbah yang berhubungan dengan pembuangan produk kami hingga separuhnya pada tahun 2020.

Dampak limbah kami per penggunaan konsumen telah berkurang sekitar 29% sejak tahun 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, total pembuangan limbah akan setingkat dengan atau di bawah pembuangan tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

-98% pengurangan limbah total per ton produksi sejak tahun 2008

Mengurangi limbah produksi:
  • Nol limbah tidak berbahaya ke tempat pembuangan sampah akhir
  • Pabrik baru
  • Kemasan plastik yang bisa digunakan kembali, didaur ulang, atau dijadikan kompos

  • Mengurangi kemasan

Mendaur ulang kemasan:
  • Menaikkan tingkat daur ulang dan pemulihan

  • Meningkatkan kandungan daur ulang

  • Menangani limbah saset

  • Meniadakan PVC

Mengurangi limbah kantor:
  • Mendaur ulang, menggunakan kembali, memulihkan

  • Mengurangi penggunaan kertas

  • Meniadakan kertas dalam proses

Cari tahu selengkapnya tentang limbah & kemasan

Pada 2020, kami akan memperoleh 100% bahan baku pertanian secara berkelanjutan.

56% bahan baku pertanian diperoleh secara berkelanjutan pada akhir 2017

  • Minyak sawit berkelanjutan

  • Kertas dan karton

  • Kacang kedelai dan minyak kedelai

  • Teh

  • Buah

  • Sayuran

  • Kakao

  • Gula

  • Minyak bunga matahari

  • Minyak biji sesawi

  • Produk susu

  • Fairtrade Ben & Jerry’s

  • Telur tanpa kurungan

  • Meningkatkan pembelian material kantor secara berkelanjutan

Cari tahu selengkapnya tentang pembelian bahan baku berkelanjutan

Meningkatkan
Penghidupan
untuk

jutaan orang

Pada 2020, kami akan meningkatkan penghidupan jutaan orang di seluruh dunia sejalan dengan pertumbuhan bisnis kami.

UN SDG Icon

Kami mengambil tindakan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB


Pada tahun 2020, kami akan memajukan hak asasi manusia di seluruh operasi dan rantai pasokan kami.

55% dari anggaran pengadaan melalui pemasok sesuai dengan persyaratan wajib Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab kami

Kami terus menanamkan hak asasi manusia, dengan memusatkan perhatian pada 8 isu menonjol di dalam Laporan Hak Asasi Manusia kami

Tingkat Frekuensi Total Tercatat (TRFR) di bidang keselamatan meningkat menjadi 0,89 per juta jam kerja

  • Menerapkan Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia

  • Memanfaatkan 100% anggaran pengadaan sejalan dengan Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab

  • Membuat kerangka kerja untuk kompensasi yang adil

  • Meningkatkan kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan karyawan

  • Mengurangi cedera dan kecelakaan di tempat kerja

Cari tahu selengkapnya tentang keadilan di tempat kerja

Pada tahun 2020, kami akan memberdayakan 5 juta perempuan.

1.259.000 perempuan diberdayakan untuk mengikuti prakarsa yang bertujuan meningkatkan keselamatan, mengembangkan keterampilan, atau memperluas kesempatan mereka*

  • Membangun organisasi yang memiliki keseimbangan gender, dengan fokus pada manajemen

  • Meningkatkan keselamatan perempuan dalam masyarakat tempat kami beroperasi

  • Meningkatkan akses ke pelatihan dan keterampilan

  • Memperluas kesempatan dalam rantai nilai kami

Cari tahu selengkapnya tentang peluang bagi perempuan

Pada tahun 2020, kami akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan 5,5 juta orang.

716.000 petani kecil dan 1,6 juta peritel skala kecil diberdayakan untuk mengikuti prakarsa yang bertujuan meningkatkan praktik pertanian atau meningkatkan pendapatan*

  • Meningkatkan penghidupan petani kecil

  • Meningkatkan pendapatan peritel skala kecil

  • Meningkatkan partisipasi wirausahawan muda dalam rantai nilai kami

Cari tahu selengkapnya tentang bisnis inklusif
Key
  • Tercapai

    Tercapai

  • Sesuai rencana

    Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

    Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

    target tercapai

 Secara independen telah diperiksa oleh PwC
* Target lingkungan kami dinyatakan atas dasar 'per penggunaan konsumen'. Ini berarti satu kali penggunaan atau satu porsi produk.
+Di tujuh negara dengan kelangkaan air yang mewakili sekitar separuh populasi dunia.

Strategi kami untuk bisnis yang berkelanjutan

Man next to wind turbine and solar panel

Dengan mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam strategi kami, kami dapat mendorong pertumbuhan yang lebih menguntungkan bagi brand kami, menghemat biaya, mitigasi risiko, dan membangun kepercayaan di antara para pemangku kepentingan dan partner kami.

Memperkenalkan Program Kami

Laki-laki memegang daun teh

Unilever Sustainable Living Plan merupakan cetak biru untuk mewujudkan visi kami, yakni mengembangkan bisnis sekaligus mengurangi jejak lingkungan yang dihasilkan oleh pertumbuhan kami serta meningkatkan dampak sosial yang positif.

Berita Kehidupan Berkelanjutan

Danau dan hutan di Rumania

Kisah-kisah terbaru ini menunjukkan apa yang sedang kami lakukan demi memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan.

Back to top