Unilever Raih Penghargaan WCO (World Customs Organization)

Penghargaan Beacukai ini diberikan atas kontribusi Unilever terhadap pengembangan sistem Indonesia National Single Window (INSW)

PT Unilever Indonesia, Tbk. salah satu perusahaan terdepan untuk produk kebutuhan sehari-hari (consumer goods), menerima penghargaan World Customs Organization (WCO) Certificate of Merit , sebuah penghargaan internasional atas kontribusi PT Unilever Indonesia, Tbk. terhadap pengembangan sistem Indonesia National Single Window (INSW).Penghargaan yang ditandatangani oleh Mr. Kunio Mikuriya, selaku Sekretaris Jenderal WCO ini, di berikan kemarin (26/1) dalam rangka hari Pabean Internasional ke-58. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan diterima oleh Joseph Bataona, Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk.

Unilever World Customs Organization AwardINSW adalah sistem nasional yang memungkinkan dilakukannya penyampaian data dan informasi secara tunggal (single submission of data and information), pemrosesan data dan informasi secara sinkron (synchronous processing of data and information), integrasi informasi, dan memadukan alur proses bisnis antara sistem kepabeanan, perijinan ekspor-impor, kepelabuhanan/kebandarudaraan, pembayaran, pengangkutan barang dan logistik, serta sistem lain yang terkait dengan penanganan lalulintas barang ekspor-impor.

Sejak dirintis tahun 2007, pemerintah melakukan ujicoba sistem INSW dengan melibatkan 10 sektor swasta anggota Asosiasi Perusahaan Jalur Prioritas (APJP) untuk pengembangan sistem kepabeanan, dimana Unilever dipilih sebagai team leader. Atas kontribusi Unilever dalam pengembangan INSW inilah, Pemerintah menunjuk Unilever untuk memperoleh penghargaan WCO Certificate of Merit .

Joseph Bataona, Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. mengatakan, “Kami sangat senang memperoleh penghargaan ini, hal ini merupakan bentuk partisipasi kami sebagai perusahaan swasta yang mendukung program pemerintah dalam sistem layanan publik yang terintegrasi, yang menyediakan fasilitas pengajuan, pertukaran dan pemrosesan informasi standar secara elektronik, guna menyelesaikan semua proses kegiatan dalam penanganan lalulintas barang ekspor dan impor untuk meningkatkan daya saing perekonomian nasional”.

WCO 1Organisasi Pabean Dunia (WCO) adalah sebuah organisasi antar pemerintah yang bermarkas di Brussels, Belgia. Dengan keanggotaan di seluruh dunia, dimana WCO diakui sebagai suara masyarakat adat global. Hal ini terutama terkenal karena bekerja di daerah meliputi pengembangan konvensi internasional, instrument, dan alat pada komoditi topik seperti klasifikasi, penilaian, aturan asal, koleksi pendapatan bea cukai, keamanan rantai pasokan, internasional fasilitas perdagangan, bea cukai kegiatan penegakan, memerangi pemalsuan dalam mendukung Hak Kekayaan Intelektual (HaKI), integritas promosi, dan berkelanjutan memberikan pengembangan kapasitas untuk membantu reformasi dan modernisasi pabean. WCO internasional mempertahankan Harmonized System (HS) barang tata-nama, dan mengelola aspek-aspek teknis dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Perjanjian tentang Kepabeanan Penilaian dan Rules of Origin.

Selain PT Unilever Indonesia Tbk., ada sembilan organisasi penerima penghargaan ini yaitu : 3 asosiasi (Asosiasi Perusahaan Jalur Prioritas, Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat dan Soekarno Hatta Trade Facilitation Committee), 2 BUMN (PT Pelindo II, PT Krakatau Steel), dan 4 sektor swasta lainnya (PT Indonesia Epson Industry, PT Jababeka Infrastruktur, PT Mattel Indonesia, dan PT Suzuki Indomobil Motor).

“Penghargaan ini sangat strategis dan penting bagi kami, karena merupakan pengakuan nyata dan apresiasi dari pemerintah kepada pihak swasta yang telah menunjukkan komitmen serta kontribusi yang tinggi dalam membangun kerjasama dengan pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Kami berharap sistem INSW ini dapat dikembangkan lagi dan diperluas mencakup institusi pemerintah dan sektor swasta lainnya, dengan demikian “Reformasi Layanan Publik di Bidang Ekspor-Impor” dapat terwujud”, pungkas Joseph.

Indonesia

PT Unilever Indonesia
Graha Unilever
Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15
Jakarta 12930 

+62 21 5299 6773
media-relations.indonesia@unilever.com