15 Fakultas Kedokteran Gigi di Indonesia mendapatkan fasilitas electronic journal dari pepsodent

Civitas academica kedokteran gigi dapat memanfaatkan lebih dari 300 judul jurnal dan jutaan artikel sebagai sumber informasi ilmiah terpercaya untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas kesehatan gigi masyarakat.

Jakarta, 18 Desember 2012– UnileverIndonesiamelalui brand Pepsodent hari ini menyerahkan secara simbolik fasilitas berlangganan electronic journal (e-journal) EBSCO kepada 15 Fakultas Kedokteran Gigi yang tersebar di sejumlah wilayah Tanah Air. Diwakili oleh Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc,Professional Relationship Manager Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk.danProf. Bambang Irawan, drg, PhDDekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, penyerahan bantuan fasilitas ini adalah bentuk dukungan yang pertama kalinya diberikan pihak swasta kepada program studi kedokteran gigi di Indonesiayang akan memudahkan para civitas academica mendapatkan referensi terkini dan juga valid.

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, kemudahan mendapatkan informasi terbaru berperan penting dalam setiap kehidupan masyarakat. Penelusuran sumber literatur ilmiah seperti e-journal melalui internet di kalangan civitasacademicaperguruan tinggi menjadi salah satu hal yang tak terelakkan dalam pengembangan karya ilmiah yang lebih relevan di tengah kemajuan ilmu kedokteran gigi yang pesat.

Disampaikan oleh Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc,Professional Relationship Manager Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk., ”Penerapan keilmuan kedokteran gigi sekarang dilakukan berdasarkan penelitian-penelitan yang terbukti dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah (evidence based).Namun tingginya biaya berlangganan e-journal dan kesulitan dalam mengaksesnya dinilai masih menjadi sejumlah kendala utama budaya membaca literatur ilmiah terbaru.Padahal kemudahan akses berlangganan e-journal ini diperlukan untukmengaksesiteratur ilmiah secara cepat, kapan dan dimana saja, tidak hanya dariruangkomputer fakultas. Lebih jauh lagi, pemanfaatan e-journal ini dapat memberikan sumbangsih nyata dalam usaha peningkatkan kesehatan gigi masyarakat.”

Hingga tahun 1994, literatur ilmiah masih berupa materi cetak yang membatasi jumlah pembaca yang dapat menjadikan sebagai referensi. Sejalan dengan kemajuan teknologi,sejaktahun 1995 banyak materi dikembangkan dalam bentuk digital/e-journalsehinggamemungkinkan lebih banyak pihak yang dapat merasakan manfaat literatur ilmiahdengan kemudahan aksesnya. Di sisi lain, akademisi ilmu kedokteran gigi di Indonesia juga diharapkan dapat lebih banyak berkontribusi aktif untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka dalam kumpulan jurnal internasional.

”Dengan adanya kemudahan akses berlangganan e-journal ini, mahasiswa dan juga tenaga pengajar dapat melakukan akses ke literatur ilmiah secara cepat, mudah selama 24 jam dimana saja, tidak hanya diruangkomputer fakultas.Pangkalan data e-journalyang terpilih merupakan salah satu akses e-journalyang paling banyak dijadikan referensi di kalangan kedokteran gigi, dikarenakan jumlah jurnal terakreditasi yang yang cukup banyak dan lengkap hingga mencapailebih dari300 judul jurnaldengan jutaan artikeldan 34 e-bookkhusustentang ilmu kedokteran gigi.”Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDScmenambahkan.

Prof. Bambang Irawan, drg, PhD, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia menjelaskan,“Untuk menjadi universitas riset kelas dunia, tentunyakamimembutuhkan info terkini mengenai fenomena yang tengah terjadi di dunia dan salah satunya melalui sarana e-journal.Kebutuhanini menjadivital seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga kami dapat menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Melalui dukungan berupa fasilitas akses e-journal ini, kamiyakinakan semakin banyak tenaga pengajar yang dapat memuat karya ilmiahnya di jurnal internasional terakreditasi.”

Lima belas (15) fakultas kedokteran gigi yang menerima fasilitas berlangganan e-journal EBSCO adalah mitra fakultas kedokteran gigi yang selama ini telah berpartisipasi dipenyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional.Fasilitas akses e-journal ini dapat digunakan mulai bulan Desember 2012 selama satu tahun penuh. Dalam waktu tersebut, ribuan civitasacademicamulai dari mahasiswa hingga dosen dapat menikmati kemudahan akses mendapatkan referensi terkini dari e-journal dan e-book.

E-journalEBSCO yang berbasis di Amerika Serikat telah berdiri selama lebih dari 65 tahun. Memiliki tim khusus untuk meninjau ulangkonten semua jurnal maupun e-book yang akan disertakan dalam pangkalan data sehingga dapat menjadi referensi yang valid. Baik mahasiswa maupun dosen akan diinfokan Username dan Password khusus untuk log in ke situs EBSCO,dengan demikian siapapun dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi ilmiah untuk keperluan diskusi, kegiatan belajar mengajar maupun penelitian.

“Adanyakemudahan untuk mengaksesnyadimana dan kapan saja saja, baik mahasiswa maupun tenaga pengajar dengan cepat mendapatkan koleksi publikasi jurnal terbaru yang berkualitas.Kami berharap semua civitasacademicadapat mengoptimalkan pemanfaatan e-journaluntuk meningkatkan ilmu kedokteran gigi di Indonesia demi mewujudkan kualitas kesehatan gigi masyarakat yang lebih baik.”tutupDrg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top