Unilever Luncurkan Kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ Untuk Ajak Masyarakat Cermat Memilih Produk

Brand-brand dengan purpose atau tujuan mulia yang kuat berperan besar untuk menciptakan manfaat sosial dan lingkungan

group picture

Jakarta, 22 Juli 2019 – Tantangan kesehatan, perubahan iklim dan permasalahan sampah dihadapi oleh dunia saat ini. Unilever percaya bisnis/perusahaan harus memiliki purpose atau tujuan mulia untuk dapat terus memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan untuk bisa menjadi bagian dalam mengatasi permasalahan dunia. Konsumen atau masyarakat juga memiliki peranan besar untuk bisa turut berkontribusi, misalnya mulai dari hal sederhana yaitu lebih cermat dalam memilih produk yang digunakan.

Hernie Raharja, Director of Foods and Beverages PT Unilever Indonesia Tbk menyampaikan “Unilever percaya bahwa purpose atau tujuan mulia harus dimiliki bisnis/perusahaan dan juga brand-brand nya agar bisa terus memberikan manfaat lebih bagi masyarakat dan lingkungan. Untuk itu pada hari ini kami meluncurkan kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ untuk mengajak konsumen agar lebih cermat dalam memilih produk. Melalui kampanye ini Unilever juga ingin menunjukkan bahwa brand yang memiliki purpose memiliki peran yang besar untuk menciptakan manfaat sosial dan juga meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan”.

Terdapat dua belas brand yang tergabung di dalam kampanye ini, yaitu : Dove, Sunsilk, Sariwangi, Sunlight, Pepsodent, Lifebuoy, Rexona, Bango, Clear, Vaseline, Vixal, Wall’s. Brand-brand tersebut memiliki purpose yang kuat. Melalui 60 program yang sedang dan telah dijalankan oleh brand-brand tersebut dan juga melalui pesan-pesan positifnya, brand-brand ini telah memberi manfaat kepada masyarakat.

Dijumpai ditempat yang sama Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk menyampaikan “Tidak hanya memberikan manfaat positif kepada masyarakat, sejalan dengan komitmen besar Unilever Sustainable Living Plan, baik Unilever secara korporasi, maupun brand-brand nya telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan jejak lingkungan melalui praktik yang bertanggung jawab yang diterapkan sepanjang rantai nilainya mulai dari memasok bahan baku, proses produksi, distribusi, hingga penanganan produk setelah digunakan konsumen”.

Kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ memiliki misi untuk mengaktifkan seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta berkontribusi positif dalam memberikan kebaikan. Melalui kampanye ini, Unilever mengajak konsumen untuk melihat 4 (empat) hal dalam memilih produk seperti diantaranya; (i) sumber bahan baku, apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab (ii) apakah produknya memberikan manfaat sosial atau manfaat kepada masyarakat (iii) apakah produknya memiliki upaya pelestarian lingkungan (iv) apakah produknya memiliki purpose atau tujuan mulia.

conference picture

Unilever juga berkolaborasi dengan berbagai mitra yang memiliki kesamaan visi guna menularkan semangat ini secara lebih luas, dari sosok inspiratif, brand lokal dan komunitas, seperti brand lokal ternama CottonInk dan Project Semesta. Kolaborasi ini akan menghadirkan koleksi pakaian dan merchandise “Every U Does Good x CottonInk”, dimana hasil dari penjualan koleksi tersebut akan digunakan untuk mengedukasi lebih banyak lagi masyarakat mengenai sustainable production and consumption, bersama dengan komunitas Project Semesta. Selain itu, Unilever bekerjasama dengan ilustrator ternama, Dinda Puspitasari untuk membuat GIF, dan masyarakat bisa menyebarkan pesan kebaikan ini dengan menyebarkan GIF pada media sosial pribadinya.

Kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ ini kian selaras dengan keinginan masyarakat, untuk membeli produk yang memiliki nilai lebih, dan permintaan akan produk tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. Laporan Nielsen mengenai perilaku konsumen menunjukkan bahwa 64% konsumen di dunia menyatakan akan memilih produk dan layanan yang memiliki nilai lebih dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi sosial maupun lingkungan .

Dengan semakin cermatnya masyarakat dalam memilih produk, dan dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk yang bertanggung jawab dan bernilai lebih, tentunya akan mendorong industri untuk memberikan berbagai macam pilihan yang lebih baik bagi konsumen di Indonesia.

Upaya-upaya yang telah dijalankan oleh Unilever beserta brand-brand nya sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh United Nations Development Programme (UNDP). “Kami percaya bahwa langkah kecil jika dilakukan bersama-sama akan mampu memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat dan lingkungan. Kami yakin, setiap kita, bisa membawa kebaikan dan menyebarkan kebaikan kepada sekeliling kita maka kita akan menciptakan dunia yang lebih baik.” tutup Hernie.

1https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2014/indonesian-consumers-are-willing-to-put-their-money-where-their-heart-is-when-it-comes-to-buying-goods-and-services-from-companies-committed-to-social-and-environmental-responsibility/

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami