Lifebuoy Hadirkan Aplikasi “Berbagi Sehat” Untuk Bantu Ibu Lindungi Kesehatan Anak


Lifebuoy Hadirkan Aplikasi

JAKARTA, 28 Januari 2016 – Lifebuoy memahami bahwa para ibu selalu ingin melindungi keluarga dari kemungkinan infeksi kuman penyakit sehingga mereka gemar mencari tahu beragam informasi akan kesehatan, baik dari internet maupun sesama ibu lainnya, untuk selangkah lebih maju dalam memberikan perlindungan kesehatan keluarga. Oleh karena itu, Lifebuoy menghadirkan aplikasi “Berbagi Sehat”.

“Aplikasi ‘Berbagi Sehat’ ini merupakan inovasi dari Lifebuoy yang diciptakan berdasarkan aspirasi dari ibu Indonesia yang membutuhkan sumber informasi untuk membantu menjaga agar anak mereka terhindar dari penyakit yang disebabkan kuman serta untuk mempermudah para ibu memperoleh berbagai informasi kesehatan anak dari sumber tepercaya yang dapat diakses kapan dan di mana pun,” kata Indriani, Senior Brand Manager Lifebuoy.

Kecenderungan para ibu untuk mencari sumber informasi kesehatan didukung oleh data dari Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan Lifebuoy terhadap 40 ibu muda di Jakarta. Dari FGD tersebut diperoleh temuan bahwa sebanyak 90% peserta melakukan observasi serta mencari tahu tentang gejala penyakit anak di internet sebelum membawa ke dokter. Terlebih lagi, sekitar 85% dari para ibu memiliki smartphone sehingga memudahkan mereka mengakses internet dan mencari informasi dengan mudah dan menjadikan kesehatan anak masuk ke dalam tiga topik teratas yang paling sering dibahas di kalangan komunitas ibu-ibu secara online.

Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua informasi yang diakses melalui internet dituliskan oleh sumber yang kompeten, tepercaya dan memiliki kredibilitas. dr. Gracecielia Piscesianita, MKK., Social Mission Relation Lifebuoy mengatakan, “Berbekal informasi dari internet yang belum tentu benar tersebut, para ibu cenderung memilih untuk menangani sendiri penyakit yang diderita anak dan jarang dari mereka yang merekam catatan medis sang anak, sedangkan ini diperlukan untuk diagnosa jika dibutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter serta upaya pencegahan di masa depan.”

Aplikasi “Berbagi Sehat” ini menjawab kebutuhan ibu dengan berbagai fitur yang dapat memberikan ragam informasi lengkap mengenai cara hidup sehat dari sumber tepercaya agar kesehatan anak terjaga, mendeteksi penyakit yang sedang mewabah di lingkungan sekitar, dan membantu para ibu merekam catatan medis anak serta menginformasikan gejala awal penyakit anak.

“Sebagai ibu, tantangan yang sering dihadapi adalah mudahnya mendapatkan banyak informasi tentang kesehatan di internet dari berbagai sumber yang belum tentu dapat dipercaya. Oleh karena itu, aplikasi ‘Berbagi Sehat’ dari Lifebuoy ini merupakan solusi yang sangat membantu saya untuk satu langkah lebih awal dalam melindungi anak dari kuman penyakit karena dihadirkan oleh sumber yang memiliki kredibilitas serta memiliki fitur lengkap untuk pencegahan dan penanganan pertama saat anak sakit,” ujar Ersa Mayori, selebriti dan ibu dua anak.

Mengenai fitur yang terdapat dalam aplikasi “Berbagi Sehat” ini, Ersa menambahkan bahwa dia sangat menyukai fiturnya yang lengkap seperti fitur Radar Gejala Penyakit yang berguna untuk mendeteksi wabah penyakit yang terdapat di lingkungan sekitar, serta fitur Diary Kesehatan yang membantu para ibu untuk merekam catatan medis anak serta mencatat gejala penyakit yang sedang diderita oleh anak.

Dalam aplikasi ini, Lifebuoy bekerja sama dengan KlikDokter.com untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai kesehatan anak, gejala penyakit dan langkah pertama untuk mengatasinya. “Melalui aplikasi ‘Berbagi Sehat’, KlikDokter.com menyediakan berbagai artikel tentang macam-macam penyakit yang sering diderita anak-anak serta tips penanganan awal serta pencegahan penyakit tersebut. Kami berharap dengan hadirnya aplikasi ini, kualitas kesehatan masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi,” kata dr. Melyarna Putri, MPH, Redaksi Medis klikdokter.com.

Ke depan, Lifebuoy sedang mengembangkan fitur di mana para ibu dapat berkonsultasi langsung dengan tim Klikdokter.com dan berbagi kesehatan dengan sesama ibu.

“Lifebuoy mengajak ibu Indonesia untuk mengunduh aplikasi ini yang bisa didapatkan secara gratis di Play Store dan berbagi sehat dengan para ibu lainnya untuk menjadikan Indonesia sehat.” Tutup Indri.

1FGD ini dilakukan kepada 40 ibu-ibu muda di Jakarta usia 25-35 tahun. 

2Global Web Index 2014, JakPat Survey 

3Data didapat dari komunitas ibu online, mommiesdaily dan urbanmama

Back to top