Toggle Cari

  1. Home
  2. Berita dan Media
  3. Siaran Pers
  4. Konsisten Berinovasi, Unilever Indonesia Menerima Sejumlah Penghargaan

Konsisten Berinovasi, Unilever Indonesia Menerima Sejumlah Penghargaan

Unilever Indonesia The Sparks Awards Unilever Indonesia Asia's Best Companies FinanceAsia Unilever Indonesia Best Annual Report

Pertengahan tahun 2017 ini, Unilever Indonesia menerima sejumlah penghargaan baik untuk brand-brandnya maupun keseluruhan perusahaan. Penghargaan tersebut didapatkan lewat ajang Asia’s Best Companies 2017 oleh majalah FinanceAsia, Spark Awards for Media Excellence 2017 untuk brand Clear dan Axe, World’s Most Innovative Companies oleh Forbes, Annual Report Award 2016 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Indonesia Best Brand Award 2017 oleh SWA, Mobile Marketing Awards Smarties 2017, dan PR of the Year 2017 oleh Majalah MIX. 

Dalam ajang Asia’s Best Companies 2017 oleh FinanceAsia, Unilever Indonesia menerima dua penghargaan untuk kategori Most Committed to Corporate Governance (peringkat ke-5) dan Best Managed Companies (peringkat ke-7). Penghargaan ini diterima oleh Syafril Hendra selaku Head of Corporate Controller PT Unilever Indonesia Tbk dalam acara makan siang yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta. 

Kriteria yang dinilai untuk kategori Best Managed Companies ini diantaranya adalah keseluruhan manajemen, tata kelola perusahaan, hubungan investor, serta tanggung jawab sosial perusahaan. Penghargaan Asia’s Best Managed Companies untuk Unilever Indonesia ini juga menandai dukungan para investor dan analis investasi kepada perusahaan serta penghargaan mereka atas peningkatan kinerja dan tata kelola perusahaan di tingkat Asia. 

Unilever Indonesia juga meraih tiga penghargaan di Spark Awards for Media Excellence 2017 Singapura oleh majalah Marketing. Unilever Indonesia melalui brand-nya, Clear dan Axe, memenangkan emas pada kategori Best Engagement Strategy dan kategori Best Media Solutions (Mobile) untuk kampanye Clear Mudik, serta perunggu pada kategori Best Media Solutions (Mobile) untuk kampanye Axe Find Your Magic. Spark Awards 2017 diakui sebagai program berskala regional untuk merayakan berbagai solusi, produk dan layanan media terbaik. Penghargaan ini merupakan platform bagi para pemilik media dan penyedia solusi untuk menampilkan inovasi, keefektifan, dan proposisi nilai mereka kepada pengiklan, agen dan klien.

Pada awal Agustus 2017, Forbes juga merilis daftar World's Most Innovative Companies dimana Unilever Indonesia berhasil menduduki peringkat ke #11. Daftar ini tidak hanya dibuat berdasarkan kemampuan perusahaan untuk berinovasi, namun juga potensi perusahaan untuk terus berinovasi lebih lanjut di masa depan. Daftar the World's Most Innovative Companies ini adalah perusahaan yang diharapkan investor untuk berinovasi sekarang dan di masa depan.

Perusahaan yang masuk ke dalam daftar World’s Most Innovative Companies ini diberi peringkat berdasarkan premi inovasi mereka, selisih antara kapitalisasi pasar, dan nilai bersih arus kas dari bisnis yang ada. Penghargaan ini tentunya akan memotivasi Unilever Indonesia untuk terus mendorong inovasi guna meningkatkan dampak sosial positif.

Dalam ajang Annual Report Award (ARA) 2016, Unilever Indonesia berhasil meraih peringkat ke-3 untuk kategori Perusahaan Swasta Non-Keuangan Listed, dari sebanyak 314 peserta yang terdiri atas 301 perusahaan umum dan 13 dana pension. ARA 2016 diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bekerjasama dengan Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, dan Kementerian Keuangan. Penghargaan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi bagi laporan tahunan terbaru perusahaan. Penilaian dilakukan berdasarkan data publik untuk mengukur keterbukaan informasi laporan tahunan yang sesuai dengan ketentuan dan pedoman yang berlaku.

Sebanyak 8 penghargaan juga diraih oleh brand-brand Unilever dalam ajang Indonesia Best Brand Award 2017 (IBBA 2017). IBBA adalah penghargaan profesional untuk brand terbaik di setiap kategori produk. Penilaian brand didasarkan pada riset konsumen yang dipilih secara acak untuk mewakili populasi. Blue Band berhasil memenangkan Indonesia Best Brand Award, Rinso memenangkan Gold Brand, sedangkan Lifebuoy (sabun), Pond’s, Pepsodent, Citra, dan Bango mendapatkan Platinum brand.

Tidak hanya itu, Unilever Indonesia juga telah menyabet 15 penghargaan dalam ajang MMA Indonesia Smarties Awards 2017 untuk brand Royco, AXE, Rexona, Clear, Pond’s, Lifebuoy, dan Wall’s. Unilever Indonesia dalam ajang ini juga berhasil meraih anugerah Marketer of the Year in Mobile 2017. MMA Smarties Awards adalah satu-satunya penghargaan global untuk mobile marketing yang bertujuan untuk mengapresiasi suatu inovasi, kreativitas, dan kesuksesan suatu kegiatan marketing.

Pada penghargaan PR of the Year 2017 oleh majalah MIX, Unilever Indonesia juga meraih penghargaan dalam kategori Best of the Best Social PR Program 2017 untuk program Blue-Band Master Oleh-oleh dan program Bango ‘Rasa Sepanjang Masa’. Kedua program ini dinilai sukses dari partisipasi aktif masyarakat Indonesia. Dalam kurun waktu dua bulan sejak program Blue Band Master Oleh-oleh diluncurkan, sebanyak 3.667 pelaku industri pastry dan bakery ikut berpartisipasi dalam program kompetisi Blue Band Master Oleh-oleh melalui microsite www.masteroleholeh.com. Animo masyarakat untuk mendukung program ini juga cukup besar, terkumpul lebih dari 160 ribu dukungan melalui microsite dan SMS.

Sedangkan untuk program Bango ‘Rasa Sepanjang Masa’, dengan digelarnya kompetisi pencarian dan pemilihan 10 start-up kuliner tradisional sebelum penyelenggaraan acara Festival Jajanan Bango, telah terkumpul lebih dari 14.000 dukungan dari seluruh wilayah Indonesia.

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top