Lewati ke content

Unilever Indonesia Ubah lokasi


Profil Dewan Komisaris

Presiden Komisaris & Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi

Hemant Bakshi

Warga negara India. Diangkat sebagai Presiden Komisaris pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 25 November 2020, efektif pada 1 Desember 2020.

Sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia, Direktur Eksekutif untuk Home & Personal Care (“HPC”), Direktur Eksekutif – Customer Development, Wakil Presiden Regional Kategori Skin – South Asia, Wakil Presiden Regional untuk Merek Lifebuoy dan Fair & Lovely dan Manager Regional South Asia di Hindustan Lever Limited (”HUL”). Beliau memperoleh gelar sarjana B. Tech (Teknik Kimia), Institut Teknologi India, Mumbai dan PGDM (MBA) Institut Manajemen India, Ahmedabad.

Hement Bakshi profile picture

Komisaris Independen & Ketua Komite Audit

Alexander Rusli

Warga Negara Indonesia, lahir di Sydney, berdomisili di Jakarta (usia 47).

Diangkat sebagai Komisaris Independen Unilever Indonesia oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada 23 Mei 2018.

Saat ini Beliau juga menjabat dalam jajaran komisaris atau penasihat di PT Mandiri Capital Investment (March 2018 - sekarang), Hermina Hospital Group (Nov 2017 - sekarang), penasihat di PT Sarana Menara Nusantara, tbk (Protelindo) (Nov 2017 - sekarang), juga komisaris di beberapa perusahaan besar lainnya.

Beliau juga memiliki pengalaman jajaran Direksi. Beliau pernah menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO), Indosat Ooredoo (Nov 2012 – Nov 2017), Direktur di Digiasia Bios PTE LTD (Singapore incorporated) (Jan 2018-current), dan Chairman di PT Geodipa Energi (2008-2012), Partner di Northstar Pacific (Oct 2009 – Oct 2012).

Beliau juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Kementerian; di Kementerian BUMN (Mei 2007 - Oct 2009) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia (Aug 2001 - Mei 2007).

Beliau Meraih gelar Bachelor of Business, Information System tahun 1992 dan gelar Bachelor of Commerce (Hons), Information System tahun 1993, keduanya di dapatkan di Curtin University of Technology, Perth, Australia. Beliau mendapatkan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D), Information System tahun 2000 di dapatkan di Curtin University of Technology, Perth, Australia.

Beliau tidak memiliki afiliasi dengan sesama anggota Dewan Komisaris, atau anggota Direksi, atau dengan pemegang saham utama

Alexander Rusli

Komisaris Independen

Alissa Wahid

Warga Negara Indonesia. Diangkat sebagai Komisaris Independen Unilever Indonesia oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada 27 Mei 2021.

Berprofesi sebagai psikolog keluarga, Ibu Alissa Wahid dikenal luas karena sumbangsihnya di sektor sosial, khususnya tentang multikulturalisme, demokrasi serta hak asasi manusia, dan gerakan Muslim moderat di Indonesia. Beliau saat ini berfokus pada pengembangan kepemimpinan untuk para pemimpin muda antar agama. Beliau adalah Direktur Nasional Gusdurian Network Indonesia (GNI) yang merangkul ribuan aktivis di seluruh Indonesia untuk mempromosikan dialog dan pemahaman antaragama, kemasyarakatan yang aktif, demokrasi dan hak asasi manusia.

Pada tahun 2019 beliau ditunjuk oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai Duta Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. Tugas tersebut masih diemban beliau hingga hari ini, seraya terus berpartisipasi aktif mendukung berbagai organisasi dan yayasan sosial lainnya, termasuk Nahdlatul Ulama (NU) sebagai Sekretaris Umum Lembaga Kemaslahatan Keluarga.

Ibu Alissa meraih gelar sarjana dan magister dalam bidang psikologi dari Universitas Gadjah Mada, salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Picture of Alissa Wahid

Komisaris Independen

Debora Herawati Sadrach

Warga Negara Indonesia, lahir di Sukabumi, Jawa Barat, berdomisili di Jakarta.

Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Unilever Indonesia Tbk oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada 21 Mei 2019.

Bergabung dengan Unilever Indonesia tahun 1988 dan mengundurkan diri pada tahun 2017 karena memasuki masa pensiun. Jabatan senior pada saat bekerja di Unilever Indonesia antara lain Direktur Refreshment & Marketing Services (2015-2017), Direktur Personal Care (2001-2007; 2011- 2015) dan Direktur Home and Personal Care (2007-2010). Setelah pensiun dari Unilever Indonesia beliau aktif dalam kegiatan-kegiatan pelatihan marketing dan branding serta berbagai macam kegiatan sosial lainnya.

Beliau meraih gelar Master di bidang Pendidikan (EdM) untuk Adult & Continuing Education dari Boston University School of Education (1987) dan Sarjana Kedokteran Gigi dari Universitas Trisakti (1985).

Ibu Debora Herawati

Komisaris Independen

Fauzi Ichsan

Warga Negara Indonesia. Diangkat sebagai Komisaris Independen Unilever Indonesia oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada 27 Mei 2021.

Bapak Fauzi Ichsan adalah praktisi ekonomi dan keuangan yang memiliki pengalaman yang luas. Di antara banyak pencapaian sukses nya, antara lain, tanpa diurutkan adalah: memimpin Lembaga Penjamin Simpanan Indonesia (LPS) sebagai Kepala Eksekutif, memimpin Standard Chartered Bank sebagai Managing Director, memberikan advis kepada Duta Besar Inggris sebagai Penasihat Ekonomi Senior, dan menempati posisi manajerial dengan Citibank. Saat ini, Bapak Fauzi menduduki beberapa posisi jabatan selaku Dewan Komisaris di PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), PT Manulife Asset Management Indonesia dan PT AKR Tbk.

Bapak Fauzi memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari London School of Economics and Political Science, University of London, Inggris; dan Master in Development Studies dari Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, MA, USA.

Picture of Fauzi Ichsan

Komisaris Independen

Ignasius Jonan

Diangkat sebagai Komisaris Independen pada Rapat Umum Pemegang Saham 24 Juli 2020. Bapak Ignasius Jonan adalah praktisi manajemen dan keuangan dengan pengalaman luas sebagai pemimpin di berbagai lembaga dan institusi seperti Citibank, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) serta menjabat sebagai Menteri Perhubungan (2014- 2016) dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (2016-2019) Republik Indonesia. Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Airlangga dan mendapat gelar Master of Arts in International Relations and Affairs dari Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University.

Ignasius Jonan