Toggle Cari

  1. Home
  2. Kehidupan Berkelanjutan

Kehidupan Berkelanjutan

SUSTAINABLE GROWTH: VALUE + VALUES

Cari tahu bagaimana kami mengubah cara berbisnis

Unilever Sustainable Living Plan

Unilever Sustainable Living Plan merupakan pedoman untuk mewujudkan visi kami secara global, yakni menumbuhkan bisnis seraya mengurangi jejak lingkungan serta meningkatkan dampak sosial terhadap masyarakat yang positif.


Kami memiliki tiga sasaran besar

Meningkatkan Kesehatan
dan kesejahteraan
untuk lebih dari

1 miliar orang

Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia untuk mengambil tindakan guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.


Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar penduduk dunia untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mereka. Ini akan membantu mengurangi terjadinya penyakit yang mengancam jiwa seperti diare.

538 juta orang di seluruh dunia dijangkau pada akhir 2016

  • Mengurangi penyakit diare dan pernapasan melalui cuci tangan

  • Menyediakan air yang aman untuk diminum

  • Meningkatkan akses ke sanitasi

  • Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri

Cari tahu lebih lanjut

Kami akan terus berusaha meningkatkan rasa dan kualitas nutrisi semua produk kami. Sebagian besar produk kami telah memenuhi, atau lebih baik daripada, standar berdasarkan rekomendasi nutrisi nasional. Komitmen kami akan lebih jauh lagi: pada tahun 2020, kami akan melipatgandakan proporsi portofolio kami yang memenuhi standar nutrisi tertinggi, berdasarkan pedoman komposisi makanan yang diakui secara global. Hal ini akan membantu ratusan juta orang untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat.

35% dari portofolio produk kami secara global berdasarkan volume memenuhi standar nutrisi tertinggi pada tahun 2016

  • Mengurangi kadar garam
Lemak jenuh:
  • Mengurangi lemak jenuh

  • Meningkatkan asam lemak esensial

  • Mengurangi lemak jenuh dalam produk-produk lain
  • Menghilangkan lemak trans
  • Menghilangkan gula
Mengurangi kalori:
  • Dalam es krim untuk anak-anak
  • Dalam produk es krim lainnya
  • Menyediakan informasi tentang pola makan sehat
Cari tahu lebih lanjut

Mengurangi
dampak terhadap
lingkungan hingga

1/2

Pada 2030, tujuan kami adalah untuk mengurangi jejak lingkungan dari pembuatan dan penggunaan produk kami hingga separuhnya seiring perkembangan bisnis kami.*

Siklus hidup produk kami:

Mengurangi jejak gas rumah kaca (GRK) dari produk kami di seluruh siklus hidup hingga separuhnya pada tahun 2030.

Jejak gas rumah kaca kami per penggunaan konsumen di seluruh dunia naik sekitar 8% sejak tahun 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, emisi CO2 dari energi di pabrik kami akan sama dengan atau di bawah tingkat pada tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

43% secara global pengurangan CO2 dari energi per ton produksi sejak tahun 2008. Di Indonesia, pengurangan CO2 sebesar 29%

Menjadi positif karbon dalam produksi:
  • Memasok energi yang dapat diperbarui (bukan berasal dari fosil) sepenuhnya

  • Memasok jaringan listrik yang dapat diperbarui

  • Menghapus batu bara dari bauran energi
  • Menyalurkan energi surplus ke masyarakat

  • Pabrik baru
Mengurangi GRK dari pencucian pakaian:
  • Formulasi ulang
  • Mengurangi GRK dari transportasi

  • Mengurangi GRK dari mesin pendingin
  • Mengurangi konsumsi energi di kantor
  • Mengurangi perjalanan bisnis karyawan
Cari tahu lebih lanjut

Penggunaan produk kami:

Mengurangi air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hingga separuhnya pada tahun 2020.+

Dampak penggunaan air oleh konsumen kami di seluruh dunia telah berkurang sekitar 7% sejak tahun 2010.*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, tingkat abstraksi air oleh jaringan pabrik global kami akan setara dengan atau di bawah abstraksi tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

Tingkat abstraksi air berkurang sebesar 37% di seluruh dunia per ton produksi sejak 2008. Di Indonesia, pengurangan terjadi sebesar 33%

Mengurangi penggunaan air dalam proses produksi:
  • Pabrik baru

Mengurangi penggunaan air dalam proses mencuci:
  • Produk yang menggunakan lebih sedikit air

  • Mengurangi penggunaan air dalam pertanian

Cari tahu lebih lanjut

Produk kami:

Mengurangi limbah yang berhubungan dengan pembuangan produk kami hingga separuhnya pada tahun 2020.

