Unilever Food Solutions mengadakan program edukasi “Chefmanship Academy: keamanan pangan”

51% dari outlet HoReKa (hotel, restoran dan kafetaria) tidak memenuhi standar keamanan pangan.

Jakarta, 11 Desember 2013 – Hari ini, Unilever Food Solutions bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan khususnya Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia memfasilitasi operator rumah makan bertaraf sederhana dengan mengadakan program edukasi melalui pelatihan komprehensif mengenai keamanan pangan. Program ini bertujuan untuk menyadarkan sekaligus meningkatkan keahlian para operator dalam menjaga keamanan makanan.

Adam Djokovic selaku Managing Director Unilever Food Solutions Indonesia, menjelaskan, “Chefmanship Academy merupakan salah satu pelayanan yang dipersiapkan oleh Unilever Food Solutions untuk membantu para konsumennya mengembangkan bisnis yang lebih sukses dan menata dapur secara lebih efisien. Topik yang disiapkan dalam Chefmanship Academy pertama kali ini adalah keamanan pangan atau food safety. Topik ini diangkat karena kebutuhan yang tinggi, terutama bagi rumah makan bertaraf sederhana yang kurang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam permasalahan keamanan pangan.”

Menurut laporan World Health Organization (WHO) tahun 2007, secara global terjadi 1.5 milyar gangguan kesehatan karena makanan (foodborne disease), 3 juta di antaranya meninggal tiap tahun dengan jumlah yang cenderung meningkat. Sedangkan data pada 2009 menyebutkan, Indonesia masih menjadi 10 negara tertinggi dengan pasien diare yang akhirnya meninggal. Data dari BPOM juga melengkapi pentingnya permasalahan ini, karena ternyata 51% dari outlet HoReKa (hotel, restoran dan kafetaria) tidak memenuhi standar keamanan pangan.

Cakupan keamanan pangan sangat luas, meliputi berbagai aspek mulai dari proses produksi, pengolahan, penyimpanan, transportasi hingga pangan tersebut sampai ke tangan konsumen. Kemitraan antara Unilever Food Solutions selaku sektor swasta dengan pemerintah ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi keamanan pangan yang kompleks dengan cara yang sederhana sehingga mudah untuk dimengerti dan diaplikasikan oleh para operator jasa makanan di Indonesia.

Nantinya, seluruh peserta yang mengikuti seminar akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda kehadiran yang juga didukung oleh Kementerian Kesehatan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia.

Chef Vindex Tengker selaku Brand Ambassador Unilever Food Solutions, mengatakan, ”Selain harus menyajikan hidangan kreatif dengan cita rasa yang lezat, tantangan yang dihadapi chef juga adalah menyadari adanya bahaya keracunan makanan; maka dari itu makanan harus dijaga sesuai standar tertinggi dengan mengutamakan keamanan pangan.”

Dalam seminar ini, Unilever Food Solutions ingin menyuarakan keamanan pangan dalam lima langkah mudah yang dapat memberikan perbedaan besar, diadaptasi dari BPOM dan WHO, antara lain:

  1. Jagalah kebersihan diri, terutama tangan, area dapur dan peralatan masak
  2. Pisahkan pangan mentah dari pangan matang
  3. Masaklah dengan benar
  4. Jagalah pangan pada suhu aman
  5. Gunakan air bersih dan bahan baku yang aman

“Menjaga kemanan pangan sebenarnya bukan hal yang sulit, namun memang operator harus disiplin dalam menerapkan lima langkah mudah tersebut, karena ini merupakan hal dasar yang harus diperhatikan oleh operator pada saat menyiapkan pangan untuk mengindari kontaminasi dari bakteri serta mikroba yang berbahaya,” tambah Chef Vindex.

Bagi para operator yang tidak dapat menghadiri seminar “Chefmanship Academy: Keamanan Pangan”, tetap dapat memperoleh buku yang menjelaskan secara menyeluruh mengenai keamanan pangan dalam lima langkah mudah melalui situs Unilever Food Solutions di ufs.com atau dapat menghubungi hotline di 021-92514399 atau 08891403955.

“Diharapkan, dengan semakin pahamnya operator terhadap keamanan pangan, baik kesehatan serta kepuasan pelanggan dapat terjamin, dan pada akhirnya membawa bisnis menjadi lebih sukses lagi,” tutup Adam.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top