Career profile: Yann

Ilmuwan

Hal yang paling memuaskan bekerja di R & D Unilever adalah keberagaman karyawan, baik dalam hal budaya maupun latar belakang. Saya berkesempatan untuk berdiskusi bersama sepuluh ilmuwan, semua ahli di bidang yang berbeda – sungguh mengagumkan.

Kami juga mengawal siklus produksi dari awal hingga akhir. Jadi kami berhubungan dengan banyak orang secara reguler, contohnya dari Marketing andSupply Chain. Kami sangat fokus pada tujuan bisnis, tetapi dalam waktu yang sama, mempunyai banyak kebebasan untuk bagaimana kami membuat pendekatan yang sesuai dengan tujuan.

Dengan latar belakang engineering, menciptakan barang adalah passion saya. Pada posisi sebelumnya, saya bertanggung jawab untuk evaluasi teknis bagian perawatan rambut. Kami memperhatikan masukan dari konsumen mengenai keinginan mereka – seperti kelembutan dan kehalusan – dan mengembangkan metode evaluasi teknis untuk memastikan bahwa kami memenuhi apa keinginan mereka dan melalui penilaian, kami dapat terus meningkatkan keuntungan produk.

Sekarang saya bertanggung jawab atas piranti sains terkait dengan presisi tinggi. Kami memeriksa molekul dalam jumlah banyak dengan cepat. Tugas saya adalah untuk menemukan metode mutakhir dalam metodologi penyaringannya dan

memisahkan sinergi dari beberapa kategori. Di samping kerja internal, saya bertugas dengan lebih banyak orang di luar Unilever. Kadang teknik yang baru membuat kami bekerja lebih lama dalam pengembangannya sehingga kami juga menjalin kerja sama dengan mitra luar yang sudah menggunakan teknologi tersebut.

Semua ini merupakan domain yang berbeda, di mana saya bisa belajar tentang banyak hal. Saya tidak hanya terlibat dalam metode-metode atau cara kerja yang baru, namun peranan saya betul-betul berubah. Sekarang saya menghabiskan dua per tiga dari waktu saya untuk memimpin proyek dan sisanya untuk memimpin karyawan. Menurut saya, keduanya amat menantang dan bermanfaat.

Jadi ketika saya datang ke laboratorium di pagi hari, saya tidak pernah benar-benar mengetahui apa yang akan saya lakukan di hari itu- hal itulah yang saya sukai mengenai pekerjaan ini.

Back to top