Lewati ke content

Unilever Indonesia Ubah lokasi


Aksi perubahan iklim

Dibutuhkan aksi nyata yang sangat mendesak dari seluruh pihak. Hal ini pula yang melandasi kami mengambil tindakan di seluruh rantai bisnis kami, dan melalui seluruh brand kami, karena keberlanjutan dan kesehatan planet mendasari semua yang kami lakukan.

Perubahan iklim telah menjadi krisis global yang memerlukan perhatian lebih. Meski demikian, kami yakin masa depan yang lebih baik bisa terwujud. Masa depan di mana kesehatan planet sama pentingnya dengan stabilitas ekonomi global.

Unilever secara global saat ini sedang dalam transisi untuk beralih ke energi terbarukan di seluruh operasionalnya, serta menemukan bahan-bahan baru yang rendah karbon. Kami juga sedang menyusun ulang formulasi produk untuk menyediakan alternatif produk yang lebih ramah lingkungan, seperti makanan berbasis nabati dan menghadirkan produk pembersih yang tidak menggunakan bahan bakar fosil.

Kami percaya melalui inovasi, kita dapat mengatasi permasalahan besar yang sedang dihadapi dunia saat ini.

Menuju nol emisi di masa depan

Kami berambisi mencapai nol emisi (net zero emission) pada 2039, atau 11 tahun lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris internasional terkait perubahan iklim, yaitu 2050.

Berbagai inisiatif kami lakukan untuk mengurangi hingga separuh jejak lingkungan yang dihasilkan dari pembuatan dan penggunaan produk kami seraya tetap mengembangkan bisnis. Kami mengurangi 50% efek gas rumah kaca per penggunaan konsumen di seluruh rantai nilai dan berupaya mengkomunikasikan jejak karbon dari setiap produk kami.

Menuju Nol Emisi di Masa Depan

Kami juga menggunakan pemakaian energi terbarukan seperti panel surya untuk pemanas, penggunaan energi biomassa yang berasal dari cangkang sawit. Efisiensi energi ini juga tampak jelas di Grha Unilever, kantor pusat kami yang sudah menerapkan green building dan mendapat penilaian Greenship Platinum (kategori tertinggi). Di sana kami memanfaatkan cahaya matahari untuk mengurangi penggunaan listrik dan melakukan penghijauan agar dapat menyerap sebanyak mungkin emisi CO2.

Inovasi untuk pengalaman lebih baik bagi konsumen dan planet

Kami ingin terus menemukan cara baru untuk tumbuh secara berkelanjutan. Oleh karenanya, program sains dan teknologi jangka panjang menjadi salah satu fokus utama kami guna memberikan manfaat keberlanjutan yang positif serta memberikan pengalaman terbaik untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Prinsip keberlanjutan di Unilever Indonesia juga diterapkan melalui berbagai terobosan dalam pengembangan produk dan kemasannya. Salah satunya melalui komitmen terbaru dari divisi Home Care Unilever yaitu ‘Clean Future’, sebuah upaya menciptakan masa depan yang lebih bersih dan lestari dengan melakukan transisi untuk menggantikan 100% karbon yang berasal dari bahan bakar fosil dalam pembuatan, produksi, dan pengemasan rangkaian produk pembersih dan detergennya dengan karbon terbarukan atau karbon daur ulang.

Insiatif "Masa Depan yang Bersih & Lestari" kami wujudkan di antaranya dengan memformulasi ulang Rinso Detergen Cair dan Molto Pelembut dan Pewangi Pakaian dan memperkenalkan solusi produk yang dirancang untuk mengurangi penggunaan air, seperti Molto All in One (Blue, Pink) dan Sunlight Jeruk Nipis Pencuci Piring.

Lindungi bumi dengan rantai bisnis yang sehat

Mutlak bagi kami untuk hanya bekerja sama dengan sumber pasokan bahan baku yang jelas dan dapat ditelusuri serta bertanggung jawab, untuk mencegah kerusakan lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Secara global, kami ingin mewujudkan rantai pasokan bebas deforestasi untuk minyak sawit, kertas dan karton, teh, kedelai, dan kakao pada 2023, serta membantu melindungi dan meregenerasi 1,5 juta hektar tanah, hutan dan lautan pada 2030.

Selain kualitas, kami ingin proses perolehan bahan baku dilaksanakan secara berkelanjutan untuk memberikan nilai ekonomi bagi mitra kami yang sebagian besar adalah petani kecil serta memperhatikan aspek sosial dan lingkungan. Tujuan kami adalah memastikan bahwa setiap sumber bahan baku yang kami peroleh bermanfaat bagi semua pihak yang didasari oleh: melindungi ekosistem alami dari deforestasi dan kerusakan lingkungan, menghormati dan mempromosikan hak asasi manusia, transparansi dan sumber yang dapat ditelusuri dan menjadi kekuatan untuk memberikan kebaikan untuk manusia dan alam.

Kesejahteraan petani untuk ketahanan pangan

Kami membeli bahan pangan langsung dari para petani karena memberdayakan petani dan petani kecil serta melindungi dan meregenerasi lingkungan pertanian penting bagi terjaganya ketahanan pangan. Unilever telah menjalankan Sustainable Agriculture Code (SAC) untuk memastikan seluruh prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan diterapkan ke seluruh rantai pasokan. Prinsip dasar tersebut mencakup aspek pembangunan ekonomi, perlindungan lingkungan dan peningkatan sosial.

Dalam rantai pasokan yang ada, kami menggunakan:

  • 100% kedelai hitam lokal yang telah tersertifikasi Sustainable Agricultural Code (SAC)
  • 100% teh dengan sertifikasi Rainforest Alliance (RA)
  • 95% minyak sawit kami berasal dari sumber berkelanjutan yang tersertifikasi secara fisik
chili farmer

Selain itu, kami telah membantu para petani kecil yang 95% diantaranya adalah petani lokal yang sebagian besar adalah perorangan. Kami bekerja sama dengan 25.000 petani kecil yang tersebar di Jawa, Lampung dan Sulawesi. Sejumlah program juga kami lakukan bersama LSM dan pihak swasta lainnya untuk meningkatkan kualitas para petani beserta keluarganya, di antaranya memberikan akses ke keuangan dan inklusi keuangan, pelatihan praktik pertanian berkelanjutan dan mendukung gerakan regenerasi petani Indonesia, contohnya melalui ‘Program Petani Muda Bango’. Cabai segar yang digunakan dalam Sambal Jawara juga dibeli langsung dari petani lokal untuk meningkatkan taraf hidup para petani.

Pengelolaan air untuk keseimbangan alam

Saat ini dua miliar orang di seluruh dunia hidup dengan kekurangan air bersih akibat kerusakan hutan, pengambilan air tanah yang berlebih, polusi dari limbah industri, serta infrastruktur air yang buruk.

pengelolaan air

Unilever mengambil langkah nyata dalam menjaga ketersedian air melalui efisiensi penggunaan air dan pengurangan pencemaran terhadap air. Untuk itu, pada 2030 kami berkomitmen untuk:

  • Membuat formulasi produk kami dapat terurai secara hayati
  • Menerapkan program pengelolaan air di sekitar 100 lokasi produksi Unilever di lokasi yang mengalami kesulitan air. Saat ini sedang kami lakukan bersama dengan masyarakat di lingkungan sekitar pabrik kami di Cikarang dan Rungkut

Bergabung dengan Water Resources Group (WRG) 2030 untuk berkontribusi pada perubahan transformatif dan membangun ketahanan pengelolaan air di Negara yang mengalami kesulitan air.