1. Home
  2. ...
  3. Siaran Pers
  4. Sustainability: Better Business, Better World

Sustainability: Better Business, Better World

Bisnis memiliki peran penting dalam membantu mengatasi permasalahan dunia

Unilever - Sustainability Day - Foto Bersama Unilever - Sustainability Day - Potong Tumpeng.j Unilever - Sustainability Day - Mari Elka Pangestu Unilever - Sustainability Day - Kunjungan Booth

Tangerang, 11 Desember 2017 – Dalam rangka membangun kesadaran masyarakat mengenai isu sustainability dan bagaimana peran dunia bisnis dalam mengatasinya, Unilever Indonesia menyelenggarakan acara Sustainability Day yang bertujuan untuk memasyarakatkan cara hidup dan cara berbisnis yang berkelanjutan / sustainable. Acara yang menampilkan figur-figur di dunia bisnis dan LSM yang terkenal dengan kepeduliannya terhadap isu sustainability ini sekaligus untuk memperingati hari jadi Yayasan Unilever Indonesia ke – 17.

Kelaparan, kemiskinan, kesehatan, perubahan iklim dan sampah yang mengotori lingkungan merupakan sederet isu sustainability yang dihadapi oleh dunia  saat ini. Di Indonesia, 7,2 juta anak di hidup di bawah garis kemiskinan dan 40 anak dari setiap 1,000 kelahiran meninggal sebelum mencapai usia 5 tahun. Data BPS pada bulan Maret 2017 mencatat jumlah penduduk miskin di Indonesia dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan mencapai 27,77 juta orang, meningkat sebesar 6,90 ribu orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam hal lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menyatakan bahwa setiap tahunnya dihasilkan 65,8 juta ton sampah di Indonesia dengan tingkat pemilahan sampah di masyarakat yang masih rendah. Sebanyak 1,29 MMT (Million Metric Tons) sampah plastik dari Indonesia terbuang ke laut setiap tahunnya.

Masalah-masalah ini tidak akan dapat diatasi tanpa peran serta semua pihak, termasuk korporasi. Menekankan pentingnya dunia bisnis dalam mengatasi isu sustainability, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk. Hemant Bakshi mengatakan, “Keberadaan bisnis tidak boleh malah membuat masalah ini menjadi semakin besar. Sebaliknya, seyogyanya dunis bisnis menjadi bagian dari solusi. Strategi dan aktifitas bisnis yang berbasis pada prinsip sustainability menjadi sangat penting dalam hal ini. Di Unilever, sustainability sudah menjadi DNA kami sejak pertama kali didirikan pada abad ke-19. Secara global, sejak awal Unilever memiliki tujuan besar untuk memasyarakatkan kehidupan yang sustainable atau berkelanjutan melalui produk-produk dan program-programnya. ”

Mari Elka Pangestu, President of United in Diversity Foundation and Leadership Council of UN SDSN Southeast Asia and Indonesia menjelaskan, “Tantangan dan permasalahan yang dihadapi di dunia bisa dijawab melalui program berbasis sustainability. Sustainable Development Goals (SDG) yang diusung PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan atau Global Goals menetapkan sebuah visi untuk mengakhiri kemiskinan, kelaparan, ketidaksetaraan dan perlindungan sumber daya alam pada tahun 2030. Disinilah bisnis memiliki peran penting dalam membentuk dan memberikan solusi kreatif dari Global Goals, dan terus melakukannya dalam penyampaian tujuan sekaligus menciptakan kemajuan bagi masyarakat luas.”

Unilever percaya bahwa bisnis harus menjadi solusi permasalahan di dunia, oleh karena itu i Unilever mengintegrasikan sustainability ke dalam seluruh aspek bisnis. Pada tahun 2010, Secara global, Unilever meluncurkan Unilever Sustainable Living Plan, strategi untuk terus mengembangkan bisnisnya seraya mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan dan meningkatkan dampak sosial bagi masyarakat.

USLP berfokus pada tiga pilar utama yaitu pilar kesehatan dan kesejahteraan (Health and Wellbeing); pilar lingkungan (Environment); serta pilar peningkatan penghidupan (Enhancing Livelihood). Sedangkan tiga tujuan utamanya adalah meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan 1 milyar orang di seluruh dunia pada 2020, mengurangi setengah dari dampak lingkungan yang dihasilkan dari operasi bisnisnya pada 2030 dan meningkatkan penghidupan jutaan orang pada 2020.

“Setiap tujuan tersebut diturunkan menjadi target-target spesifik yang terukur. Seluruh target USLP sangat sejalan dengan 17 tujuan global atau Global Goals yang diusung oleh PBB,” Papar Hemant Bakshi.

Di Indonesia, melalui Yayasan Unilever Indonesia (YUI), Unilever telah menyusun dan mengimplementasikan berbagai program strategis berbasis masyarakat semenjak tahun 2000 saat Yayasan tersebut pertama kali berdiri. Hal itu sejalan dengan misi nya untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat, memberikan nilai tambah bagi masyarakat, menyatukan kekuatan dengan mitra-mitranya dan bertindak sebagai katalis untuk pembentukan kemitraan baik dari institusi pemerintahan, LSM, akademisi, atau kelompok masyarakat setempat. “Bagi Unilever, mendirikan YUI merupakan investasi yang serius, untuk itu hari ini kami dengan sangat bangga merayakan keberadaan YUI selama 17 tahun” ungkap Hemant.

Dalam pilar kesehatan dan kesejahteraan (Health and Wellbeing) hingga tahun 2016 Unilever bersama brand-brand nya telah mempromosikan Perilaku Hidup Bersihdan Sehat (PHBS) melalui program komunirtas seperti program Pasar Sehat Berdaya, program Ibu Sehat dan program sekolah. Program ini telah menjangkau 88 juta orang Indonesia. Upaya melestarikan lingkungan (Environment) dilakukan dengan mengembangkan 1,630 bank sampah di 17 kota di 12 provinsi, dimana bank sampah telah mengumpulkan 4,363 ton limbah anorganik.

Unilever Indonesia juga memiliki program 0 (zero) sampah dari seluruh pabrik dan kantor pusat yang terbuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir), serta mengembangkan satu teknologi mutakhir pengolahan sampah plastik fleksibel yang dinamakan CreaSolv® Process. Pada pilar peningkatan penghidupan (Enhance Livelihood), hingga tahun 2016 Unilever Indonesia telah meningkatkan mata pencaharian 35,500 petani kedelai hitam dan petani gula kelapa yang memasok bahan baku kecap Bango.

Tahun 2017, Unilever Indonesia mulai memberdayakan pemetik teh di balik daun SariWangi, serta membantu lebih dari 500 ribu peritel kecil untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui platforn distribusi berbasis IT – LeverEdge.

Sustainability Day yang diselenggarakan kali ini menghadirkan figur dari perusahaan dan LSM  yang inspiratif yang memiliki inisiatif terkait sustainability seperti UNICEF, IKEA, Burgreens, Pipiltin Cocoa, Waste 4 Change, Heartindo serta SkinnyIndonesian24. Kepada ratusan mahasiswa, insan pers, penggiat media sosial dan unsur masyarakat lain, mereka berbagi mengenai bagaimana pihaknya berkontribusi nyata untuk mengatasi isu sustainbaiity melalui strategi dan aktifitas bisnisnya.

“Kami berharap acara ‘Sustainability Day’ dapat menggerakkan kita semua untuk lebih memahami isu sustainability, mendorong kita untuk menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan dan menginsipirasi para pebisnis untuk ikut menjadi solusi bagi permasalahan ini, demi mewujudkan masa depan yang cerah,” tutup Hemant.

Unilever Sustainability Day: Memasyarakatkan gaya hidup berkelanjutan untuk masa depan yang lebih cerah

Unilever Sustainable Living Plan (USLP)

Secara global, pada tahun 2010 Unilever meluncurkan Unilever Sustainable Living Plan, strategi untuk terus mengembangkan bisnisnya seraya mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan dan meningkatkan dampak sosial bagi masyarakat. USLP memiliki tiga tujuan utama:

  • Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan 1 milyar orang pada 2020
  • Mengurangi setengah dari dampak lingkungan yang dihasilkan dari operasi bisnisnya pada 2030
  • Meningkatkan penghidupan jutaan orang pada 2020.

Program Sustainability yang telah dilakukan Unilever

Pilar Kesehatan & Kesejahteraan (Health and Wellbeing)
  • Hingga 2016, Unilever telah mempromosikan kebiasaan tentang kesehatan dan kebersihan yang lebih baik kepada 88 juta orang Indonesia melalui program berbasis masyarakat. 
  • Dalam sisi nutrisi, tim R & D (ahli gizi) Unilever berusaha keras untuk mengurangi kadar garam, gula, dan lemak di seluruh produknya.

Pilar Lingkungan (Environment)

  • Mengembangkan 1.630 bank sampah di 17 kota yang tersebar di 12 provinsi. Bank sampah telah mengumpulkan 4.363 ton limbah anorganik
  • 0 (Zero) sampah ke TPA dari seluruh pabrik dan kantor pusat
  • Mengembangkan satu teknologi mutakhir pengolahan sampah plastik fleksibel yang dinamakan CreaSolv® Process.


Pilar Peningkatan Penghidupan (Enhance Livelihood)

  • Menciptakan inklusif bisnis bagi petani kecil dan pengecer skala kecil
  • Hingga 2016, Unilever telah meningkatkan mata pencaharian 35.500 petani kedelai hitam dan petani gula kelapa yang memasok bahan baku kecap Bango
  • Tahun 2017, Unilever mulai memberdayakan pemetik teh di balik daun SariWangi.
  • Membantu lebih dari 500 ribu peritel kecil untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui platform distribusi berbasis IT – LeverEdge
  • Mengaktifkan 3.320 perempuan Indonesia untuk mengakses program Pemberdayaan Perempuan Saraswati

Yayasan Unilever Indonesia

Sejak berdiri pada tahun 27 November 2000, Yayasan Unilver Indonesia (YUI) telah berperan besar dalam menyusun dan mengimplementasikan program-program sustainability berdasarkan Unilever Sustainable Living Plan (USLP). YUI berdialog dengan sejumlah pihak untuk merancang program bersama berbasis masyarakat. Untuk memastikan program yang berkelanjutan, pemilihan mitra yang tepat sangatlah penting. Mitra dapat berasal dari berbagai latar belakang baik dar institusi pemerintahan, LSM, akademisi maupun kelompok masyarakat.

Misi dari YUI adalah untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat, memberikan nilai tambah bagi masyarakat, menyatukan kekuatan dengan mitra-mitranya dan bertindak sebagai katalis untuk pembentukan kemitraan baik dari institusi pemerintahan, LSM, akademisi, atau kelompok masyarakat setempat.

Selama 17 tahun, program-program YUI menekankan pada aspek kualitas daripada kuantitas karena yang terpenting adalah bagaimana setiap program dapat berjalan secara berkelanjutan dan meningkatkan standar hidup masyarakat

Mitra Yayasan Unilever Indonesia:

  • PERHIMPUNAN SPEKTRA
  • PERKUMPULAN PERSADA SLEMAN
  • YAYASAN PEDULI NEGERI
  • LSM BINA MASYARAKAT PEDULI
  • YAYASAN INSTITUTE for CIVIL SOCIETY DEVELOPMENT (ICSD)
  • LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT HEARTINDO
  • YAYASAN EMMANUEL
  • LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TEPAT (LPTT)
  • PERKUMPULAN WEHASTA
  • YAYASAN BALI WASTU LESTARI
  • LSM ECCO WAHANA LINGKUNGAN BALIKPAPAN BERIMAN (WALIBAR)
  • YAYASAN LOHJINAWI SURABAYA
  • PERKUMPULAN ARTA JAYA
  • YAYASAN RUMAH PELANGI
  • PUSAT PENGKAJIAN PERBENIHAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • PUSAT PENGKAJIAN PERBENIHAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • ASOSIASI PENDAMPING PEREMPUAN USAHA KECIL (ASPPUK)
  • CreaSolv® is a registered trademark of CreaCycle GmbH

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami