PSI: Menyelamatkan Nyawa Malalui Mencuci Tangan Dan Air Minum Bersih

Setiap tahun, lebih dari 2 juta anak meninggal sebelum ulang tahun kelima mereka karena menderita diare dan radang paru-paru. Saat ini, Unilever Foundation dan PSI, suatu organisasi kesehatan global, tengah bekerja sama untuk menghindari kematian yang dapat dicegah dengan mudah ini melalui pengajaran pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan meningkatkan akses ke air minum yang aman. PSI memiliki pengalaman di lapangan lebih dari 40 tahun dalam menginformasikan program-program ini yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan anak-anak dan keluarga.

Mencuci Tangan

Meskipun banyak orang di seluruh dunia yang mencuci tangan mereka dengan air, sangat sedikit yang mencuci tangan mereka dengan sabun pada saat-saat penting – seperti setelah menggunakan toilet, setelah membersihkan anak, dan sebelum memegang makanan. Jika mencuci tangan dengan sabun menjadi praktik standar, para ahli kesehatan memperkirakan bahwa kematian akibat diare dapat dikurangi sebanyak satu setengah dalam empat kematian akibat infeksi saluran pernapasan akut.

Bersama-sama, Unilever dan PSI bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan program mencuci tangan dengan sabun di sekolah dan masyarakat di Kenya, Vietnam, dan Zimbabwe – tiga negara tempat praktik mencuci tangan dengan sabun sangat rendah. Di Kenya, misalnya, 28% dari anak-anak sekolah melaporkan mencuci tangan mereka dengan air pada saat-saat penting sepanjang hari, namun hanya 1% melaporkan menggunakan sabun.

Inisiatif bersama ini membantu anak-anak membiasakan diri dalam mencuci tangan mereka secara benar dan konsisten dengan sabun pada saat-saat penting sepanjang hari. Menggunakan produk sabun Lifebuoy dan materi komunikasi, guru dan tenaga kesehatan masyarakat mengajak anak-anak usia sekolah untuk mengubah perilaku melalui program mencuci tangan dan kegiatan, seperti menulis lagu, membaca buku komik, dan bahkan janji mencuci tangan. Kami tahu bahwa ketika anak-anak mempelajari dan memahami perilaku sehat, mereka membantu menyampaikan informasi penyelamatan hidup kepada keluarga mereka di rumah dan generasi mendatang – memicu efek riak yang kuat. Program ini telah menjangkau lebih dari 1 juta orang.

Waterworks: Meningkatkan Akses Ke Air Minum Yang Aman

Waterworks, yang diluncurkan sebagai kemitraan antara Unilever Foundation, PSI, dan Pureit menyediakan air minum bersih yang aman kepada masyarakat yang membutuhkan di kota Bhopal, India. Program nirlaba ini memberikan pemurni air Pureit (sistem pemurnian air di rumah dari Unilever) gratis kepada rumah tangga.

Kaum wanita dari masyarakat setempat dilatih oleh PSI dalam metodologi perubahan perilaku, sehingga anggota masyarakat dapat mempelajari cara menggunakan pemurni Pureit yang akan menjaga mereka tetap aman dari penyakit yang menular melalui air. Sebagai ibu, saudara perempuan, bibi, dan teman-teman dari masyarakat ini, para anggota Waterworks ini mampu melakukan percakapan tepercaya dengan keluarga dan teman-teman mereka tentang masalah kesehatan yang paling memengaruhi mereka.

Selain itu, program Waterworks juga berusaha untuk meningkatkan pemberdayaan keuangan bagi kaum wanita di masyarakat dengan memberikan pendapatan bulanan yang stabil untuk para anggota Waterworks yang berpartisipasi dalam program ini.

Back to top