Mari ciptakan rumah yang sempurna

Unilever Indonesia bekerjasama dengan Bintaro Jaya mengajak masyarakat untuk menyadari bahwa sebuah rumah butuh perawatan dari para penghuninya.

Jakarta, 14 Juni 2012 – Setiap orang tentunya menginginkan rumah tinggalnya terlihat dan terasa sempurna baik untuk dirinya sendiri maupun untuk segenap penghuni dan lingkungannya. Rumah sehat dan sempurna tidak harus berwujud rumah mewah yang besar, tetapi rumah yang sederhana yang memiliki estetika rumah sehat dan layak huni.

Unilever Indonesia bekerjasama dengan Perumahan Bintaro Jaya menyelenggarakan program “Perfect Home” bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana memilih, mengisi, dan merawat rumah yang baik dan benar, sehingga rumah terlihat dan terasa sehat, bersih, dan sempurna, baik secara fisik maupun sikap seluruh penghuni rumah. Kerja sama ini didasari oleh kesamaan visi dalam mewujudkan rumah dan lingkungan yang bersih dan sehat, salah satunya dengan mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca, dan perubahan gaya hidup serta pola konsumsi yang menekankan pada konservasi sumber daya yang dapat berkontribusi untuk mengembangkan ekonomi yang rendah karbon yang adil dan berkelanjutan.

Bertempat di Cluster Emerald Residence, Bintaro Jaya, media gathering dan tour ke rumah sehat ini, dihadiri oleh Tina S. Hadisumarto (Head of SBU Bintaro Jaya), Risyanti Wulansari (Brand Manager Sunlight), Sari Tobing (Environment Assistant Manager Yayasan Unilever Indonesia), dan Quartanti D. Djojowijoto (Interior Designer).

Risyantie Wulansari mengatakan, “Melalui produk-produk home care Unilever seperti Sunlight, Pureit, Rinso, Molto, Cif, Superpel, Domestos, dan Wipol, kami ingin membantu para Konsumen kami untuk bisa mendapatkan rumah dengan setiap bagian ruangan yang lebih bersih dan higienis. Karena selain enak dipandang, rumah bersih dan higienis juga mencegah penghuninya dari berbagai penyakit, sehingga setiap penghuni rumah bisa beraktivitas secara optimal dan mendapatkan banyak hal yang lebih dalam kehidupannya.”

Sejalan dengan visi Unilever untuk membantu masyarakat mendapatkan rumah yang sempurna, tidak hanya dari segi kondisi bangunannya saja tapi juga lingkungan sekitar dan gaya hidup kumonitas perumahan, Tina S HadisumartoHead of SBU Bintaro Jaya mengatakan, “Kepedulian kami terhadap lingkungan dan rumah yang sehat tertuang dalam ECOmmunity, yang salah satunya terdiri dari penerapan fitur-fitur ramah lingkungan pada bangunan rumah dan cluster yang dibagi kedalam beberapa kategori yaitu Health Care, Earth Care, dan Energy Care, yang merupakan gaya hidup Bintaro Jaya untuk lebih peduli dan ramah pada lingkungan, baik makro maupun mikro, yang dilakukan oleh komunitas (warga) dan pengelola Bintaro Jaya untuk kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan.”

Berbicara mengenai rumah yang sempurna, tentunya tidak lepas juga dari penataan isi rumah yang tepat guna. Menurut Quartanti D. Djojowijoto, seorang design interior, Perfect Home adalah rumah yang sesuai kepribadian dan kebutuhan pemilik baik dari sisi kebutuhan fungsi, estetis-psikologis dan kesehatan penghuninya. “Hal pertama yang harus diperhatikan untuk menciptakan rumah sehat adalah luasan dari rumah harus dapat memenuhi setidaknya kebutuhan dasar manusia untuk beraktivitas secara sehat, tidak terlalu sempit atau terlalu besar. Sirkulasi untuk aktifitas, pencahayaan dan udara harus terpadu sempurna. Namun, terkadang realisasi pemilik berbeda dengan harapannya, interior desainer membantu proses perwujudan keinginan pemilik melalui keahliannya”.

Tidak hanya membantu dalam hal merawat dan memelihara rumah bersih dan higienis, Unilever juga mengajak masyarakat untuk berperilaku sustainable mulai dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan di rumah. Bekerjasama dengan Institute for Essential Services Reform (IESR), Unilever membuat carbon wheel atau Kalkulator Jejak Kabon. Kalkulator Jejak Karbon memudahkan masyarakat untuk menghitung berapa jejak karbon yang telah diciptakan, dan melakukan perilaku yang dapat mengurangi emisi untuk menyelamatkan bumi.

“Secara tidak sadar, ternyata kita telah meninggalkan jejak karbon di setiap aktivitas harian kita. Mulai dari penggunaan kendaraan bermotor, lampu, pendingin ruangan, alat-alat elektronik, penggunaan kertas, hingga sampah organik yang dihasilkan, semuanya menghasilkan emisi gas rumah kaca. Untuk itu, kami mengajak masyarakat berperilaku yang lebih ramah terhadap lingkungan, guna mengurangi akibat dari pemanasan global.” demikian dijelaskan Sari Tobing, Environment Assistant Manager Yayasan Unilever Indonesia.

Dalam Kalkulator Jejak Karbon diberikan contoh kegiatan sehari-hari yang menghasilkan CO2 diantaranya, menggunakan hair dryer selama satu jam menghasilkan 891 gr CO2, menyalakan lampu selama 24 jam menghasilkan 214 gr CO2, menggunakan AC selama satu jam menghasilkan 668 gr CO2. Bayangkan apabila dalam satu komunitas perumahan melakukan hal tersebut, berapa CO2 yang sudah kita hasilkan? Dan sebaliknya, bila satu komunitas perumahan bisa mengubah perilakunya, maka kontribusi kita akan menjadi lebih nyata untuk bisa menyelamatkan lingkungan pemukiman dan bumi kita ini.

Kalkulator Jejak Kabon ini telah disosialisasikan kepada lebih dari 22 ribu kepala keluarga di Bintaro Jaya, melalui penyebaran buklet dan cabon wheel ke dalam majalah Kicau (majalah internal Bintaro Jaya).

Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-33 Bintaro Jaya bekerjasama dengan Unilever Indonesia menyelenggarakan acara kampanye lingkungan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat menciptakan Perfect Home, melalui perubahan perilaku sehari-hari yang lebih ramah lingkungan. Acara yang akan diselenggarakan pada hari Minggu 17 Juni 2012 ini akan diawali dengan fun bike yang diikuti oleh kurang lebih 1500 orang. Akan ada pula prototype Perfect Home dan edukasi perilaku ramah lingkungan yang disimulasikan dalam bentuk buble. Kampanye lingkungan ini disampaikan dengan cara yang sangat sederhana sehingga mudah dipahami dan dilakukan oleh semua orang dari berbagai lapisan masyarakat.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top