1. Home
  2. ...
  3. Siaran Pers
  4. SariWangi Ajak Keluarga Indonesia Untuk Lebih Berani Bicara Dan Mengungkapkan Isi Hati

SariWangi Ajak Keluarga Indonesia Untuk Lebih Berani Bicara Dan Mengungkapkan Isi Hati

Melalui kampanye #BeraniBicara, Sariwangi ingin mendorong komunikasi yang terbuka dalam keluarga Indonesia melalui secangkir teh

Unilever Indonesia Sariwangi Berani Bicara - Johan Lie Unilever Indonesia Sariwangi Berani Bicara - Mona Ratuliu Unilever Indonesia Sariwangi Berani Bicara - Foto Bersama

Jakarta, 5 Mei 2017 – Pernahkah kamu kesulitan untuk membicarakan atau mengungkapkan isi hati dengan keluarga? Hasil survei SariWangi menunjukkan bahwa tingkat keterbukaan keluarga Indonesia cenderung rendah. Setengah responden menyatakan hanya mengungkapkan bagian yang mudah dan aman saja untuk dibicarakan. Sebagai bentuk komitmen SariWangi untuk mendorong terbentuknya keluarga harmonis melalui komunikasi efektif, SariWangi meluncurkan kampanye #BeraniBicara yang mengajak masyakat Indonesia untuk mengungkapkan isi hati mereka kepada keluarga.

Johan Lie selaku Senior Brand Manager SariWangi menjelaskan, ”Selama 40 tahun, SariWangi telah menjadi bagian dari budaya berbagi dalam keluarga Indonesia. Bercerita atau sharing dengan orang lain memang sudah menjadi kebiasaan di keluarga Indonesia, tetapi ternyata hasil riset kami menunjukkan setengah responden hanya mau mengungkapkan topik yang mudah dan aman saja untuk dibicarakan sehingga keterbukaan keluarga Indonesia masih menjadi sebuah tantangan.”

Hal ini juga diakui oleh Ratih Ibrahim selaku Psikolog Anak dan Keluarga yang juga menjelaskan bahwa “Seringnya frekuensi bercerita tidak menjamin isi cerita, tidak selalu yang diceritakan merupakan ungkapan isi hati yang sebenarnya. Dari hasil survey yang kami lakukan bersama SariWangi, 2 dari 3 responden menyatakan alasan kurangnya keterbukaan adalah menghindari konflik. Padahal, memiliki pembicaraan yang mendalam di keluarga termasuk hal-hal yang sulit diungkapkan, dapat membangun relasi yang hangat dan intim, membuat keluarga lebih bahagia, dan mencegah adanya resiko depresi pada seseorang."

"Untuk memulai pembicaraan yang sulit, individu harus memiliki empati untuk mampu menerima perbedaan. Selain itu, suasana santai sambil minum teh juga dapat berfungsi sebagai mediator dalam membangun suasana hangat dan nyaman yang membantu individu untuk lebih terbuka.”

Di dalam keluarga, orang tua khususnya ibu juga memiliki peran penting dalam keluarga sebagai fasilitator untuk memulai percakapan. Ibu memiliki peran sebagai emotional supporter dalam memberikan dukungan dan kehangatan di keluarga.

Fakta seputar rendahnya keterbukaan di keluarga ini mendorong Mona Ratuliu selaku Brand Ambassador SariWangi untuk menjaga komunikasi dalam keluarga ”Sebagai Ibu, saya sadar memiliki peranan yang penting untuk terus menjaga kehangatan keluarga. Saya pun seringkali menemukan tantangan tersendiri untuk mengungkapkan isi hati atau membicarakan hal personal baik ke suami maupun anak-anak, terutama seputar pola asuh anak dan membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan."

"Momen minum teh biasanya saya jadikan sebagai waktu untuk berkumpul juga berbagi cerita termasuk membicarakan topik-topik yang sulit sekalipun. Dengan adanya kampanye #BeraniBicara dari SariWangi, saya lebih termotivasi untuk tidak hanya berani bicara isi hati tapi juga mencari solusi akan tantangan – tantangan yang dihadapi dalam keluarga.”