Dampak limbah kami per penggunaan konsumen di seluruh dunia telah berkurang sekitar 28% sejak tahun 2010*

Produksi kami:

Pada tahun 2020, total pembuangan limbah akan setara dengan atau di bawah tingkat pembuangan pada tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

Limbah total berkurang sebesar 96% per ton produksi sejak 2008

Mengurangi limbah produksi:
  • Nir limbah tidak berbahaya ke Tempat Pembuangan Akhir

  • Pabrik baru
  • Kemasan plastik yang bisa digunakan kembali, didaur ulang, atau diurai

  • Mengurangi kemasan

Mendaur ulang kemasan:
  • Menaikkan tingkat daur ulang dan pemrosesan jadi barang kembali

  • Meningkatkan kandungan daur ulang

  • Menangani limbah sachet

  • Meniadakan PVC

Mengurangi limbah kantor:
  • Mendaur ulang, menggunakan kembali, memroses menjadi barang kembali

  • Mengurangi penggunaan kertas

  • Meniadakan kertas dalam proses

Cari tahu lebih lanjut

Pada 2020, kami akan memasok 100% bahan baku dari pertanian yang berkelanjutan (melestarikan lingkungan dan memberdayakan petani).

51% bahan baku pertanian secara global dipasok dari sumber yang berkelanjutan pada akhir 2016

  • Minyak sawit dari sumber yang berkelanjutan

  • Kertas dan karton

  • Kacang kedelai dan minyak kedelai

  • Teh

  • Buah

  • Sayuran

  • Biji cokelat

  • Gula

  • Minyak bunga matahari
  • Minyak biji sesawi (rapeseed)
  • Olahan susu
  • Fairtrade Ben & Jerry’s

  • Telur dari ayam yang tidak di dalam sangkar

  • Meningkatkan pembelian material kantor secara berkelanjutan

Cari tahu lebih lanjut

Meningkatkan
Penghidupan
untuk

jutaan orang

Pada 2020, kami akan meningkatkan penghidupan jutaan orang seiring dengan pertumbuhan bisnis kami.


Pada tahun 2020, kami akan terus menjunjung tinggi hak asasi manusia di seluruh operasi dan rantai bisnis kami.

67% anggaran pengadaan dibelanjakan melalui pemasok di seluruh dunia memenuhi persyaratan wajib Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab (Responsible Sourcing Policy) kami. Kami terus menjunjung tinggi hak asasi manusia, dengan berfokus pada 8 isu utama dalam Laporan Hak Asasi Manusia kami. Tingkat Frekuensi Total Tercatat (TRFR) secara global di bidang keselamatan meningkat menjadi 1,01 per juta jam kerja

  • Menerapkan Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia

  • Memanfaatkan 100% anggaran pengadaan sejalan dengan Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung Jawab

  • Membuat kerangka kerja untuk kompensasi yang adil

  • Meningkatkan kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan karyawan

  • Mengurangi cedera dan kecelakaan di tempat kerja

Cari tahu lebih lanjut

Pada tahun 2020, kami akan memberdayakan 5 juta perempuan di seluruh dunia.

920.000 perempuan di seluruh dunia termasuk 3.320 perempuan Indonesia telah diberikan kesempatan untuk mengikuti inisiatif yang bertujuan menjaga keamanan, mengembangkan keterampilan, atau memperluas kesempatan mereka

  • Membangun organisasi yang memiliki kesetaraan gender, dengan fokus pada manajemen

  • Mengedukasi pentingnya menjaga keamanan bagi perempuan di area tempat kami beroperasi

  • Meningkatkan akses ke pelatihan dan keterampilan

  • Memperluas kesempatan dalam rantai nilai kami

Cari tahu lebih lanjut

Pada tahun 2020, kami akan memiliki dampak yang positif terhadap kehidupan 5,5 juta orang di seluruh dunia.

650.000 petani kecil dan 1,5 juta peritel kecil di seluruh dunia, termasuk 35.500 petani kecil dan 500.000 peritel kecil di Indonesia diberdayakan untuk memperbaiki praktik pertanian atau meningkatkan penghasilan

  • Meningkatkan penghidupan petani kecil

  • Meningkatkan pendapatan peritel kecil

  • Meningkatkan partisipasi wirausahawan muda dalam rantai nilai kami

Cari tahu lebih lanjut
Key
  • Tercapai

    Tercapai

  • Sesuai rencana

    Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

    Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

    target tercapai

Secara independen diperiksa oleh PwC.
* Target lingkungan kami dinyatakan atas dasar 'per penggunaan konsumen'. Ini berarti satu kali penggunaan, porsi atau penyajian produk.
+ Di tujuh negara dengan kelangkaan air yang mewakili sekitar separuh populasi dunia.

Melaksanakan tujuan kami

Pidato Paul Polman

Paul Polman, Chief Executive Officer Unilever Global, menyampaikan pandangannya tentang mengapa mendorong sustainable growth (pertumbuhan berkelanjutan) menjadi tujuan bisnis kami.

Berita Kehidupan Berkelanjutan

Danau dan hutan di Rumania

Kisah-kisah terbaru ini menunjukkan upaya kami untuk mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan.

Memperkenalkan program kami

Laki-laki memegang daun teh

Unilever Sustainable Living Plan merupakan pedoman untuk mewujudkan visi kami secara global, yakni menumbuhkan bisnis seraya mengurangi jejak lingkungan serta meningkatkan dampak sosial terhadap masyarakat yang positif.

Back to top