Setiap U membantu mengurangi limbah air

Air adalah sumber kehidupan bagi planet kita, air juga memelihara hutan dan menjaga keberlangsungan hidup manusia. Air merupakan sumber daya yang sangat penting, untuk itu kita harus bijak memanfaatkannya. Setiap kamu menggunakan produk-produk Unilever favoritmu, kamu berarti ikut mendukung kami mengurangi penggunaan air yang ada di pabrik kami.

Selamatkan 22 milliar liter air dengan mengurangi pemakaian air

Air punya peran yang cukup besar dalam proses produksi di pabrik, jadi kita harus melakukan berbagai cara untuk membuat strategi dan inovasi agar lebih efisien untuk mengurangi pemakaian air. Secara global, kami telah mengurangi sekitar 44% dari setiap ton air yang kami pakai di seluruh proses produksi pabrik kami. Di tahun 2018, upaya tersebut membantu kami untuk menghemat air sekitar 22 miliar liter dibanding dengan pemakaian air sejak 2008 – sebanding dengan pemakaian 2.9 liter air yang digunakan setiap orang di muka bumi ini!

Di Indonesia, kami berupaya memanfaatkan semua limbah sebagai sumber daya, pada tahun 2018, pabrik es krim kami yang ada di Cikarang menemukan cara baru mengelola sisa es krim yang tidak terpakai dan sisa air limbah. Hal yang kami lakukan ini sejalan dengan upaya besar Unilever secara global untuk mencapai zero waste to landfill (sama sekali tidak membuang sampah ke lingkungan). Kami bekerja sama dengan mitra kami untuk memanfaatkan limbah produk es krim untuk dijadikan pupuk cair. Kami juga mengolah air sisa limbah menjadi makanan ternak berprotein tinggi. Upaya kami ini tidak hanya mampu menghemat biaya pengelolaan limbah sebesar 71,28% tetapi juga bisa mengurangi jumlah limbah sisa produksi ke lingkungan.

Menciptakan pabrik ramah air di seluruh dunia

Secara global, pabrik Unilever telah dirancang dan diperbarui agar lebih hemat air. Pada tahun 2018, Unilever berinvestasi sebesar € 32.000 untuk memanen air hujan di sekitar Sungai Tapti, India. Karena upaya ini, kami bisa menghemat air sekitar 43.000 m3 per tahun. Dari proyek ini, hasil panen air sebesar 9.000 m3 kami simpan dan kami gunakan untuk memenuhi kebutuhan air selama 30 hari. Pada tahun yang sama, Unilever juga memberikan tantangan kepada pabrik-pabrik kami yang ada di Asia Selatan untuk bisa mengumpulkan dan juga menggunakan kembali sebanyak mungkin air selama musim hujan. Secara keseluruhan, 33 juta liter air telah terkumpul dan digunakan kembali oleh pabrik-pabrik kami. Kami berambisi untuk mengumpulkan lebih banyak lagi air hujan di tahun 2019 ini.

Tidak hanya itu, kami juga menjalankan upaya lainnya seperti mengumpulkan dan menggunakan kembali air untuk menara pendingin, mendaur ulang air untuk pemanas dan mengurangi penggunaan dengan melakukan pembersihan secara efisien. Semua ini kami lakukan untuk membantu mengurangi dampak perubahan iklim, melindungi kualitas air ke lingkungan, dan juga mengurangi permasalahan kelangkaan air.

Bersama, kita bisa menjaga setiap tetes air yang berharga

Air merupakan sumber kehidupan, sehingga kita wajib melakukan segala upaya untuk membatasi pemakaian air dan efisien dalam memanfaatkan air. Dengan menggunakan dan mengonsumsi produk Unilever favoritmu, kamu juga turut mendukung upaya kami untuk menjaga setiap tetesan air yang berharga bagi bumi kita lho.

Setiap U Beri Kebaikan. Unilever

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami