Toggle Cari

  1. Home
  2. Berita dan Media
  3. Siaran Pers
  4. Fantastic Plastic – Kisah Sukses Young Entrepreneurs Awards

Fantastic Plastic – Kisah Sukses Young Entrepreneurs Awards

Unilever Young Entrepreneurs Awards 2017 membuka pendaftaran hingga 30 Juni. Salah satu finalis tahun 2016, Oscar Andres Mendez Gerardino berbagi dampak positif yang luar biasa dari Unilever Young Entrepreneurs Awards terhadap perusahaan daur ulang plastiknya, Conceptos Plasticos.

Di Unilever, kami menyadari bahwa inovasi memiliki peranan penting dalam menciptakan dunia di mana kehidupan berkelanjutan dapat dirasakan oleh setiap orang.

Hal inilah yang mendasari peluncuran Unilever Young Entrepreneurs Awards 2017, bekerja sama dengan University of Cambridge Institute for Sustainability Leadership (CISL) dan berkolaborasi dengan Ashoka. Unilever Young Entrepreneurs Awards 2017 mendukung para pemuda inspiratif dari seluruh dunia yang memiliki inisiatif, produk atau jasa yang berusaha mengataasi tantangan-tantangan besar dalam keberlanjutan dunia.

Kesuksesan yang diraih dalam Young Entrepreneurs Awards (YEA) dapat membuat perubahan nyata terhadap Anda, bisnis atau inisiatif yang Anda miliki dan terhadap masyarakat. Seluruh finalis kami menerima pendampingan dan hadiah finansial serta banyak yang telah menyaksikan idenya mengubah dunia.

Pada 2016, Oscar Andres Mendez Gerardino berhasil merebut hati panel kami dengan Conceptos Plasticos, perusahaan asal Kolombia miliknya dengan bisnis daur ulang plastik dan mengubahnya menjadi bahan konstruksi untuk hunian berkualitas tinggi, aman dengan biaya rendah. Setelah setahun, Oscar berbagi bagaimana pengalamannya mengubah dirinya, perusahaannya dan skena daur ulang.

Oscar, terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk berbincang dengan kami. Bagaimana perkembangan Conceptos Plasticos sejak Anda menjadi finalis YEA di 2016?

“Kami telah menggandakan kapasitas produksi dan penjualan."

Setahun terakhir bisa dikatakan sedikit gila. Hasil dari Unilever Young Entrepreneurs Awards 2016 dan berbagai publikasi media, kami mendapatkan banyak pertanyaan dan permintaan dari seluruh dunia. Kami memang sudah berbentuk bisnis, tapi dalam skala lokal dengan fokus untuk memperbaiki kota kami melalui berbagai usaha daur ulang plastik yang sulit diproses. Sejak mendapatkan penghargaan tersebut, kami mendapatkan berbagai pertanyaan dan permintaan dari Afrika Selatan, Filipina, Haiti, Nikaragua, Kosta Rika dan Lebanon. Kami telah menggandakan kapasitas produksi, meningkatkan penjualan kami dan kami bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar yang memiliki portofolio jasa di bidang daur ulang.

Bagaimana YEA membantu mempersiapkan kamu untuk kesuksesan ini?

“Bisakah kemasan plastik menjadi material tempat tinggal? Bisa, jika dibuanga dengan benar."

Pertama-tama, bimbingan yang kami terima di Cambridge membantu kami untuk mengembangkan model bisnis dan memahami peranan yang bisa kita mainkan dalam ekonomi sirkular. Bimbingan tersebut juga membantu kami mengerti proyek yang kami jalankan dalam perspektif global dan mereplikanya untuk menjadi solusi permasalahan global. Kami juga mempelajari cara bekerja dengan bank dan perusahaan besar.

Apakah Anda mendapatkan dampak yang diharapkan?

Kami telah mencapai target pertama kami, namun kami telah menetapkan target yang lebih ambisius! Banyak lokasi yang mengirimkan pertanyaan/permintaan kepada kami tidak memiliki budaya daur ulang, yang berarti mereka tidak memiliki sumber material untuk mejalankan projek kami. Berarti kami harus membuat perubahan.

Ketika Anda menikmati es krim yang berada dalam kemasan plastik, dan bertanya pada saya “apakah kemasan plastik dapat diubah menjadi dinding sebuah rumah?” Jawaban saya adalah “Ya… tapi hanya jika Anda membuang kemasan tersebut dengan cara yang benar.” Bagian dari proyek kami adalah bekerja sama dengan pemerintah untuk memperkenalkan regulasi limbah yang baru. Kami sedang melihat perkembangan di Amerika Latin, namun secara global perjalanan kami masih panjang.

Apakah pernah menghadapi kesulitan/hambatan selama setaun ke belakang?

“Pendekatan baru, jalan baru dan hubungan baru."

Selain infrastuktur daur ulang, kami juga menghadapi isu dalam membangun regulasi. Produk kami merupakan alternatif dari material bangunan tradisional. Kami menggunakan limbah plastik yang tidak memiliki nilai dan sulit di daur ulang, dan mengubahnya menjadi elemen yang menjawab kekurangan/kebutuhan hunian sambil memberdayakan komunitas masyarakat untuk membangun dan memiliki hunian sendiri. Namun konstruksi merupakan sektor tradisional dan organisasi regulator tidak berjalan beriringan dengan inovasi. Kami berusaha menjembatani hal tersebut, dengan menghadirkan proyek kami dan menunjukkan kualitas material yang kami hasilkan serta bagaimana model bisnis memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan.

Terima kasih sekali lagi Oscar, dan semoga berhasil dengan Conceptos Plasticos. Satu pertanyaan terakhir, apa saran yang akan Anda berikan untuk peserta Young Entrepreneurs Awarsds tahun ini?

Young Entrepreneurs Awards merupakan pengalaman yang unik. Para peserta harus mengambil banyak pelajaran dari setiap diskusi dan pertemuan, buka mata dan pikiran untuk menemukan pendekatan-pendekatan baru, jalan baru serta hubungan atau sinergi baru.

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini

Memanggil agen perubahan muda

Jika Anda seperti Oscar, memiliki inisiatif, produk atau jasa yang dapat menjadi solusi bagi tantangan keberlanjutan global dalam area pertanian, kesempatan untuk perempuan, limbah atau air, kami ingin mendengarnya! Berpartisipasilah dalam Unilever Young Entrepreneurs Awards sebelum 30 Juni 2017 dan kami akan membantu 8 finalis untuk mengubah dunia.

Back to top