Mempertahankan Pertumbuhan Kompetitif melalui Inovasi Berkelanjutan

Tangerang, Februari 16, 2017 – PT Unilever Indonesia Tbk (“Unilever Indonesia” atau “Perseroan”) telah mengumumkan kinerja indikatif (tidak diaudit) untuk periode tahun buku 2016. Laporan audited akan dipublikasikan oleh Perseroan pada akhir Maret 2017. Untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2016, Perseroan telah berhasil membukukan penjualan bersih lebih dari Rp 40 triliun dari Rp 36,5 triliun; meningkat 9,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan didukung oleh performa yang kuat dari kedua segmen bisnisnya – Home and Personal Care dan Food and Refreshments – yang menyumbang 69% dan 31% kepada total penjualan bersih Perseroan. Pada kuartal keempat, Home and Personal Care dan Food and Refreshment masing-masing membukukan pertumbuhan sebesar 10,8% YoY dan 12,8% YoY. Keduanya mencapai momentumnya dan menutup total topline Perseroan mendekati Rp 10 triliun, 11,4% lebih tinggi dibandingkan kuartal keempat 2015.

“Pada tahun 2016, kami telah mencapai performa keseluruhan yang baik secara kompetitif. Pencapaian ini kiranya didorong oleh inovasi-inovasi yang menopang strategi kategori Perseroan. Beberapa diantaranya adalah peluncuran dari Molto Super Sensorial dan peluncuran kembali Sunsilk yang berhasil mentransformasi performa kategori salama tahun berjalan,” ucap Tevilyan Yudhistira Rusli, Direktur Keuangan. 

Untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2016, Perseroan mencatat laba bersih pada Rp 6,4 triliun – 9,2% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Yudhistira menyampaikan “Meskipun kami melihat adanya penguatan permintaan konsumen selama tahun 2016, permintaan belum pulih pada tingkat yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, kami memiliki prioritas untuk menang bersama dengan pelanggan dan konsumen kami ditengah pasar yang menantang melalui upaya percepatan inovasi di kategori yang relevan, optimisasi proximity channel, dan peningkatan aksesibilitas produk-produk kami”

Maintaining Competitive Growth through Continuous Innovations

Tangerang, February 16, 2017 – PT Unilever Indonesia Tbk (“Unilever Indonesia” or “the Company”) has announced its indicative performance (unaudited) for full year 2016. Full audited result will be published by the end of March 2017. As of 31 December 2016, the Company succeeded to record over Rp 40 trillion of net sales; growing 9.8% compared to the same period last year of Rp 36.5 trillion.

The growth was supported by the solid performance of its two business segments, Home and Personal Care and Food and Refreshments which accounts for 69% and 31% of Company’s total net sales. For fourth quarter alone, Home and Personal Care and Food and Refreshment posted 10.8% YoY and 12.8% YoY of growth rate respectively. Both attained its momentum and bringing Company’s total topline at close to Rp 10 trillion, which was 11.4% higher than the fourth quarter of 2015.

“In 2016, we have another good all-round performance competitively. This is driven by strong innovations that support our category strategies. Few to names are the launches of Molto Super Sensorial and relaunches of Sunsilk, which have transformed categories performance during the year,” said Tevilyan Yudhistira Rusli, Finance Director.

For the years ended 31 December 2016, the Company reported Rp 6.4 trillion of net income – 9.2% higher than the same period last year. Yudhistira said, “Although we saw some strengthening of consumer demand in 2016, it has yet to recover the buoyancy of previous years. Therefore, some of our priorities will be to win with our consumers and customers amidst of challenging market by accelerating innovation in the relevant categories, optimizing proximity channel, and stepping up the accessibility of our products”.

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top