Air bersih, aman & terjangkau

Statistik yang mengungkapkan bahwa sekitar dua juta orang di dunia tidak dapat mengakses air bersih amatlah mengejutkan.

Suatu Masalah Global

Replace this image

Di negara yang sedang berkembang, berbagai penyakit yang ditularkan melalui air seperti penyakit kuning, typhoid dan cholera cukup merebak. Pada kenyataannya angka kematian bayi yang tinggi berhubungan langsung dengan diare, yang di India saja, mencapai 400,000 kematian per tahun.

Oleh sebab itu, Unilever bertekad untuk bekerja dengan para mitra teknis, badan-badan pemerintah, serta instansi ilmu pengetahuan dan kesehatan masyarakat untuk mengembangkan solusi yang efektif dan terjangkau.

Solusi yang dapat diakses

Diluncurkan di India pada tahun 2005, produk-produk PureIt merupakan satu-satunya pemurni air dalam rumah yang dapat menghasilkan air yang “sama amannya dengan air yang sudah direbus” tanpa membutuhkan gas, listrik atau supply bertekanan tinggi. Setiap unitnya seharga €32 dan biaya operasinya sekitar setengah sen euro untuk setiap liter air yang dihasilkan. Sehingga harganya lebih terjangkau dari alternatif lain.

Pada tahun 2008, produk ini disebar di 23 negara bagian di India, dan mencapai ke seluruh 28 negara bagian pada awal 2009. Pureit kini memberikan solusi atas air minum yang aman bagi lebih dari lima juta orang dalam satu juta keluarga.

Terobosan teknologi

PureIt merupakan suatu preastasi dalam inovasi teknik yang dikembangkan melalui usaha bersama lebih dari seratus orang ilmuwan berkualifikasi di laboratorium riset Unilever di India dan Inggris.

Pemurnian dilaksanakan dalam proses melalui empat tahap, pertama microfibre mesh menyaring kotoran yang kelihatan. Kemudian, air dialirkan melalui perangkap carbon compactuntuk memurnikan air dari berbagai parasit dan pestisida yang berbahaya. Prosesor Germkill™ menggunakan sustained release chlorine technology untuk mematikan virus dan bakteri. Akhirnya sebuah polisher memurnikan air dari berbagai zat serta residu chlorine untuk menghasilkan air dengan rasa hebat yang tidak berbau dan jernih.

Indikator battery akan menginformasikan pada konsumen kapa harus mengganti battery kit dan suatu fitur auto switch-off untuk membrikan tambahan jaminan keamanan denganmenghentikan atus air ketika lampu indikator berubah nyalanya menjadi merah.

Brought to life through partnership

Pengembangkan teknologi merupakan tantangan berat namun realkistik bagi para ilmuwan Unilever, namun menciptakan produk aktual membutuhkan pengalaman dan keahlian di luar jangkauan kami. Oleh sebab itu, kami mencari mitra yang dapat mengkontribusikan apa yang tidak dapat kami berikan – pengetahuan mengenai estetika dalam desain dan manufaktur unit.

Hal ini merupakan kemitraan yang sukses, tak lain disebabkan oleh karena sifat kolaborasi ini sendiri membuatnya amat memotivasi semua pihak untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi.

Bukti Performa

PureIt segera memperoleh kepercayaan dari kalangan ilmuwan, kedokteran dan kesehatan masyarakat, serta mampu meyakinkan dokter atas kemanjurannya. Kinerjanya telah diverifikasi dan di setujui oleh berbagain institusi terkemuka, seperti Sundaram Medical Foundation, the Indian Public Health Association and the London School of Hygiene and Tropical Medicine. Selain itu, ia juga telah memenuhi segala persyaratan yag ditetapkan oleh Environmental Protection Agency (EPA), badan regulator yang menerapkan standar paling tinggi di Amerika Serikat.

Selain itu, produk ini juga telah memperoleh berbagai penghargaan termasuk penghargaan dari UK Trade and Investment India Business Award 2008 untuk inovasi, UNESCO Water Digest Water Award 2008/09 untuk pemurni air non listrik untuk penggunaan di rumah tangga yang terbaik, dan Golden Peacock Product/Service Innovation Award tahun 2008.

Back to top