Lewati ke content

#UnileverUntukIndonesia

Kepedulian kami terhadap UMKM telah sejak lama dijalankan, tidak hanya melalui brand kami, tapi juga melalui berbagai program perusahaan

Unilever Untuk Indonesia

Perjuangan UMKM di Tengah Pandemi

Unilever bangga beroperasi di Indonesia, negara para pejuang yang tanpa lelah terus wujudkan semangat gotong royong dalam membangun bangsa. Berdasarkan semangat ini pula kita sudah sepatutnya saling menjaga, terutama di masa-masa sulit seperti pandemi COVID-19; termasuk dengan membantu para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

UMKM adalah salah satu pihak yang paling terdampak dari pandemi Covid19, padahal mereka adalah tulang punggung ekonomi bangsa. Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center terhadap 206 pelaku UMKM, lebih dari 80 persen mengaku mengalami dampak negatif semenjak pandemi. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 63 persen responden mengaku mengalami penurunan omzet lebih dari 30 persen.

UMKM di Indonesia banyak sekali jenisnya. Dan Unilever telah sejak lama memiliki berbagai program (hyper link to a new page) untuk memajukan UMKM, bukan hanya kali ini saja.

Pedagang warung yang ada disekitar kita adalah salah satu yang terdampak. Saat ini ada sekitar 3,5 juta warung tradisional dan toko kelontong yang tersebar di seluruh belahan Indonesia. Tantangan mereka tidak hanya faktor ekonomi, tetapi juga kesehatan.

IND-untukindonesia
IND-Picture-2-Pedagang-Warung

Pedagang Warung dan Perannya Bagi Unilever Indonesia

Warung adalah bagian yang sangat penting dari ekosistem bisnis Unilever; mereka telah tumbuh dan berkembang bersama kami sejak hari pertama. Kehadiran mereka di berbagai pelosok negeri telah membawa brand kami ke rumah kamu, ke meja makan kamu, ke kamar mandi kamu. Karena merekalah kamu bisa mengenal dan mengakses produk-produk kami.

Oleh sebab itu, hubungan kami dengan para pedagang warung lebih dari sekedar bisnis; kesuksesan mereka adalah sebuah kebahagiaan bagi kami, dan kesulitan mereka merupakan tantangan yang siap kami hadapi bersama.

#UnileverUntukIndonesia: Pedagang Warung tetap Sehat Selamat dan Tetap Berjualan

Unilever Indonesia percaya kami memiliki peran untuk membantu. Sudah saatnya perusahaan-perusahaan besar membantu bisnis-bisnis kecil menavigasi era tatanan baru dengan semangat gotong royong. Melalui kampanye #UnileverUntukIndonesia kami memberikan dukungan nyata bagi 147.000 pedagang warung di ekosistem kami agar tetap sehat selamat dan dapat tetap berjualan. Hal ini kami lakukan dengan cara menyumbangkan keuntungan dari transaksi dengan warung-warung tersebut selama tiga bulan ke depan, yang disampaikan dalam bentuk paket berisi produk kebersihan serta alat perlindungan diri, dan tambahan modal untuk keberlangsungan usaha.

Tetap sehat selamat: Kesehatan adalah hal mendasar yang perlu diperhatikan dan dijaga untuk bisa terus beraktivitas. Angka penyebaran Covid19 di beberapa daerah masih tinggi, termasuk di tempat transaksi jual beli seperti pasar. Untuk itu kesehatan para pedagang warung dan pelanggan mereka sangat penting. Kami akan mendonasikan produk-produk yang sangat dibutuhkan dalam kondisi pandemi COVID-19 ke 147.000 pedagang warung, berupa pelindung wajah, masker, hand sanitizer dan sabun cuci tangan Lifebuoy serta Wipol Karbol.

Tetap berjualan: Tambahan modal usaha diberikan dalam bentuk e-coupon untuk digunakan melalui aplikasi Sahabat Warung, platform digital yang diluncurkan untuk memudahkan para mitra warung dalam proses pemesanan barang, proses komunikasi, serta memangkas rantai distribusi.

Apa Saja Program Unilever Indonesia Dalam Mengembangkan UMKM

Pendampingan dan Menyediakan Sistem Teknologi untuk Pengembangan Minimarket Lokal sejak 2016

Membekali mereka dengan teknologi sistem untuk mereka mencatat dan memahami mana produk yang banyak diminati pelanggan dan mana yang tidak. Kami juga melakukan pendampingan untuk bagaimana mengelola toko, mengelola ketersediaan barang, menata toko sehingga lebih rapih dan pelanggan bisa mudah menemukan barang yang dicarinya.

Program pemberdayaan UMKM oleh Unilever Indonesia Foundation (UIF):
  • Program Bank Sampah yang tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga memiliki manfaat ekonomi.
  • Program Saraswati Saraswati, Program pelatihan Pengembangan Diri, Pengembangan Ekonomi dan Sosial serta Pengembangan Organisasi bagi petani perempuan.
  • Program pengembangan koperasi: Tahun 2016 – 2017, UIF melakukan Program Pengembangan Koperasi dengan membangun kapabilitas para peserta dalam pengelolaan keuangan, pengembangan organisasi dan transformasi koperasi agar bisa menjadi wadah yang secara efektif mendukung kewirausahaan sosial.

Anda Juga Bisa Ikut Berkontribusi!

Dukung kebangkitan pedagang warung dengan membeli produk dari mereka! Kunjungi Instagram @UnileverIDN , Twitter @UnileverIDN dan YouTube Unilever Indonesia.

Kembali ke atas