• Home
  • Prinsip Bisnis Berkelanjutan

Prinsip Bisnis Berkelanjutan

MASA DEPAN YANG LEBIH CERAH. BISNIS YANG SEMAKIN BERJAYA.

Unilever memiliki tujuan yang sederhana, yakni memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan.
Visi kami adalah melipatgandakan ukuran bisnis sekaligus meningkatkan dampak sosial yang positif
dan mengurangi dampak kami terhadap lingkungan.

Unilever Sustainable Living Plan

Unilever Sustainable Living Plan merupakan cetak biru kami untuk mewujudkan visi kami, yakni mengembangkan bisnis sekaligus mengurangi jejak lingkungan yang diakibatkan oleh pertumbuhan perusahaan ini serta meningkatkan dampak yang positif terhadap masyarakat.

Program ini menetapkan target yang luas, termasuk dalam cara kami membeli bahan baku mentah dan cara konsumen menggunakan brand-brand kami. Ambisi yang besar ini mengharuskan kami untuk menemukan cara baru dalam bermitra dengan pihak lain di dunia bisnis, pemerintahan, dan masyarakat.

Menghadapi tantangan perubahan iklim dan kebutuhan pengembangan manusia ini, kami ingin bergerak menuju dunia tempat setiap orang dapat hidup dengan baik dan dalam batas-batas alam planet ini. Tujuan kami adalah ‘memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan‘.

Ketahui lebih lanjut strategi kami untuk bisnis yang berkelanjutan

Meningkatkan Kesehatan
dan Kesejahteraan

Pada tahun 2020, kami akan menolong lebih dari satu miliar orang untuk mengambil tindakan guna meningkatkan kesehatan dan kebersihan mereka.

  1. Kesehatan & Kebersihan

    Pada tahun 2020, kami akan menolong lebih dari satu miliar orang untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mereka. Ini akan membantu mengurangi insiden penyakit yang mengancam jiwa seperti diare.

    • Sekitar 482 juta orang dijangkau di penghujung 2015

    • Mengurangi penyakit diare dan pernapasan melalui cuci tangan pakai sabun
    • Menyediakan air yang aman untuk diminum
    • Meningkatkan akses ke sanitasi
    • Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut
    • Meningkatkan rasa kepercayaan diri
    Cari tahu lebih lanjut
  2. Meningkatkan Nutrisi

    Kami akan terus berusaha meningkatkan rasa dan kualitas nutrisi semua produk kami. Sebagian besar produk kami telah memenuhi, atau lebih baik daripada, standar berdasarkan rekomendasi nutrisi nasional. Komitmen kami akan lebih jauh lagi: pada tahun 2020, kami akan melipatgandakan proporsi portofolio kami yang memenuhi standar nutrisi tertinggi, berdasarkan pedoman komposisi makanan yang diakui secara global. Hal ini akan membantu ratusan juta orang untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat.

    • 34% dari portofolio berdasarkan volume kami memenuhi kriteria standar nutrisi tertinggi pada tahun 2015

    • Mengurangi kadar garam

    • Lemak jenuh:
    • Mengurangi lemak jenuh
    • Meningkatkan asam lemak esensial
    • Mengurangi lemak jenuh dalam produk-produk lain

    • Menghilangkan lemak trans
    • Mengurangi gula

    • Mengurangi kalori:
    • Dalam es krim untuk anak-anak
    • Dalam produk es krim lainnya

    • Menyediakan informasi makanan sehat
    Cari tahu lebih lanjut

Mengurangi Dampak
Terhadap Lingkungan

Pada tahun 2030, sasaran kami adalah mengurangi jejak lingkungan dari pembuatan dan penggunaan produk kami hingga separuhnya sambil tetap mengembangkan bisnis.

  1. Gas Rumah Kaca

    Siklus hidup produk kami:
    Mengurangi setengah dampak gas rumah kaca (GRK) dari produk kami di seluruh siklus hidup pada tahun 2030.

    • Dampak gas rumah kaca kami per penggunaan konsumen meningkat sekitar 6% sejak tahun 2010.

    • Manufaktur kami:

      Pada 2020, emisi CO2 dari energi pabrik kami akan berada pada tingkat atau di bawah tahun 2008 meskipun bervolume jauh lebih besar.

    • Pengurangan CO2 sebesar 39% dari energi per ton produksi sejak tahun 2008

    • Menjadi positif karbon dalam manufaktur:
    • Memasok hanya energi yang dapat diperbarui
    • Memasok jaringan listrik yang dapat diperbarui
    • Menghapuskan batu bara dari bauran energi
    • Menyalurkan surplus energi ke masyarakat
    • Pabrik baru

    • Mengurangi GRK dari pencucian pakaian
    • Formulasi ulang

    • Mengurangi GRK dari transportasi
    • Mengurangi GRK dari mesin pendingin
    • Mengurangi konsumsi energi di kantor
    • Mengurangi perjalanan bisnis karyawan
    Cari tahu lebih lanjut
  2. Air

    Penggunaan produk kami:
    Mengurangi separuh air terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen pada tahun 2020.

    • Dampak air kami per penggunaan konsumen telah berkurang sekitar 1% sejak tahun 2010

    • Manufaktur kami:

      Pada tahun 2020, tingkat abstraksi air oleh jaringan global pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah abstraksi tahun 2008 meskipun bervolume jauh lebih besar.

