Unilever Gelar Medan Green & Clean 2009

Pertama di Medan, kampanye edukasi berbasis pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan lingkungan lebih bersih dan hijau melalui pengelolaan sampah rumah tangga.

Medan Green Clean 2009PT Unilever Indonesia Tbk., melalui Yayasan Unilever Indonesia (YUI) bersama mitra strategisnya Yayasan Bumi Hijau Lestari, Pemerintah Kota Medan, Badan Lingkungan Hidup dan Harian Waspada menggelar Medan Green & Clean 2009 (MDGC 2009). Setelah sebelumnya sukses dengan program yang sama di beberapa kota lain di Indonesia; Surabaya Green & Clean (SGC), Jakarta Green & Clean (JGC), Yogjakarta Green & Clean (YGC) dan Makassar Green & Clean (MKGC).

Program kampanye edukasi lingkungan berbasis pemberdayaan masyarakat pertama di Medan ini diresmikan hari ini oleh pejabat sementara Walikota Medan, Drs. H. Afifuddin Lubis, Msi, General Manager Yayasan Unilever Indonesia, Sinta Kaniawati, Kepala BLH Kota Medan, Ir. Purnama Dewi, MM, Pembina Yayasan Bumi Hijau Lestari, Dewi Budiati T.J. Said serta Wakil Pimpinan Redaksi Harian Waspada, Sofyan Harahap.

Penandatanganan Medan Green Clean 2009Sinta Kaniawati mengatakan, ”Program ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility PT Unilever Indonesia Tbk. Kami sangat bahagia dapat melebarkan program Green & Clean hingga ke pulau Sumatera khususnya Medan. Kampanye lingkungan ini merupakan kelanjutan program Green and Clean yang dilaksanakan Unilever di Surabaya sejak tahun 2001. Selain direplikasikan di Jakarta, program ini juga mulai dilakukan di Yogyakarta pada tahun 2007, Makassar di tahun 2008, dan di tahun 2009 program ini sudah bergulir ke Bandung, Medan dan Banjarmasin”.

Pemerintah Kota Medan memiliki keinginan yang kuat untuk menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik dan keinginan tersebut semakin diperkuat setelah mengadakan kunjungan ke kota Surabaya dan melihat secara langsung implementasi program Green and Clean di Surabaya. Gayung pun bersambut dengan keseriusan para mitra lainnya untuk mewujudkan lingkungan kota Medan yang lebih hijau dan bersih.

Sinta menambahkan, “Program MDGC ini merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian sektor swasta terhadap masalah lingkungan khususnya masalah persampahan, penghijauan dan resapan di Medan.”

Program ini mendapatkan respon positif masyarakat Medan terbukti melalui antusias mereka untuk mendapatkan pengetahuan dan pendampingan pengolaan sampah secara mandiri. Pelatihanawal yang dilakukan di Desember 2008 dihadiri oleh 21 perwakilan Kelurahan se-kota Medan yang dihadiri oleh Camat dan Lurah. Acara ini dibuka oleh Walikota Medan.

Diharapkan, melalui program MDGC ini, kepada masyarakat dapat (a) meningkatkan kepedulian untuk pengelolaan lingkungan, (b) menggali potensi kreatifitas masyarakat dan memberdayakan nya secara positif, (c) memperkuat kedekatan antar warga di masyarakat, (d) memunculkan tokoh-tokoh masyarakat yang peduli sebagai inspirasi warga lainnya.

“Melalui program ini pula, diharapkan kepada sektor swasta lainnya dapat turut bergabung dalam program MDGC. Dengan semakin banyak pihak yang melakukan program seperti ini, semakin besar pula dampak positif yang akan dirasakan oleh masyarakat,” tutup Sinta.

Indonesia

PT Unilever Indonesia
Graha Unilever
Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15
Jakarta 12930 

+62 21 5299 6773
media-relations.indonesia@unilever.com