Vaseline: Cegah Kulit Dehidrasi Selama Puasa!

VSLN0653 indonesia VSLN0730 indonesia

Jakarta, 26 Mei 2016 – Ramadan merupakan salah satu momen setiap tahun yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang di Indonesia. Selain sibuk dengan berbagai persiapan jelang puasa seperti membuat hidangan berbuka puasa dan sahur serta menyiapkan perlengkapan ibadah, Vaseline mengajak perempuan Indonesia untuk juga mempersiapkan kulit agar kulit tidak ikut puasa dengan cara menggunakan body lotion Vaseline.

Kulit memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh sebab kulit merupakan organ terbesar yang melapisi tubuh dan berperan sebagai indikator kesehatan secara keseluruhan. Dikutip dari Nutrition Review karangan Ronald J. Maughan, Phillip Watson, and Susan M, seiring dengan aktivitas harian, kulit kehilangan cairan sebanyak ½ liter setiap hari yang dapat mengakibatkan kulit kering. Nah kira-kira apa yang terjadi pada kulit saat kita puasa?

Uci Rudjito, Marketing Director Skin Cleansing & Body Care PT Unilever Indonesia Tbk dalam acara Munggahan Vaseline di Jakarta (26/05), mengatakan menjelang puasa kulit juga perlu dipersiapkan. “Faktanya, saat puasa tubuh baru bisa mendapatkan cairan pada sore hari sehingga resiko kulit kering atau kulit dehidrasi menjadi lebih tinggi. Untuk itu, dibutuhkan persiapan supaya kulit tidak ikut berpuasa,” kata Uci.

dr. Melyawati Hermawan, SpKK selaku dokter spesialis kulit menjelaskan kondisi kulit yang kering dapat berujung pada kulit menjadi lebih sensitif, mudah gatal dan terluka, mudah iritasi, tampak kusam serta memiliki resiko munculnya garis halus atau penuaan dini.“Beberapa pasien yang datang ke saya mengeluhkan kulit yang gatal karena alergi, namun ternyata setelah saya periksa ternyata kulitnya kering!”

Tips Merawat Kulit saat Puasa

Beberapa cara untuk menyiasati kondisi kulit kering saat berpuasa menurut dr Melyawati adalah menghindari suhu panas, baik paparan matahari maupun mandi dengan air panas karena mempercepat penguapan air dari kulit, cukup minum dan juga menggunakan body lotion untuk memperbaiki kelembapan kulit. “Perlu dipahami bahwa minum yang cukup dibutuhkan oleh tubuh untuk hidrasi namun karena aktivitas harian kita, kita juga membutuhkan bantuan body lotion untuk mengembalikan kelembapan kulit,” ujarnya.

Selain itu, kulit yang terkena air akan kehilangan kelembapan alaminya (natural moisturizing factor). “Oleh karena itu, perlu diaplikasikan kembali body lotion setiap kali membasuh kulit dengan air misalnya pada saat setelah mandi, mencuci tangan, atau wudhu,” jelasnya lagi.

“Vaseline yang mulanya disebut sebagai wonder jelly diciptakan oleh Robert Chesebrough, seorang ahli kimia asal Inggris pada tahun 1870, terinspirasi oleh para penambang minyak yang mengolesi kulit mereka dengan sisa-sisa pengeboran untuk membantu memperbaiki luka gores atau terbakar. Selama lebih dari 140 tahun, Vaseline telah membantu memperbaiki kulit perempuan di dunia melalui berbagai varian yang dibutuhkan, termasuk kulit kering. Kini spesial di momen Ramadan, Vaseline senantiasa menemani perempuan untuk mendapatkan kulit tetap lembap meskipun sedang menjalankan puasa,” pungkas Uci.

Solusi kebutuhan untuk kulit lembap dari Vaseline juga diakui oleh Andien Aisyah, selebriti sekaligus penyanyi. Menurut perempuan aktif ini, rangkaian produk Vaseline merupakan rahasia kebutuhan kulitnya apalagi saat menjalankan puasa. “Karena tahun ini adalah puasa pertama bersama suami, banyak persiapan yang saya lakukan agar momen ini terasa semakin berkesan. Selain mempersiapkan hidangan khas Ramadan yang bernutrisi tinggi untuk sahur dan berbuka, saya juga tetap menjalankan aktivitas harian. Oleh karena itu, meski berpuasa saya tidak mengurangi aktivitas olah raga, serta memastikan asupan cairan yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu, tentunya tetap mengaplikasikan Vaseline 5 kali sehari terutama pada saat terpapar pada faktor-faktor yang menyebabkan kulit kering agar terhindar dari masalah kulit dehidrasi,” ungkapnya.

Dalam rangka persiapan menjelang puasa, Vaseline mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk mempersiapkan kebutuhan kulit dengan berpartisipasi dalam kampanye #Vaseline5Waktu untuk selalu menjaga kelembapan kulit dengan cara memakai rangkaian body lotion dari Vaseline agar kulit tetap pada kondisi terbaiknya meskipun berpuasa. “Vaseline percaya bahwa merawat kulit tubuh merupakan investasi. Oleh karena itu, jangan biarkan kulit menjadi kering saat berpuasa menjadi kering dan mengalami dehidrasi,” tutup Uci.

Back to top