Bango Lanjutkan Langkah Untuk Perkuat Ekosistem Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara


Mie Rebus Bofet Sianok(Payakumbuh) Para pembicara bersamalegenda_kuliner Indonesia

Jakarta, 21 April 2016 – Kecap Bango produksi PT Unilever Indonesia Tbk, senantiasa sepenuh hati berkomitmen menjalankan misi sosial pelestarian warisan kuliner Nusantara. Atas dasar misi tersebut, melalui berbagai aktivitas dan fasilitas, Bango senantiasa menjadi katalisator bagi terbentuknya sebuah ekosistem pelestarian kuliner Nusantara. Komitmen ini salah satunya kembali dibuktikan dengan memperkaya fasilitas yang diharapkan akan menjadi wadah yang semakin memperkuat keutuhan ekosistem tersebut.

Nuning Wahyuningsih, Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia Tbk. mengatakan, “Dalam menjalankan upaya pelestarian warisan kuliner Nusantara, para legenda kuliner senantiasa menjadi mitra sekaligus inspirasi kami. Mereka memiliki peran yang sangat penting dalam pelestarian dan penyebaran kecintaan terhadap kuliner Nusantara melalui rahasia kelezatan yang mereka pertahankan dan wariskan dari generasi ke generasi – baik itu dari segi bumbu maupun teknik pengolahannya. Atas jasa mereka, sejak dulu hingga sekarang para pencinta kuliner dapat terus menikmati dan mengapresiasi hidangan tersebut karena cita rasanya begitu otentik dan terjaga kualitasnya.”

”Namun di luar hal itu, perlu disadari bahwa upaya pelestarian warisan kuliner Nusantara membutuhkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Melalui pendekatan dan kontribusi yang berbeda-beda, masing-masing pihak dapat saling mendukung dan menginspirasi sehingga warisan kuliner Nusantara dapat terus terjaga kelestariannya dari generasi ke generasi. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Bango membentuk sebuah ekosistem dengan merangkul berbagai pihak, dari mulai para legenda kuliner, komunitas pecinta kuliner, bahkan para ibu di rumah,” lanjut Nuning.

Bango sangat bangga melihat bahwa dewasa ini gairah masyarakat Indonesia untuk mengenali dan mencicipi ragam kekayaan kuliner Nusantara sudah semakin terasa. Salahsatunya terlihat dari semakin banyaknya komunitas pecinta kuliner yang aktif mencari dan berbagi informasi mengenai aneka kuliner tradisional yang otentik. Untuk itu, Bango terus mendukung semangat ini sehingga kecintaan terhadap warisan kuliner Nusantara terus tersebar dan akhirnya timbul dorongan untuk ikut berperan aktif melestarikannya.

Selain itu, perlu digarisbawahi bahwa para ibu juga menjadi bagian penting dari ekosistem pelestarian kuliner Nusantara. Hal ini disetujui oleh Nirina Zubir, selebriti sekaligus penggemar kelezatan kuliner Nusantara. Ia berujar, “Beranjak dari minat yang begitu besar untuk menelusuri ragam kekayaan kuliner Nusantara, saya ingin mewariskan kecintaan ini kepada anak-anak saya. Saya menyadari bahwa mereka adalah bagian dari generasi penerus yang akan turut menentukan eksistensi dan keberlangsungan kekayaan kuliner Nusantara.”

“Oleh karena itu, saya mulai memperkenalkan mereka dengan bermacam hidangan tradisional, misalnya dengan mengajak mereka mencicipi lezatnya hidangan para legenda kuliner di berbagai kesempatan. Lebih jauh dari itu, sebenarnya saya juga sangat ingin menyajikan kelezatan yang sama di rumah. Untuk itu tentunya saya memerlukan sebanyak mungkin inspirasi,” sambung Nirina.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Bango kini memperkaya fasilitas yang dapat memberikan inspirasi mengenai betapa kayanya kuliner Nusantara, yaitu berupa mobile site yang akan memuat begitu banyak resep dan teknik masak rahasia dari para legenda kuliner. Dalam pembuatannya, Bango langsung merangkul para legenda kuliner selaku mitra pelestarian warisan kuliner Nusantara untuk berbagi rahasia resep dan teknik masak yang mereka miliki sehingga hidangan mereka semakin dikenal dan terjaga kelestariannya.

Dengan adanya mobile site ini, selain menambah pengetahuan, hidangan tradisional juga akan lebih sering tersaji di rumah karena para ibu dapat lebih terinspirasi dalam mengolahnya. Pada akhirnya, semangat pelestarian warisan kuliner Nusantara dapat tumbuh dalam setiap keluarga Indonesia.

Nirina berkomentar, “Saya sangat mengapresiasi lahirnya inovasi ini, karena dapat menjadi jembatan antara pengetahuan dan keahlian para legenda kuliner Nusantara dengan kebutuhan ibu untuk menghidangkan kuliner Nusantara di rumah. Apalagi karena para ibu sekarang sudah semakin familiar dan dekat dengan dunia digital, kami dapat mengaksesnya dengan mudah kapanpun dan di manapun. Bangga sekali rasanya bisa ikut berperan aktif sebagai duta pelestari kuliner Nusantara!”

Selain berbagi rahasia kelezatan dari para legenda kuliner, melalui mobile site ini Bango juga akan langsung merangkul beberapa komunitas secara offline untuk melakukan ragam kegiatan yang inspiratif, seperti: bloggers gathering, acara masak bersama komunitas masak, dan lainnya.

“Kedepannya, kami akan secara rutin berhubungan dengan para pengunjung mobile site ini, misalnya melalui berbagai bentuk interaksi yang akan sangat berguna bagi Bango untuk menentukan langkah-langkah paling efektif dalam memajukan semangat pelestarian warisan kuliner Nusantara. Pada akhirnya, Bango berharap mobile site ini akan menjadi ‘rumah’ yang begitu informatif dan inspiratif yang akan semakin memperkuat ekosistem pelestarian kuliner Nusantara,” tutup Nuning.

-selesai-

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top