Lewati ke content

Unilever Indonesia Ubah lokasi


Kesetaraan, keberagaman dan inklusivitas

Kami ingin melihat masyarakat di mana setiap orang diperlakukan sama. Kami bekerja untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif secara sosial.

Unilever adalah tempat yang terbuka bagi semua orang dan kami terus mendorong sebuah tatanan masyarakat sosial yang inklusif yang menghargai dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Kami tidak memiliki sudut pandang yang bias bahkan diskriminatif terhadap agama, golongan, etnis, budaya, jenis kelamin dan penyandang disabilitas atau difabel.

Secara Global, kami juga telah menetapkan tujuan yang jelas yang akan membantu kami mengatasi ketidaksetaraan dan mendorong inklusi:

  • Mewujudkan kesetaraan dan budaya inklusif dengan menghilangkan bias dan diskriminasi dalam praktik dan kebijakan kami
  • Mempercepat representasi dari keragaman di semua level kepemimpinan
  • Memastikan 5% dari tenaga kerja kami terdiri dari para penyandang disabilitas pada tahun 2025.
  • Mengalokasikan €2 miliar setiap tahun secara global untuk bisnis yang mewakilkan keberagaman pada tahun 2025
  • Meningkatkan representasi dari berbagai kelompok melalui iklan-iklan kami

Di Indonesia sendiri, kami memiliki serangkaian komitmen dengan tiga pilar fokus, yaitu:

  • Kesetaraan Gender

Kami menargetkan untuk memberikan Training Bystander Intervention kepada 4.000 perempuan yang berada di garis depan operasional perusahaan dan menerapkan kesetaraan gender di level manajerial pada tahun 2025

  • Kesetaraan untuk Penyandang Disabilitas

Memberikan akses untuk individu dengan disabilitas di 100% fasilitas Unilever Indonesia dan beasiswa penuh untuk 5 orang pelajar disabilitas pada tahun 2025 sebagai dukungan pada kesetaraan untuk penyandang disabilitas

  • Penghapusan Diskriminasi dan Stigma.

Memperbanyak inisiatif di dalam perusahaan guna meningkatkan nilai toleransi dan menghapuskan diskriminasi serta memperbanyak representasi keberagaman pada iklan brand Unilever Indonesia pada tahun 2022.

Mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan kerja

Kami berkomitmen untuk memajukan kesetaraan gender di tengah tempat kerja, konsumen, maupun masyarakat. Kami percaya bahwa wanita dan pria memiliki peluang yang sama dalam karir di perusahaan.

mewujudkan kesetaraan gender

Saat ini, 5 dari 9 jajaran direksi kami di Indonesia dipegang oleh wanita, termasuk Presiden Direktur kami dan 42% di tingkat Senior Manager kami adalah wanita. Bahkan upaya kami untuk menyeimbangkan gender ini mendapatkan pengakuan dunia. Unilever Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia dalam daftar 100 ranking perusahaan dunia yang paling beragam dan inklusif: berdasarkan survei Refinitiv di lebih dari 7.000 perusahaan di dunia yang mewakili 70% kapitalisasi pasar.

Untuk melindungi hak-hak para pekerja wanita, kami juga memberikan training Bystander Intervention untuk 4.000 perempuan garis depan operasional Perusahaan di seluruh Indonesia, hingga tahun 2025.

Akses yang sama untuk penyandang disabilitas

Kami menghormati perbedaan dengan menghapuskan stigma negatif dan diskriminasi di tempat kerja dan masyarakat. Untuk itu, kami terus berupaya untuk menghapus segala hambatan yang dihadapi orang-orang yang hidup dengan disabilitas. Pada 2018, kami menetapkan tujuan untuk menjadi perusahaan pilihan nomor satu bagi penyandang disabilitas, dan pada 2025 kami ingin melihat mereka mewakili 5% dari pekerja kami.

Akses yang sama untuk penyandang disabilitaes

Untuk mencapai hal ini, kami membuka peluang untuk seluruh komunitas, dan menyediakan akses untuk rekan penyandang disabilitas agar dapat terlibat dalam aktivitas yang kami jalankan, dan termasuk bisa bekerja dengan kami.

Kami telah memulai langkah ini sejak lama dan sederetan brand kami telah mendukung komitmen ini dengan mengedepankan program untuk mengangkat semangat inklusivitas. Seperti Rexona #GerakTakTerbatas sebagai kampanye yang mengajak dan memfasilitasi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk penyandang disabilitas, untuk bisa lebih aktif bergerak – kampanye ini didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan MRT Jakarta. Bersama Yayasan Pembinaan Anak Cacat Nasional (YPAC Nasional), Wall’s juga melaksanakan kampanye “Wall’s Merah Putih Menyatukan Kita” yang merangkul anak-anak penyandang disabilitas dan non-disabilitas untuk memaknai keberagaman dan persatuan dalam kebahagiaan.

Dunia yang lebih adil dan sejahtera

Dalam menjalankan bisnis, kami memiliki pedoman untuk memandu kami agar senantiasa beroperasi secara etis dan bertanggung jawab. Pada 2030, kami memastikan semua orang yang menyediakan barang dan jasa secara langsung kepada Unilever akan mendapatkan setidaknya upah atau pendapatan hidup.

Dunia yang lebih adil dan sejahtera

Lebih jauh lagi, sebagai bisnis yang berkelanjutan, Unilever Indonesia berkomitmen memberikan kesejahteraan bagi seluruh pemangku kepentingannya dan seluruh mata rantai bisnisnya. Kami mendorong bisnis yang inklusif sejalan dengan komitmen kami secara global membantu dan mengembangkan 5 juta usaha kecil dan menengah pada 2025. Beberapa program jangka panjang yang kami kembangkan untuk mewujudkannya adalah:

  • Sahabat Warung, program eRTM (eRoute to Market) yang memungkinkan toko-toko terhubung secara digital ke Unilever dalam hal melakukan pemesanan
  • Unilever Entrepreneurship Bootcamp #MudaMaslahat (Makmur, Sejahtera, Adil, dan Sehat), memberikan sejumlah pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para pengusaha muda serta memperkuat networking mereka agar dapat mengembangkan bisnis mereka di masa depan