Toggle Cari

  1. Home
  2. ...
  3. Siaran Pers
  4. Unilever Indonesia Umumkan Pembagian Dividen Rp 6,9 Triliun untuk Tahun 2017

Unilever Indonesia Umumkan Pembagian Dividen Rp 6,9 Triliun untuk Tahun 2017

Tangerang, 23 Mei 2018 - PT Unilever Indonesia, Tbk hari ini menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di kantor pusat Perseroan, Grha Unilever. Selain menyampaikan informasi mengenai kinerja positif Unilever Indonesia di 2017, Unilever Indonesia hari ini mengumumkan pembagian dividen untuk tahun tutup buku 2017 serta perubahan susunan direksi.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk, Hemant Bakshi menyampaikan, “Di tengah kondisi ekonomi yang menantang, Perseroan masih berhasil mempertahankan arus kas bersih yang positif dan berhasil membuat Perseroan untuk melakukan pembayaran dividen untuk tahun buku 2017 mendekati 100% rasio pembayaran dividen atau sebesar Rp915,- (sembilan ratus lima belas Rupiah) per saham, naik Rp80,- (delapan puluh Rupiah) dibandingkan dengan dividen untuk tahun buku 2016.”

Dalam rapat ini, disahkan pembagian dividen interim untuk tahun buku 2017 dari laba bersih Perseroan, yang telah dibagikan pada tanggal 20 Desember 2017 sebesar  Rp 410,- per saham dan menyetujui pembagian dividen final dari laba bersih Perseroan sejumlah Rp505,- per saham. Sehingga dividen seluruhnya yang akan diterima oleh pemegang saham Perseroan yang berhak untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 adalah sejumlah Rp915,- per saham atau semuanya berjumlah Rp 6.9 triliun  yang akan dibagikan kepada semua pemegang saham Perseroan yang berhak. Dividen final untuk 2017 akan dibagikan kepada pemegang saham yang berhak selambatnya pada tanggal 22 Juni 2018.

Selain mengumumkan pembagian dividen, dalam RUPST tahun ini, Unilever Indonesia juga mengumumkan perubahan susunan direksi Perseroan dan susunan dewan komisaris Perseroan.

Unilever mengangkat Bapak Vikram Kumaraswamy sebagai Direktur Perseroan, efektif sejak tanggal 1 Juli 2018. Sebelum diangkat menjadi Direktur Perseroan, Bapak Vikram menjabat sebagai Vice President Merger & Acquisition berbasis di London. Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Finance yang berbasis di Singapore.

Bapak Vikram telah bergabung bersama Unilever sejak tahun 1998. Selama 19 tahun di Unilever beliau bekerja di berbagai kategori baik di tingkat lokal, regional dan global. Beliau merupakan Akuntan Chartered yang berkualifikasi, yang telah memenuhi kualifikasi dari Institute of Chartered Accountants of India pada tahun 1998.Dengan perubahan struktur direksi yang baru, jajaran direksi Perseroan adalah sebagai berikut:  Presiden Direktur - Bapak Hemant Bakshi; Direktur Customer Development - Ibu Enny Hartati Sampurno; Direktur Governance & Corporate Affairs dan Sekretaris Perusahaan - Bapak Sancoyo Antarikso; Direktur Human Resources - Bapak Willy Saelan; Direktur Supply Chain - Ibu Amparo Cheung Aswin; Direktur Home Care -  Bapak Vikas Gupta; Direktur Foods - Ibu Hernie Raharja; Direktur Refreshment - Bapak Jochanan Senf; Direktur Personal Care - Ibu Ira Noviarti; dan Direktur Finance - Bapak Vikram Kumaraswamy.

“Melalui berbagai tugas yang dijalankannya, beliau telah mengembangkan keahlian yang mendalam di bidang keuangan di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Kami yakin dengan kehadiran beliau dalam jajaran direksi akan mampu memperkuat performa Unilever Indonesia” ungkap Hemant.

Selain perubahan struktur direksi Perseroan, Dalam Rapat ini juga disetujui pengangkatan kembali dewan komisaris serta pengangkatan Bapak Alexander Rusli sebagai Komisaris Independen Perseroan untuk menggantikan Bapak Cyrillus Harinowo. Dengan perubahan struktur dewan komisaris yang baru, jajaran dewan komisaris Perseroan adalah sebagai berikut: Bapak Maurits Daniel Rudolf Lalisang sebagai Presiden Komisaris; Bapak Mahendra Siregar sebagai Komisaris Independen ; Bapak Erry Firmansyah sebagai Komisaris Independen; Bapak Hikmahanto Juwana sebagai Komisaris Independen dan Bapak Alexander Rusli sebagai Komisaris Independen.

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top