Grab jalin kemitraan dengan Rexona melalui GrabGerak: Gerakan Sosial sebagai bentuk kepedulian bagi penyandang disabilitas

Grab bermitra dengan Rexona untuk menciptakan ekosistem yang inklusif dan ramah bagi para penyandang disabilitas

Jakarta, 25 April 2018 – Grab, layanan transportasi on-demand dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara bersama dengan Rexona, merek deodoran yang percaya ketika semakin Anda bergerak, semakin banyak yang Anda bisa dapatkan dalam kehidupan, meluncurkan GrabGerak, sebuah solusi unik yang pertama kali disediakan untuk mendukung para penyandang disabilitas untuk bergerak dan mendapatkan lebih banyak ‘akses’ dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, Grab juga bermitra dengan Kitabisa.com untuk mendukung Difa Bike, layanan transportasi khusus penyandang disabilitas.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Program Perlindungan dan Layanan Sosial (PPLS) pada tahun 2012, terdapat 3.838.985 penyandang disabilitas yang tinggal di Indonesia. Mereka menghadapi beragam isu mobilitas sehari-hari, seperti trotoar yang dipenuhi pedagang kaki lima, jembatan bagi pejalan kaki tanpa fasilitas elevator, bahkan area khusus penyandang disabilitas yang disalahgunakan oleh para pengemudi transportasi umum. Tak hanya itu, jika dibandingkan antara penyandang disabilitas dengan pemerintah, masyarakat termasuk organisasi sosial yang berfokus pada penyandang disabilitas dan keluarga mereka, kemampuan mereka untuk menangani dan memberikan perawatan memadai bagi penyandang disabilitas berada pada rasio yang mengkhawatirkan, yakni 101:1. Dengan besarnya kesenjangan ini, sektor swasta diharapkan dapat berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan transportasi yang inklusif.

Rexona mengembangkan Gerak, aplikasi asisten mobilitas suara pertama bagi penyandang disabilitas di Indonesia. Melalui aplikasi mobile ini, hanya cukup dengan berbicara atau chatting, penyandang disabilitas dapat menemukan tempat-tempat ramah disabilitas terdekat dan dapat di antar ke tempat tersebut dengan memesan kendaraan Grab-Gerak khusus. Rexona percaya bahwa setiap orang harus dapat bergerak dengan bebas, termasuk saudara kita penyandang disabilitas. Sebagai bagian dari kampanye Movement for Movement, Rexona juga mendorong orang-orang untuk dapat berkontribusi lebih banyak mengenai informasi tentang tempat-tempat ramah disabilitas melalui aplikasi Gerak.

“Mobilitas dan aksesibilitas bukanlah sebuah keistimewaan, namun hak dasar setiap manusia. Kepercayaan inilah yang mendasari konsep dari inisiatif kami. Sebagai platform transportasi terkemuka di Asia Tenggara, inisiatif ini merupakan langkah alamiah bagi kami untuk menjangkau lebih jauh dari apa yang pasar lakukan. GrabGerak adalah proyek kerja sama kami dengan Rexona untuk mendukung para penyandang disabilitas dalam meraih aspirasi dan tujuan hidup mereka. Inisiatif ini merupakan proyek pertama kami untuk menggali lebih dalam semua demografi pelanggan kami dan melayani wilayah ini dengan lebih baik lagi.” ungkap Mediko Azwar, Marketing Director of Grab Indonesia.

Grab bekerja sama dengan Rexona melalui kampanye ‘Movement for Movement’ untuk mendukung mobilitas penyandang disabilitas melalui inisiatif berikut ini:

  • Layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas: Grab juga memperkenalkan GrabGerak, layanan terbaru yang dirancang secara khusus bagi penyandang disabilitas dengan mengutamakan aspek keamanan dan kenyamanan.
  • Armada yang didedikasikan: Grab menyediakan 118 armada GrabCar dengan stiker khusus GrabGerak di Jabodetabek selama dalam tahap ujicoba.
  • Mitra pengemudi tersertifikasi: 118 mitra pengemudi GrabGerak telah melalui proses pelatihan khusus seputar kesetaraan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan oleh Audisi. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam melayani penyandang disabilitas dengan bantuan khusus.
  • Kampanye bersama dengan Rexona: Kampanye dilakukan dalam aplikasi Gerak milik Rexona,aplikasi Grab dan media sosial kedua belah pihak untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap kampanye ‘Movement for Movement’.

GrabGerak akan menjadi layanan baru dalam tahap uji coba yang melengkapi layanan yang sudah tersedia saat ini, seperti GrabCar, GrabBike, GrabHitch (Nebeng), GrabTaxi, GrabFood, dan GrabExpress. Kedepannya, Grab akan terus bekerja sama dengan para mitra untuk meningkatkan layanannya dan mensertifikasi lebih banyak mitra pengemudi. “Ini adalah awal bagi perusahaan kami untuk melayani seluruh demografi pelanggan di Asia Tenggara dengan sepenuhnya. Kami akan terus mencari peluang dan meningkatkan layanan kami sehingga semua orang, terlepas dari latar belakang dan kondisi fisiknya, dapat menikmati layanan transportasi terbaik dan meraih aspirasi hidupnya,” tutup Mediko.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Grab dan menjadi agen perubahan di wilayah ini. Unilever percaya membangun sebuah merek yang memiliki tujuan. Sesuai dengan identitas Rexona, kami berkomitmen untuk mengajak semua orang untuk Terus Gerak tanpa terkecuali. Meski aplikasi ini ditujukan untuk kaum difabel, namun kita butuh kontribusi semua pihak. Di aplikasi Gerak ini, kita semua bisa berkontribusi dalam memberikan informasi dimana saja tempat yang bersahabat bagi kaum difabel. Semakin banyak orang yang berkontribusi, kaum difabel dapat makin terbantu. Dengan demikian kita semua dapat terus gerak bersama. Di luar aplikasi, kami akan memiliki lebih banyak inisiatif seperti Mapathons dan Hackathon di mana semua orang dapat berpartisipasi. Harapan kami adalah inisiatif ini menjadi gerakan sosial yang nyata,” tutur Ira Noviarti, VP Personal Care Unilever Indonesia

1 Situasi Penyandang Disabilitas, diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan pada semester kedua 2014 http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/buletin/buletin-disabilitas.pdf

2 Situasi Penyandang Disabilitas, diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan pada semester kedua 2014 http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/buletin/buletin-disabilitas.pdf

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami