• Home
  • Berita dan Media
  • Siaran Pers
  • Kader kesehatan gigi dari TK Pertiwi kabupaten Kuningan, Jawa Barat terpilih sebagai pemenang School Program Pepsodent 2012

Kader kesehatan gigi dari TK Pertiwi kabupaten Kuningan, Jawa Barat terpilih sebagai pemenang School Program Pepsodent 2012

Lebih dari delapan juta anak yang tersebar di 65 kota di Indonesia telah dijangkau melalui kegiatan school program, dari TK, SD dan Posyandu diseluruh Indonesia untuk mengedukasi siswa TK, SD dan PAUD sebagai target utama.

Hari ini, bukti komitmen Pepsodent dalam meningkatkan kesadaran masyarakat yang berkelanjutan dibuktikan dengan berkunjung ke TK Pertiwi di daerah Kuningan, Jawa Barat untuk memberikan apresiasi terhadap kader pemenang School Program Pepsodent2012 yaitu Ibu Sri Sugiyarni, guru sekolah TK Pertiwi. Dalam kunjungannya program kali ini, Pepsodent juga memberikan fasilitas menyikat gigi dan cuci tangan di sekolah tersebut.

“Kegiatan School Program menciptakan sarana bagi anak-anak untuk mendapatkan edukasi yang tepat untuk memelihara kesehatan giginya terutama cara menyikat gigi dengan cara yang benar di waktu yang tepat. Program ke sekolah-sekolah ini dikemas dengan cara Pepsodent yaitu mengajarkan, menunjukkan dan melakukan (tell, show and do) sikat gigi dengan cara yang menyenangkan”, ujar Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, Professional Manager Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk.,

Menurut data dari Dinas Kesehatan Jabar, jumlah anak SD di wilayah Jawa Barat yang memerlukan perawatan gigi mencapai 10.000 anak namun hanya kira-kira 10% yang bisa ditangani. Hal ini disebabkan kurangnya jumlah tenaga dan fasilitas kesehatan gigi. Dari 37 Puskesmas yang ada di kabupaten Kuningan, baru 13 Puskesmas yang dapat melaksanakan tindakan pelayanan medik gigi. Adapun dari 13 Puskesmas yang melaksanakan pelayanan medik tidak semuanya dilakukan oleh dokter gigi yaitu sebagiannya dilakukan oleh perawat gigi.

Melihat fakta tersebut, terlihat upaya pencegahan lebih baik dan lebih mudah daripada mengobati. Pencegahan penyakit gigi dan mulut sangat mudah, dengan menyikat gigi minimal 2 kali di waktu yang tepat, pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur, terbukti mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang sebanyak 50%. Situasi ini makin membuat Pepsodent terus melakukan upaya edukasi dan pemberdayaan masyarakat demi baiknya kesehatan giginya masyarakat. Di Jawa Barat misalnya, School ProgramPepsodent dilakukan bersama dengan Poltekes dan PDGI Pengurus Wilayah Jabar melakukan pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut sejak tahun 2008. Kader kesehatan berperan sebagai agen perubahan untuk menciptakan perubahan mulai dari lingkungan terkecil; keluarga, sekolah dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga berguna untuk membangun partisipasi aktif individu dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

Melalui School Program yang dilakukan bersama Poltekkes Jabar, jumlah anak di Jawa Barat yang mendapat edukasi dan pemeriksaan program kesehatan gigi telah berhasil menjangkau hampir 3 juta anak. Adapun khusus untuk Kabupaten Kuningan jumlah anak yang dijangkau berjumlah lebih dari 60.000 anak. Sementara jumlah kader binaan tercatat sekitar 6.500 orang di 23 kabupaten/kota dengan presentasi perbandingan, sebagai berikut: 50% kader guru SD, 25% kader guru TK, dan 25% kader Posyandu.

Dewi Sodja Laela,drg.,M.Kes. Ketua Program Studi D3 Keperawatan Gigi,Politeknik KesehatanBandungmenyampaikan, “Kader kesehatan yang merupakan orang-orang yang dekat dan dipercaya oleh masyarakat memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut. Melalui edukasi dan sosialisasi yang dilakukan secara berkesinambungan oleh para kader kesehatan, diharapkan akan membuat masyarakat peduli dan mandiri dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.”

Kader kesehatan gigi Pepsodent berperan untuk membagi informasi dan menjadi role model untuk masyarakat di lingkungannnya seperti Ibu Sri Sugiyarni. Beliau yang biasa dipanggil Ibu Arni, sehari-hari berprofesi menjadi guru di TK Pertiwi, Kuningan, Jawa Barat adalah pemenang Kader Kesehatan Gigi Pepsodent tahun 2012. Ibu Arni menerapkan cara pengajaran yang unik menggunakan boneka binatang untuk membuat anak-anak gemar menyikat gigi. Melalui aneka jenis boneka binatang tersebut pesan-pesan tentang kesehatan gigi dan mulut disampaikan seperti mendongeng dengan mengeluarkan suara lucu seperti layaknya suara binatang.

Dalam lingkup yang lebih luas, Tasya Kamilla—bintang iklan Pepsodent yang juga menjadi Duta Konsumen Cerdas juga terpanggil untuk mengajak masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini dan cerdas dalam memilih produk yang akan digunakan. Jadilah pengawas mandiri untuk produk yang beredar. Tasya sudah menjadi kader kesehatan gigi sejak kecil melalui iklan yang dibintangi dan sekarang Tasya kembali menjadi bintang iklan Pepsodent, untuk membuktikan senyum sehat yang dimilikinya dulu, kini dan nanti.

Setiap tahunnya, School Program memberikan apresiasi kepada kader berprestasi dan juga sekolah binaannya untuk meningkatkan semangat mereka. Melalui role model seperti Ibu Arni dan Tasya, kami berharap akan muncul lebih banyak lagi kader kesehatan gigi di Indonesia sehingga sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut makin tersebar luas dan kesehatan gigi masyarakat akan meningkat, ujar drg. Mirah menutup keterangan persnya.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top