• Home
  • Berita dan Media
  • Siaran Pers
  • Tiga aksi karyawan Unilever Indonesia: pengurangan penggunaan kertas, pengurangan penggunaan listrik, dan pengurangan penggunaan air

Tiga aksi karyawan Unilever Indonesia: pengurangan penggunaan kertas, pengurangan penggunaan listrik, dan pengurangan penggunaan air

Tiga aksi karyawan Unilever Indonesia: pengurangan penggunaan kertas, pengurangan penggunaan listrik, dan pengurangan penggunaan air demi tempat kerja dan rumah yang lebih hijau.

Jakarta, 17 Juli 2013 – PT Unilever Indonesia, Tbk. menyelenggarakan kampanye ‘Smarter Greener Living’, program yang melibatkan karyawan untuk secara aktif membantu mengurangi dampak lingkungan dengan fokus pada tiga (3) aksi yaitu: pengurangan penggunaan kertas; pengurangan penggunaan listrik; dan pengurangan penggunaan air.

Melalui kampanye ‘Smarter Greener Living’, selama lima bulan ini telah menjangkau kurang lebih 6.000 karyawan Unilever Indonesia di 33 site (3 kantor pusat, 8 pabrik, 21 kantor perwakilan penjualan). Kampanye yang dilakukan dengan cara kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori kelompok (ECO Team) dan kategori personal.

Ainul Yaqin, Direktur Foods PT Unilever Indonesia, Tbk. yang dalam kampanye ini berperan sebagai Ketua Komite Environment Sustainability (CHSHEC ES) mengatakan, “Berbagai inisiatif Smarter Greener Living untuk mengurangi penggunaan air, listrik, dan kertas telah dilakukan oleh karyawan kami. Sebanyak 22 ECO Team dan 22 sites di seluruh Unilever Indonesia telah dengan begitu gigih melaksanakan inisiatif-inisiatif ‘Smarter Greener Living’ di site masing-masing dan telah membuahkan hasil untuk mengurangi pemakaian listrik, air, maupun kertas. Saya bangga sekali, bahwasanya upaya untuk mengurangi dampak lingkungan ini juga didukung penuh oleh karyawan Unilever”.

Di Kantor Pusat contohnya, ECO Team telah melakukan aksi inspiratifnya dengan menggunakan kembali air limbah (grey water), dengan demikian mampu melakukan penghematan penggunaan air bersih hingga hampir 50%. Untuk menghemat penggunaan kertas, mereka mengedukasi para karyawan melalui lomba karya Eco Note, yakni menggunakan kembali kertas bekas pakai menjadi sebuah buku catatan yang unik.

Seperti tidak mau kalah dengan site Kantor Pusat, di site di Makassar, untuk menghemat penggunaan listrik, ECO Team salah satunya melakukan aksi mematikan AC pantry, dengan membuka tirai pada siang hari sehingga tidak perlu menyalakan lampu. Aksi ini sedikitnya mampu mengurangi pemakaian listrik hingga 0,66% setiap bulannya.

Di pabrik Rungkut, Surabaya, air limbah pabrik ditampung untuk digunakan sebagai menyiram toilet dan juga penggunaan air hasil proses Waste Water Treatment Process (WWTP), hingga mampu melakukan penghematan tagihan air hingga 20%.

Di pabrik es krim Unilever di Cikarang, sejak April 2013 lampu-lampu TLD 36 watt diganti menjadi LED 18 watt di sebagian area site. Hasil yang dicapai adalah mampu menghemat penggunaan listrik hingga 50%.

Tidak hanya inisiatif dari ECO Team, banyak sekali inisiatif dari individual karyawan yang masuk ke panitia. Banyak dari mereka yang berhasil memangkas biaya pengeluaran air dan listrik di rumah masing-masing. Pencapaian-pencapaian ini membuktikan bahwa aksi ‘Smarter Greener Living’ memang selain dapat mengurangi dampak lingkungan, juga dapat berkontribusi terhadap bisnis dan juga terhadap kehidupan personal,” ungkap Ainul Yaqin.

Kampanye ‘Smarter Greener Living’ merupakan kampanye Unilever Global dan bagian dari strategi Unilever Sustainable Living Plan (USLP), khususnya pada pilar Lingkungan. Ada tiga tujuan utama yang ingin dicapai dalam strategi ini pada tahun 2020, yakni 1) membantu lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka, 2) memasok 100% bahan baku pertanian dari sumber yang sustainable, dan 3) menurunkan sampai separuh dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh operasi dan produk Unilever di seluruh rantai nilainya. “Kampanye ‘Smarter Greener Living’ ini merupakan langkah awal. Yang justru sangat penting adalah keterlibatan kita sebagai individual kedepannya agar mempunyai kesadaran pribadi baik di pekerjaan dan di rumah untuk terus menerapkan Sustainable Living, yaitu perilaku peduli terhadap lingkungan kita,” tutup Ainul Yaqin.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top