”Melalui kampanye #BeraniBicara ini, SariWangi mempersembahkan teh berkualitas terbaik bagi keluarga Indonesia. Teh asli yang mengandung flavonoid dan theanin di dalamnya memberikan perasaan rileks, meningkatkan fokus, dan mengurangi stress. SariWangi percaya secangkir teh hadir sebagai fasilitator bagi keluarga Indonesia dalam mengungkapkan isi hati dengan bertatap muka langsung dapat membuat suasana menjadi lebih hangat dan tenang,” lanjut Johan.

Lewat kampanye #BeraniBicara, SariWangi meluncurkan video Kisah Keluarga Mona di Digital yang berisi cerita – cerita bagaimana Keluarga Mona Ratuliu #BeraniBicara untuk mencari solusi dalam permasalahan yang kerap kali dihadapi oleh keluarga Indonesia, dengan ditemani secangkir teh.

SariWangi juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi pengalaman atau cerita mereka di media sosial dengan menggunakan #BeraniBicara.”Semoga dengan kampanye #BeraniBicara, kami dapat membantu dan menginspirasi lebih banyak keluarga Indonesia untuk berani bicara dan mengungkapkan isi hati, untuk membangun keharmonisan dalam keluarga Indonesia.” tutup Johan.

Tentang SariWangi

Sariwangi Berani Bicara I

SariWangi merupakan merek lokal Indonesia yang diperkenalkan pada tahun 1973, pelopor dalam format teh celup di Indonesia. SariWangi hadir sebagai merek teh celup yang menginspirasi keluarga Indonesia untuk terus menjaga kebersamaan dan kehangatan keluarga, dengan cara berkumpul bersama setidaknya 15 menit setiap harinya.

Selama lebih dari 40 tahun, SariWangi hadir sebagai merek teh nomor satu di Indonesia. SariWangi senantiasa mendekatkan keluarga Indonesia melalui teh berkualitas dan membuktikan komitmennya untuk terus mendorong terbentuknya keluarga harmonis melalui komunikasi yang efektif.

Di tahun 2008, SariWangi hadir dengan kampanye “Mari Bicara” yang mengajak keluarga Indonesia melakukan obrolan tatap muka untuk membangun kebersamaan yang berkualitas dalam keluarga. Dan di tahun 2013, SariWangi memulai gerakan 15 Menit Sehari. SariWangi mengajak masyarakat untuk meluangkan waktu setidaknya 15 menit setiap harinya untuk duduk bersama keluarga dan saling berbagi cerita dengan ditemani secangkir teh SariWangi.

Tentang SariWangi "Berani Bicara"

Sariwangi Berani Bicara II

Tahun ini, SariWangi melanjutkan komitmennya untuk mendekatkan keluarga Indonesia dengan meluncurkan kampanye “Berani Bicara”. Melalui “Berani Bicara” SariWangi ingin terus mendorong terbentuknya keluarga Indonesia yang harmonis melalui komunikasi yang efektif dan menjadi fasilitator bagi keluarga Indonesia untuk membangun keterbukaan yang lebih mendalam dengan berani membicarakan isi hati termasuk membicarakan hal – hal yang yang sulit sekalipun.

Selain itu, SariWangi hadir untuk membantu membangun suasana hangat dan nyaman yang membantu individu untuk lebih terbuka melalui secangkir teh. Secangkir teh hadir sebagai enabler dalam memulai percakapan dengan bertatap muka langsung untuk membuat suasana menjadi lebih hangat dan tenang.

Dalam kampanye “Berani Bicara”, SariWangi meluncurkan video Kisah Keluarga Mona di Digital yang berisi cerita –cerita tentang berbagai masalah yang sering dihadapi keluarga Indonesia serta tips-tips #BeraniBicara untuk mendapatkan solusi yang erat kaitannya dengan keterbukaan dalam komunikasi keluarga. Dengan #BeraniBicara, SariWangi mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi pengalaman atau cerita mereka di media sosial dengan menggunakan tanda pagar #BeraniBicara. Selain itu, juga menginspirasi lebih banyak keluarga Indonesia dalam membangun komunikasi yang terbuka untuk membangun keluarga harmonis. 

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top