Toggle Cari

  1. Home
  2. ...
  3. Siaran Pers
  4. Unilever Kembali Ajak Konsumen Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Melalui Kampanye brightFuture

Unilever Kembali Ajak Konsumen Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Melalui Kampanye brightFuture

Kampanye brightFuture Gandeng Blibli.com untuk Program Edukasi Kesehatan, Lingkungan dan Pemberdayaan Komunitas

Selamat Tinggal Dunia Lama Pembicara Selamat Tinggal Dunia Lama Peserta

Jakarta, 17 Desember 2016 – Pahami  pentingnya membangun dunia yang baik demi masa depan generasi mendatang, Unilever melalui kampanye brightFuture yang mengusung tema “Selamat Tinggal Dunia Lama” bermitra dengan Blibli.com mengajak konsumen untuk melakukan hal nyata untuk membangun masa depan yang cerah.

Sancoyo Antarikso, Governance and Corporate Affairs Director & Corporate Secretary, PT Unilever Indonesia Tbk., mengungkapkan, “Kampanye brightFuture merupakan salah satu pengejawantahan dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP), yang merupakan strategi kami dalam menumbuhkan bisnis seraya mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari bisnis kami serta meningkatkan manfaat sosial positif untuk masyarakat. 

"Tahun ini brightFuture mengusung tema “Selamat Tinggal Dunia Lama”. Intinya, kami ingin mengajak masyakarat untuk meninggalkan cara pandang pesimistis mengenai dunia kita saat ini yang penuh dengan masalah; dan bersama-sama membangun dunia baru yang lebih baik, khususnya bagi anak-anak kita. Dunia tempat anak bisa tumbuh di lingkungan yang lestari dan sehat serta menjalani masa kecilnya dengan gembira.”

Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk., menjelaskan lebih lanjut, “Pemilihan produk yang digunakan sehari-hari dan gaya hidup konsumen adalah dua hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan seperti apa dunia kita di masa yang akan datang. Kami percaya kekuatan konsumen dan brand-brand kami akan mampu membuat perubahan positif bagi generasi mendatang.”

Berita baiknya, ungkap Maria – atau biasa dipanggil Mia -, adalah hasil penelitian terbaru Unilever Global menunjukkan bahwa 54% konsumen mau memilih produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki misi sosial. Selain manfaat, harga, dan kualitas, konsumen menginginkan produk yang membuat mereka merasa ikut terlibat dalam sebuah tujuan yang mulia. Dengan banyaknya jumlah konsumen yang memiliki kesadaran ini, berarti sebetulnya langkah menuju dunia baru yang lebih cerah sudah dimulai saat ini; dan dunia yang lama akan segera berubah.

Untuk mengajak konsumen berpartisipasi secara langsung, Unilever menggandeng Blibli.com untuk mengedukasi konsumen melalui program kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 Kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar). Program yang dijalankan dengan Blibli.com tidak hanya mengajak peran aktif masyarakat dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat dan gembira lewat ranah digital. Namun juga menggandeng komunitas dan pemerintah di sekitar taman bermain umum untuk memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang kami bangun. Tentunya fasilitas yang sudah ada bisa dimanfaatkan dengan baik bila komunitas setempat ikut merawat

Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com mengutarakan, Blibli.com menyambut baik program Unilever-brightFuture yang memberikan kehidupan lebih baik bagi generasi masa depan. "Ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk memberikan kehidupan lebih baik sesuai gaya hidup konsumen. Kami juga melihat belanja online menjadi solusi bagi masyarakat khususnya yang tinggal di kota-kota besar, terlebih bagi ibu-ibu modern belanja online bisa memudahkan belanja bulanan tanpa ke luar rumah dan tetap kumpul bersama keluarga." ujar Lani.

Selain menggandeng komunitas setempat untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan taman, kerjasama Unilever dengan Blibli.com ini juga mengusung program edukasi seputar kesehatan, lingkungan, dan bijak dalam berbelanja online yang ditujukan untuk para ibu, dengan menggerakkan generasi muda seperti mencuci tangan memakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, mengetahui pentingnya sarapan bergizi, ditambah dengan cara menjaga toilet agar tetap bersih, bermain di luar ruang, memilah sampah, serta bijak dalam berbelanja online.

Belanja online adalah hasil dari perkembangan teknologi, di mana bisa menjadi pisau bermata dua jika kita tidak mengetahui "aturan mainnya". Blibli.com akan berbagi tips untuk para Ibu, bagaimana belanja bijak, cermat, aman dan tetap menyenangkan. Mulai dari data – data pribadi yang boleh dibagi, memilih pembayaran yang aman, memilih produk – produk yang berkualitas dan keuntungan dalam belanja online.

Psikolog Retno Dewanti Purba dari SAUH Psychological Services, mengatakan “Pemberdayaan komunitas di era sekarang ini sangatlah tepat. Komunitas sebagai saluran yang menterjemahkan gerakan sosial menjadi sebuah aksi dan yang menjadi pengikat suatu komunitas adalah kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan sosial. Melalui kaborasi dengan banyak pihak yang relevan sangatlah diperlukan agar tujuan dari kampanye brightFuture bisa mengikutsertakan sebanyak mungkin orang.”

Kampanye brightFuture bersama Blibli.com yang berlangsung mulai 1 Desember 2016 sampai dengan 31 Desember 2016. Selama masa periode kampanye ini, setiap pembelian produk Unilever tertentu yakni; Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band, Domestos, Vixal dan Rinso di Blibli.com, konsumen secara otomatis turut mendonasikan Rp. 1.000,- untuk program edukasi  kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di arena taman bermain.

Retno menambahkan, “Taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik akan memungkinkan (enabling) anak untuk beraktivitas dan mengembangkan diri secara optimal. Mempromosikan dan mendorong perilaku bermain yang menyenangkan adalah hal yang esensial untuk hidup yang membahagiakan dan masa depan yang lebih cerah. Pembentukan kebiasaan baik bagi anak-anak melalui pembelajaran sosial.”

Dari program edukasi yang dilaksanakan, diharapkan komunitas dapat memelihara taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik, memanfaatkan taman bermain untuk beraktivitas sambil mengeksplor sarana edukasi yang ada di taman, dan juga menerapkan perilaku hidup bersih, sehat dan bijak dalam berbelanja online.

“Kami berharap kampanye brightFuture ‘Selamat Tinggal Dunia Lama’ dapat menggugah semakin banyak pihak lagi untuk memiliki kesadaran dan kepedulian yang sama serta mulai melakukan tindakan nyata untuk kehidupan yang lebih baik. Serta kerjasama kami dengan Blibli.com menginspirasi komunitas yang lebih luas dalam perilaku hidup bersih dan sehat, juga bijak dalam belanja online. Setiap tindakan, sekecil apapun, bila dilakukan bersama-sama secara konsisten, niscaya akan bisa membuat perubahan besar,” tutup Mia.

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top