1. Home
  2. ...
  3. Siaran Pers
  4. Dove Ajak Perempuan Indonesia Rayakan Kecantikan yang Beragam

Dove Ajak Perempuan Indonesia Rayakan Kecantikan yang Beragam

Unilever Indonesia Dove Cantik Satukan Kita 2 Unilever Indonesia Dove Cantik Satukan Kita 3

JAKARTA, 17 Agustus 2018 – Bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-73, Dove mengambil insipirasi dari semangat Bhinneka Tunggal Ika untuk meluncurkan inisiatif #CantikSatukanKita. Inisiatif ini merupakan fase kedua kelanjutan dari insiatif #AkuIndonesia yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Pada tahun ini, Dove ingin mengajak perempuan Indonesia untuk merayakan keberagaman kecantikan perempuan Indonesia yang menyatukan, dan mendukung perempuan Indonesia mencapai potensi diri yang maksimal dengan menciptakan ruang digital yang positif dan inklusif.

Senior Brand Manager Dove & TreSemme, Miranti Burhan, menyatakan bahwa “Inisiatif #CantikSatukanKita berangkat dari gerakan Real Beauty yang telah dilakukan Dove di Indonesia sejak tahun 2005. Gerakan ini berawal dari komitmen Dove secara global untuk meningkatkan kepercayaan diri perempuan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan #CantikSatukanKita, Dove mengajak perempuan Indonesia untuk merayakan keberagaman dengan mengungkapkan apresiasi terhadap kecantikan teman mereka yang beragam di akun media sosial mereka”.

Keberagaman kecantikan perempuan Indonesia juga tampak pada hasil riset Indonesian Beauty Confidence Report yang dilakukan Dove pada tahun 2017 dengan 306 partisipan. Pada riset ini, 92% perempuan Indonesia setuju bahwa setiap perempuan memiliki kecantikan dalam versi mereka sendiri, dan 86% dari mereka juga setuju bahwa perempuan dapat tampil cantik di usia berapapun. Walaupun begitu, 84% dari perempuan Indonesia Indonesia tetap mengaku tidak tahu betapa cantiknya diri mereka sebenarnya, dan 72% dari perempuan Indonesia masih mempercayai bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam hidup, perempuan harus memenuhi standar kecantikan tertentu.

Adanya perbedaan antara kedua kepercayaan ini semakin diperkuat dalam interaksi perempuan Indonesia di ranah digital. Perundungan dan komentar negatif masih menghantui mereka, karena ejekan, cercaan, dan penghinaan yang tidak ditanggapi dengan serius oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, 58% dari perempuan Indonesia merasa bahwa mereka hanya dinilai berdasarkan penampilan mereka.

Dove menemukan bahwa perempuan Indonesia memiliki kesulitan untuk mengakui kecantikan mereka sendiri, namun sangat bersemangat saat diminta menyebutkan apa kecantikan dan kelebihan teman-teman mereka. Kebiasaan saling memuji dan menyemangati satu sama lain ini adalah bukti nyata kemampuan perempuan Indonesia dalam mengapresiasi keberagaman kecantikan Indonesia, dan Dove ingin sekali mengembangkan semangat positif ini ke ranah digital.

“Dengan inisiatif ini, Dove ingin menciptakan budaya digital yang lebih ramah, aman, dan inklusif bagi seluruh perempuan Indonesia melalui ungkapan apresiasi yang positif di media sosial. Dengan #CantikSatukanKita, Dove ingin menciptakan ruang yang positif dengan saling memuji dan merayakan keberagaman kecantikan perempuan Indonesia,” tambahnya.

Membangun ruang digital yang positif akan membangun pribadi perempuan Indonesia untuk menjadi lebih kuat dalam mengembangkan potensi diri secara maksimal. Hal ini yang juga disampaikan oleh Diera Bachir, Fotografer Profesional. “Saya percaya bahwa sebagai wanita indonesia, kita diberikan kecantikan dan kelembutan yang khas dari masing masing daerahnya. Sudah bertahun tahun saya memotret banyak wajah wanita indonesia dari berbagai ras, adat, latar belajang budaya yg berbeda. Namun, dari balik lensa, walau mereka nampak berbeda, saya selalu mendapati semangat dalam nilai luhur yang sama.”

Untuk ambil bagian dalam inisiatif #CantikSatukanKita, peserta dapat mengunggah foto diri mereka bersama teman atau rekan mereka dengan mencantumkan cerita-cerita kelebihan teman atau rekan tersebut, tag akun Instagram Dove (@Dove), dan gunakan tagar #CantikSatukanKita. Tanggal pembukaan jatuh pada 1 Agustus 2018 dan ditutup pada tanggal 13 september 2018. Peserta yang bergabung diharapkan untuk memiliki instagram yang public (terbuka) sehingga foto di unggah dapat dilihat Dove.

Inisiatif #CantikSatukanKita merupakan bagian dari gerakan Real Beauty. Gerakan ini memiliki tiga janji utama, yaitu; untuk selalu menampilkan perempuan biasa dan bukan model, memotret perempuan seperti apa adanya, dan membantu remaja perempuan lebih percaya diri.

Dove memiliki misi membantu generasi mendatang tumbuh dengan lebih positif akan penampilan mereka dengan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan menyadari potensi mereka sepenuhnya.  Selama lebih dari 10 tahun, Dove Self-Esteem Project mengedukasi ke lebih dari 20 juta remaja mengenai rasa percaya diri dan menjadi penyedia program edukasi kepercayaan diri terbesar untuk jenisnya. Berdasarkan setengah awal tahun 2018, di Indonesia Dove sudah dapat mengedukasi 150,000 remaja Indonesia.Pada Sampai tahun 2020 Dove akan terus mengedukasi 20 juta remaja lainnya di seluruh dunia mengenai kepercayaan diri.

Salah satu contoh dari komitmen dove adalah penggunaan logo “No Digital Distortion” pada materi visual yang digunakaan oleh Dove. Logo ini menegaskan bahwa Dove menunjukan perempuan di kehidupan sehari-hari dan visual yang ditampilkan tidak diubah untuk menyesuaikan kepada satu standar kecantikan. Pengunaan logo dimulai pada akhir Juni 2018 di semua kategori dan semua negara. Berikut adalah cuplikan logo “No Digital Distortion”

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami