Unilever Tunjukkan Komitmen untuk Ciptakan Masa Depan Yang Lebih Baik

Yayasan Unilever Indonesia ajak masyarakat bersama-sama melakukan “langkah kecil inspiratif untuk perubahan besar”

PT Unilever Indonesia Tbk, yang telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 75 tahun, berkomitmen untuk bersama masyarakat menciptakan masa depan yang lebih baik. Sejak didirikan 10 tahun lalu, Yayasan Unilever Indonesia menaungi tiga pilar yang menitikberatkan pada program lingkungan, edukasi kesehatan masyarakat serta pengembangan ekonomi dan saat ini telah memiliki lebih dari 300,000 Agen Perubahan. Kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh PT Unilever Indonesia Tbk senantiasa memiliki relevansi terhadap bisnis guna memastikan keberlanjutannya (sustainability).

YUI Annv 10Joseph Bataona, Director PT Unilever Indonesia, Tbk mengatakan, “Kami menyadari bahwa sektor swasta mempunyai andil dan dapat memberikan kontribusi aktif dalam mewujudkan kemandirian di bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan, sejalan dengan program pemerintah untuk mencapai Millenium Development Goal di tahun 2015.” Berbagai kegiatan Yayasan Unilever Indonesia selaras dengan MDG 2015 seperti mengurangi dampak kemiskinan dan kelaparan, membantu mengurangi angka kematian bayi & balita, meningkatkan kesehatan ibu serta mencegah HIV AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, serta pelestarian lingkungan hidup.

Lebih lanjut Joseph menambahkan, “Visi Yayasan Unilever Indonesia mengembangkan potensi masyarakat untuk kualitas hidup lebih baik sejalan dengan visi perusahaan yang senantiasa mewujudkan masa depan yang lebih baik.”

YUI KedelaiPakar social entrepreneur Erie Sudewo dari Social Entrepreneurship Leader dan juga wali amanah Dompet Dhuafa mengatakan, “Inti dari kegiatan sosial adalah menciptakan kemandirian dan pemberdayaan sehingga mereka dapat menjadi lebih produktif dengan apa yang mereka miliki.” Harapan Erie, Yayasan Unilever Indonesia dapat terus berkembang dan berperan sebagai tolok ukur bagi perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan kegiatan tanggung jawab sosial sejenis.

Beberapa program yang dilakukan oleh Yayasan Unilever Indonesia telah mencakup aspek pemberdayaan dan kemandirian masyarakat termasuk program pemberdayaan petani kedelai hitam dan pengelolaan sampah mandiri.

Tahun ini, Yayasan Unilever Indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan langkah kecil inspiratif dalam kehidupan sehari-hari, yang dapat membawa perubahan besar dengan melakukan ‘pledge’ atau ikrar. Hal ini di dorong oleh kesadaran masyarakat yang tinggi untuk melakukan suatu perubahan dan diyakini dapat menginsipirasikan orang lain. ‘Pledge’ adalah ikrar individu untuk melakukan perubahan kecil dimulai dengan diri sendiri seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; menggosok gigi dua kali sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam; serta memilah sampah organik dan non-organik.

YUI trashSinta Kaniawati, General Manager Yayasan Unilever Indonesia, mengatakan, “Program langkah kecil inspiratif ini selaras dengan tema kampanye global perusahaan, dimana Unilever Indonesia mengajak masyarakat termasuk karyawan Unilever Indonesia sendiri untuk melakukan langkah kecil inspiratif dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membawa perubahan besar. Bayangkan jika satu orang melakukan langkah kecil saja, jika di gabungkan akan menjadi suatu perubahan yang besar. Oleh karenanya, kami mengajak seluruh karyawan Unilever Indonesia dan juga masyarakat untuk membuat ikrar yang dapat membawa perubahan ”.

PT Unilever Indonesia Tbk telah melakukan serangkain kegiatan bagi karyawan yang dinamakan Employee Volunteerism untuk memberikan kesempatan pada mereka agar berpartisipasi dan berkontribusi nyata bagi perbaikan kondisi lingkungan dan masyarakat.

Dalam rangka menyambut tahun ke 10 dalam berkiprah, kegiatan Yayasan Unilever Indonesia juga di perluas cakupannya meliputi:

  • Program Lingkungan Green & Clean : program pelestarian lingkungan yang menitikberatkan pada masalah persampahan, penghijauan dan resapan ini telah dimulai tahun 2001 di Surabaya ini telah bergulir ke beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Medan, Yogyakarta, Makassar Bandung Banjarmasin, Balikpapan. Trashion : adalah kegiatan penting bagian dari program Green & Clean, dimana ibu-ibu dilatih ketrampilannya untuk menjahit kemasan bekas produk untuk dijadikan barang yang bermanfaat. Kegiataan ini menumbuhkan sifat kewirausahaan serta pemberdayaan perempuan.

  • Program Pengembangan Ekonomi: kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam di 7 kabupaten di pulau Jawa, menjangkau sekitar 93,000 penerima bantuan; Program Pemberdayaan Perempuan memberikan kesempatan kepada lebih dari 1,000 perempuan untuk menghasilkan pendapatan dengan melibatkan mereka dalam proses paska panen, serta membekali mereka dengan berbagai pelatihan keterampilan termasuk nutrisi dan pengetahuan, kewirausahaan, dan pengembangan diri.

  • Program Pendidikan Kesehatan Masyarakat: peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan serta kebutuhan nutrisi yang merambah ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di tiga kabupaten di Surabaya; peningkatan pengetahuan mengenai penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS di kalangan remaja diperluas hingga ke Sidoardjo, Pasuruan dan Madiun; program peningkatan pengetahuan nutrisi dengan WFP yang mulai merambah ke pembinaan untuk diversifikasi pangan, serta pembinaan Pasar Sehat di Yogya

Indonesia

PT Unilever Indonesia
Graha Unilever
Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15
Jakarta 12930 

+62 21 5299 6773
media-relations.indonesia@unilever.com