Toggle Cari

  1. Home
  2. ...
  3. Siaran Pers
  4. PT Unilever Indonesia Tbk. Raih Beragam Penghargaan Melalui Program Berkelanjutan dan Inovasinya

PT Unilever Indonesia Tbk. Raih Beragam Penghargaan Melalui Program Berkelanjutan dan Inovasinya

PT Unilever Indonesia Tbk. berhasil meraih beragam penghargaan yang diberikan oleh tiga institusi berbeda melalui program berkelanjutan serta inovasi yang dilakukan oleh perusahaan. Empat penghargaan diterima Unilever dari Finance Asia Asia's Best Companies Poll 2016, dua penghargaan dari Sustainable Business Awards Indonesia 2016 dan dua penghargaan dari Warta Ekonomi. Selain itu, dilansir oleh Forbes, PT Unilever Indonesia Tbk juga dinobatkan sebagai salah satu best of the best company tahun 2016.

Maria Dewantini Dwianto selaku Head of Corporate Communications Unilever Indonesia menyatakan, “Kami merasa senang sekali atas apresiasi yang diberikan kepada kami. Selain komitmen untuk terus berinovasi menciptakan produk-produk yang terbaik untuk konsumen kami, kami juga memiliki komitmen yang sangat kuat untuk terus merancang dan melaksanakan program berkelanjutan yang memiliki manfaat sosial bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan tujuan bisnis kami yang tertuang dalam Unilever Sustainable Living Plan, sebuah strategi untuk meningkatkan bisnisnya dua kali lipat seraya mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan dan meningkatkan manfaat sosial bagi masyarakat”.

Upaya Unilever Indonesia dalam meningkatkan manfaat sosial bagi masyarakat membawa Unilever Indonesia terpilih sebagai perusahaan nomor satu untuk kategori Corporate Social Responsibility versi Finance Asia Asia's Best Companies Poll 2016. Selain itu, peringkat ke-empat juga diraih Unilever Indonesia untuk kategori Corporate Governance, peringkat ke-tujuh untuk kategori Investor Relations serta dan peringkat ke-delapan untuk kategori Best Managed Companies. Best Companies Poll merupakan jajak pendapat tahunan untuk mencari perusahaan-perusahaan terbaik di Asia yang diadakan oleh Finance Asia.

Di waktu yang bersamaan, pada Sustainable Business Awards Indonesia 2016, Unilever Indonesia juga meraih dua penghargaan di kategori Business Responsibility & Ethics and Stakeholder Engagement serta kategori Overall Winner Award. Penghargaan ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan praktek bisnis yang berkelanjutan dan menunjukkan bagaimana bisnis berkelanjutan dapat menguntungkan perusahaan serta lingkungan. 

Selain itu, Warta Ekonomi juga memberikan dua penghargaan kepada Unilever Indonesia sebagai perusahaan terbaik di kategori Social Business Innovation Company 2016 dan kategori Green CEO yang diberikan kepada Hemant Bakshi selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia. Lebih lanjut, Unilever Indonesia juga disebut sebagai salah satu perusahaan terbaik di 2016 versi majalah Forbes. Unilever Indonesia bersanding dengan berbagai perusahaan lainnya yang dinilai berdasarkan kinerja perusahaan.

“Kami telah berada di Indonesia selama 82 tahun, dan keberadaan kami tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, baik konsumen kami maupun pihak-pihak lain seperti media, pemerintah, LSM dan juga partner kami yang terkait dalam operasi bisnis kami. Apresiasi ini mendorong kami untuk terus melakukan upaya-upaya yang terbaik tidak hanya baik untuk bisnis kami tetapi juga manfaatnya untuk lingkungan dan masyarakat Indonesia” tutup Maria.

Unilever Indonesia Raih Dua Penghargaan Indonesia PR of The Year 2016 dan Tiga Penghargaan CECT CSR Awards 2016

Indonesia PR of the Year 2016 Indonesia PR of the Year 2016 2

Unilever Indonesia meraih dua penghargaan dalam ajang Malam Penganugerahan Indonesia PR Of The Year 2016 yang digelar oleh majalah MIX Marketing Communications. Kedua penghargaan tersebut adalah Best of The Best Social PR Program untuk program “Bango Diplomasi Kuliner Nusantara” (kategori Social PR Program) dan sebagai Best Corporate Communications Team untuk kategori Consumer Goods Industry. Piagam penghargaan diterima oleh Maria Dewantini Dwianto selaku Head of Corporate Communication PT Unilever Indonesia Tbk.

Selain itu, Unilever Indonesia juga meraih tiga penghargaan dalam ajang CECT CSR Awards, yaitu Special Achievement - Creating Sustainable Partnership: Community Enterprise; CSR Performance in Each Fundamental Aspect: Community Development; dan CSR Performance Based on Overall Fundamental Aspects

CECT (Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector) adalah pusat studi dibawah Universitas Trisakti dan juga berfungsi sebagai konsultan CSR di Jakarta. Tujuan utama dari CECT CSR Awards ini adalah untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang mempunyai kinerja CSR yang baik berdasarkan ISO 26000, yakni standar panduan pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility). Penilaian dalam award ini merupakan hasil murni penelitian riset CECT Universitas Trisakti, menggunakan metode penelitian dengan standar internasional yang kredibel menggunakan tools ISO 26000 dan dianalisa berdasarkan data dari informasi publik yang tersedia, seperti: Laporan Tahunan Perusahaan, Laporan Keberlanjutan Perusahaan dan informasi yang tersedia di publik.

Salah satu aspek yang menonjol dari CECT CSR Awards adalah alat baru untuk mengukur “Kinerja CSR Perusahaan” berdasarkan ISO 26000. Oleh karena itu, penekanan yang cukup berbeda dari kinerja tata kelola perusahaan. Aspek lain dari keberlanjutan digunakan dalam analisis adalah lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top