• Home
  • Berita dan Media
  • Siaran Pers
  • Unilever Bersama United Nation World Food Programme menyediakan satu juta porsi Makanan Tambahan Anak Sekolah Pada Hari Pangan Sedunia

Unilever Bersama United Nation World Food Programme menyediakan satu juta porsi Makanan Tambahan Anak Sekolah Pada Hari Pangan Sedunia

Unilever melalui Royco bekerjasama dengan United Nation World Food Programme (UN-WFP) dalam upaya memberantas kelaparan melalui program Home Grown School Meals (Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah Pangan Lokal).

Jakarta, 15 Oktober 2014 - Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober, Unilever melalui Royco bekerjasama dengan United Nation World Food Programme (UN-WFP) dalam upaya memberantas kelaparan melalui program Home Grown School Meals (Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah Pangan Lokal) dengan menyediakan satu juta porsi makanan tambahan anak sekolah untuk Indonesia, Filipina dan Kenya dan mengajak serta masyarakat untuk turut mendukung kemitraan Unilever dan UN-WFP dengan cara menyatakan dukungannya melalui website resmi UN-WFP yaitu http://www.wfp.org/pledge .

Paul Polman, CEO Unilever menyatakan “Meningkatkan penghidupan dan dampak sosial yang positif merupakan elemen kunci dalam program Sustainable Living Plan kami; yang meliputi tanggung jawab kami dalam menyelesaikan masalah global seperti ketahanan pangan dan penanggulangan kemiskinan. Kemitraan antara Unilever dan UN-WFP pada Hari Pangan Sedunia, merupakan prakarsa yang akan membantu untuk memotori perubahan jangka panjang yang positif, dan memberi akses pada anak-anak untuk memperoleh makanan bergizi untuk bantu mengembangkan potensi kehidupan mereka sepenuhnya”.

Di dunia, 45% atau 3,1 juta setiap tahunnya anak-anak usia di bawah lima tahun meninggal karena gizi buruk. Satu dari enam anak – sekitar 100 juta – di negara berkembang di dunia, berada pada kondisi berat badan kurang. Satu dari empat anak-anak di dunia pertumbuhannya tidak normal. Sementara persoalan yang terjadi di Indonesia lebih kepada kurangnya asupan makanan di pagi hari (sarapan). Sekitar 20% - 40% anak Indonesia tidak terbiasa sarapan dan sekitar 69.6% anak Indonesia belum mendapatkan asupan makan pagi yang bernutrisi. Melihat fakta yang ada, masih banyak anak sekolah yang mengalami rasa lapar sementara atau biasa di sebut short term hunger.

Lebih lanjut Asep Haekal, Senior Brand Manager Royco PT. Unilever Indonesia, Tbk menyatakan “Unilever percaya, bahwa setiap anak berhak mendapatkan nutrisi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya. Untuk itu, pada Hari Pangan Sedunia tahun ini, Unilever melalui Royco akan membantu memberantas kelaparan dan menyediakan makanan bergizi yang dapat dijangkau lebih banyak orang, dengan menyediakan satu juta porsi makanan tambahan anak sekolah bagi anak-anak yang membutuhkan. Melalui program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah Pangan Lokal masalah rasa lapar sementara dapat diatasi.

Lebih lanjut Haekal menjelaskan bahwa kemitraan antara Unilever Indonesia dan UN-WFP dalam upaya memberantas kelaparan sudah terjalin semenjak tahun 2007 hingga saat ini. Tercatat hingga bulan Juli 2013 melalui projek Laser Beam sebanyak 10.000 anak-anak di 51 sekolah mendapatkan makanan tiga kali dalam seminggu melalui program Local Food Based School Meals [makanan sekolah berbasis makanan lokal]. Program ini juga mendorong guru-guru dan petani lokal, sebanyak 1.384 guru dan anggota kelompok memasak diberi pelatihan bagaimana menyiapkan makanan tambahan anak sekolah pangan lokal yang bergizi, bernutrisi dan higienis. Selain itu 100 persen jagung dan kacang yang dimasak dibeli dari petani lokal. Makanan tambahan ini tidak hanya bergizi yang lebih baik bagi anak sekolah, tapi juga merupakan insentif untuk hadir di kelas dan mendapatkan pendidikan untuk masa depan yang lebih cerah.

“Kami berharap kemitraan antara Unilever Indonesia melalui Royco dan UN-WFP akan bisa memberikan dampak yang positif dalam upaya memberantas kelaparan, khususnya di Indonesia. Untuk itu kami mengajak masyarakat Indonesia untuk turut mendukung program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah Pangan Lokal dengan cara menyatakan dukungannya di website resmi UN-WFP yaitu http://www.wfp.org/pledge ”, tutup Haekal.

Indonesia

Graha Unilever
Jl. Jend. Gatot Subroto kav.15
Jakarta – 12930

www.unilever.co.id

+6221-5299 5299

Back to top