Lewati ke content

Unilever Indonesia Ubah lokasi


Gizi yang positif

Semua orang berhak mendapatkan menikmati makanan yang lezat dan bergizi. Untuk itu, kami terus berupaya untuk menyediakan pilihan makanan yang lebih sehat dan mendukung sistem pangan yang berkelanjutan.

Sistem pangan dunia perlu diperbaiki dan kami ingin membantu memperbaikinya. Sebagai salah satu perusahaan barang konsumen terkemuka di dunia dengan portofolio makanan & minuman yang besar, kami yakin bisa membantu membentuk sistem pangan global yang adil untuk semua orang. Semakin kami bertumbuh, semakin cepat pula kami bisa membawa perubahan.

Future Foods atau Pangan Masa Depan adalah rangkaian komitmen baru kami secara global yang berani untuk mempercepat transisi masyarakat menuju pola makan yang lebih sehat dan mengurangi dampak lingkungan dari rantai makanan. Komitmen kami berfokus pada:

  • Menetapkan target penjualan €1 miliar untuk produk makanan dan minuman yang terbuat dari bahan alternatif daging serta susu nabati pada tahun 2025-2027
  • Menggandakan penjualan produk yang memberikan nutrisi positif pada tahun 2025
  • Memastikan 70% dari portofolio kami memenuhi standar nutrisi yang selaras dengan WHO pada tahun 2022
  • Memastikan 95% produk es krim kemasan kami mengandung tidak lebih dari 22g gula total dan 250 Kkal per porsi pada tahun 2025
  • Memastikan 85% dari portofolio produk makanan Unilever akan mendukung pola makan yang memberikan asupan maksimal 5gr garam per hari pada tahun 2022

Cari tau lebih lanjut mengenai strategi kami secra global dan temukan di bawah ini cerita mengenai inisiatif kami di Indonesia

Hidup lebih sehat dengan pola makan berbasis nabati (plant-based)

Hidup lebih sehat dengan pola makan berbasis nabati (plant-based).jpg

Pola makan yang kaya akan makanan nabati dan lebih sedikit makanan hewani akan banyak memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Secara global, Unilever berambisi untuk mengajak lebih banyak orang turut menjadi bagian dari gerakan menuju pola makan yang terbuat dari bahan alternatif daging serta susu nabati pada 2025-2027.

Meski kami tidak bisa menentukan apa yang dikonsumsi oleh masyarakat, tetapi kami akan mengupayakan agar makanan dengan alternatif nabati dan lebih sehat yang mudah diakses, terjangkau, menggugah selera serta bergizi bagi semua orang. Baru-baru ini kami melakukan inovasi dengan mempersembahkan The Vegetarian Butcher, ragam olahan alternatif daging dari bahan nabati dengan cita rasa dan tekstur serupa dengan daging hewani.

Kami ingin terus mendampingi masyarakat menuju pola makan yang lebih berdampak positif terhadap planet dan kesehatan. Oleh karenanya, kami juga berupaya menginspirasi para pebisnis kuliner. Melalui Unilever Food Solutions, kami berkolaborasi bersama Burger King dengan meluncurkan menu Plant-based Whopper pertama di Indonesia.

Untuk cerita lebih lanjut, silahkan lihat disini.

Konsumsi produk yang bertanggung jawab dan kaya akan nutrisi

Konsumsi produk yang bertanggung jawab dan kaya akan nutrisi

Kami telah mencapai komitmen USLP kami untuk menggandakan proporsi portofolio kami yang memenuhi Standar Gizi Tertinggi. Pada 2020, 61% dari portofolio kami mematuhi standar nutrisi internal kami yang didasarkan pada pedoman nutrisi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan ambisi kami adalah untuk memperpanjang ini menjadi 70% pada tahun 2022.

Secara konsisten kami melakukan inovasi dengan meluncurkan produk yang baik, seperti Royco yang kini telah menggunakan Garam Beriodium untuk bantu kecukupan gizi mikro keluarga Indonesia, Royco Kaldu Jamur yang mendukung pangan nabati dengan inovasi memberikan rasa gurih tanpa penguat rasa, Buavita yang mengandung 100% AKG Vitamin C dan rangkaian produk es krim kami juga akan memiliki proyek fortifikasi di 2021 yaitu menambah jumlah nutrisi yang positif.

Selain itu, kami juga secara konsisten mengurangi kadar gula, garam, dan lemak, misalnya Bango Light yang menggunakan pemanis alami stevia dengan kandungan gula 30% lebih rendah. Es Krim Paddle Pop kami juga dibuat secara bertanggungjawab untuk anak-anak dimana setiap sajian es krim mengandung tidak lebih dari 110 kkal, 22 gr gula total dan 3 gr lemak jenuh.

Konsumsi produk yang bertanggung jawab dan kaya nutrisi

Tidak hanya menghadirkan produk berkualitas dan baik untuk dikonsumsi masyarakat, kami juga mendukung terwujudnya kesehatan masyarakat Indonesia denganmelakukan serangkaian program edukasi mengenai nutrisi dan pola makan sehat. Seperti Royco dengan program NutriMenu yang mendidik dan memberikan resep bergizi seimbang dengan bahan-bahan yang terjangkau bagi para orang tua, Wall’s mengkomunikasikan #CemilanBaikUntukmu sebagai standar cemilan es krim yang lebih baik dengan kandungan yang baik untuk anak, dan Buavita dengan kampanye #AsliMelindungi untuk mengedukasi pentingnya konsumsi buah dan mencukupi asupan 100% Vitamin C harian dalam mencegah dan membantu proses pemulihan selama pandemi.

Wujudkan pangan masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan

Wujudkan pangan masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan.jpg

Isu nutrisi dan ketahanan pangan masih menjadi masalah besar di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Oleh karenanya, pola makan harian masyarakat dan sistem pangan di Indonesia perlu terus dikembangkan untuk memastikan setiap orang bisa mengakses makanan berkualitas, tanpa mengeksploitasi planet bumi.

Kurangi sisa makanan untuk lingkungan yang lebih lestari

Selain itu, dalam upaya mengurangi limbah makanan yang berpotensi merugikan lingkungan dan berdampak pula secara ekonomi, kami meluncurkan kampanye “Lezat Anti Sisa” untuk mengajak keluarga Indonesia mengurangi sisa makanan berlebih dengan mengolahnya kembali menjadi aneka menu lezat. Melalui www.masakapahariini.com, kami membagikan berbagai inspirasi resep yang dikreasikan menggunakan bahan dalam jumlah yang lebih optimal, ataupun menggunakan bahan-bahan makanan yang tersisa dari hidangan sebelumnya.