    • Tingkat abstraksi air berkurang sebesar 37% per ton produksi sejak 2008

    • Mengurangi penggunaan air dalam proses produksi:
    • Pabrik baru

    • Mengurangi penggunaan air dalam proses mencuci
    • Produk yang menggunakan sedikit air

    • Mengurangi penggunaan air dalam pertanian
    Cari tahu lebih lanjut
  3. Limbah

    Produk kami:
    Mengurangi setengah jumlah limbah yang berhubungan dengan pembuangan produk kami sampai dengan 2020.

    • Dampak limbah kami per penggunaan konsumen telah berkurang sekitar 29% sejak tahun 2010

    • Manufaktur kami:

      Pada tahun 2020, total pembuangan limbah akan setingkat dengan atau di bawah pembuangan tahun 2008 meskipun bervolume jauh lebih besar.

    • Limbah total berkurang sebesar 97% per ton produksi sejak 2008

    • Mengurangi limbah produksi
    • Nol limbah tidak berbahaya ke tempat penimbunan sampah
    • Pabrik baru

    • Mengurangi kemasan

    • Mendaur ulang kemasan
    • Meningkatkan tingkat daur ulang dan pemulihan
    • Meningkatkan isi daur ulang

    • Menangani limbah saset
    • Meniadakan PVC

    • Mengurangi limbah kantor
    • Mendaur ulang, menggunakan kembali, memulihkan
    • Mengurangi penggunaan kertas
    • Meniadakan kertas dalam proses
    Cari tahu lebih lanjut
  4. Pembelian Bahan Baku Berkelanjutan

    Pada 2020 kami akan membeli 100% bahan baku pertanian secara berkelanjutan.

    • 60% bahan baku agrikultur kami dibeli secara berkelanjutan pada akhir 2015

    • Minyak sawit
    • Sumberdaya berkelanjutan
    • Dapat dilacak

    • Kertas dan karton
    • Kacang kedelai dan minyak kedelai
    • Teh
    • Buah
    • Sayur
    • Kakao
    • Gula
    • Minyak bunga matahari
    • Minyak biji sesawi (rapeseed)
    • Susu
    • Fairtrade Ben & Jerry’s
    • Telur tanpa kurungan
    • Meningkatkan pembelian berkelanjutan material kantor
    Cari tahu lebih lanjut

Meningkatkan
Penghidupan

Pada 2020 kami akan turut meningkatkan penghidupan jutaan orang sejalan dengan pertumbuhan bisnis kami.

  1. Keadilan di Tempat Kerja

    Pada tahun 2020, kami akan mengedepankan hak asasi manusia di seluruh operasi dan rantai pasokan kami yang luas.

    • 54% pengadaan yang dibelanjakan melalui pemasok memenuhi persyaratan wajib Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab kami; menerbitkan Laporan Hak Asasi Manusia pertama kami

    • Menerapkan Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia
    • Memanfaatkan 100% anggaran pengadaan sejalan dengan Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab
    • Membuat kerangka kerja untuk kompensasi yang adil
    • Meningkatkan kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan karyawan
    • Mengurangi cedera dan kecelakaan di tempat kerja
    Cari tahu lebih lanjut
  2. Peluang Bagi Perempuan

    Pada tahun 2020, kami akan memberdayakan 5 juta perempuan.

    • 800.000 perempuan diberdayakan untuk mengikuti prakarsa yang bertujuan mengembangkan keterampilan mereka

    • Membangun organisasi yang memiliki keseimbangan gender, dengan fokus pada manajemen
    • Meningkatkan keamanan bagi perempuan dalam masyarakat tempat kami beroperasi
    • Meningkatkan akses ke pelatihan dan keahlian
    • Memperluas kesempatan dalam lini bisnis kami
    Cari tahu lebih lanjut
  3. Bisnis inklusif

    Pada tahun 2020, kami akan memiliki dampak yang positif terhadap kehidupan 5,5 juta orang.

    • 2,4 juta petani kecil dan peritel kecil diberdayakan untuk mengikuti prakarsa yang bertujuan memperbaiki praktik pertanian atau meningkatkan penjualan

    • Meningkatkan penghidupan petani kecil
    • Meningkatkan pendapatan peritel skala kecil
    • Meningkatkan partisipasi wirausahawan muda dalam rantai nilai kami
    Cari tahu lebih lanjut

Key

  • Tercapai
  • Sesuai rencana
  • Tidak sesuai rencana
  • target tidak tercapai

Seruan bertindak

Pidato Paul Polman

Paul Polman, Chief Executive Officer kami, mengisahkan sejumlah kesuksesan dalam upaya kami mewujudkan masa depan yang berkelanjutan serta menyoroti berbagai tantangan yang masih kami hadapi.

Berita Kehidupan Berkelanjutan

Danau dan hutan di Rumania

Kisah-kisah terbaru ini menunjukkan apa yang sedang kami lakukan demi memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan.

Memperkenalkan program kami

Seorang lelaki menggenggam daun teh

Unilever Sustainable Living Plan merupakan cetak biru kami untuk mewujudkan visi kami, yakni melipatgandakan ukuran bisnis sekaligus mengurangi jejak lingkungan yang diakibatkan oleh pertumbuhan perusahaan ini serta meningkatkan dampak sosial yang positif.

Back to top