11 Brand Unilever Kembali Mendapat Penghargaan ICSA 2006

11 brand PT Unilever Indonesia Tbk kembali dianugerahi penghargaan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2006 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bekerjasama dengan Frontier Indonesia.

Produk-produk tersebut adalah : SariWangi, (kategori teh celup), Blue Band (kategori margarin), Sunsilk  (kategori shampo), Pond’s (kategori sabun pembersih wajah), Citra (kategori hand body lotion), Rexona  (kategori deodoran), Lux  (kategori sabun mandi padat), Lifebuoy  (kategori sabun mandi padat), Pepsodent (kategori pasta gigi), Rinso (kategori sabun pencuci pakaian), dan Molto (kategori pewangi dan pelembut pakaian). Penyerahan penghargaan dilakukan pada tanggal 22 September 2006 di hotel Four Season.

Leila Djafaar, Head of Corporate Communications, PT Unilever Indonesia Tbk., mengatakan, “Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap produk-produk kami, sebagaimana tercermin dalam penghargaan ini.   Kami percaya bahwa membangun kepercayaan butuh kerja keras dan komitmen jangka panjang agar kebutuhan dan keinginan konsumen terpenuhi”. 

Ajang seperti Indonesian Customer Satisfaction Award ini, papar Leila, memiliki arti penting bagi Unilever karena merupakan salah satu parameter untuk menilai seberapa jauh kepercayaan dan kedekatan masyarakat terhadap Unilever serta produk-produknya. ”Kami bahagia karena dengan diberikannya penghargaan ini, membuktikan kedekatan kami di hati masyarakat.”

Satu hal penting bagi Unilever adalah bagaimana agar momen ini dapat disikapi oleh karyawan sebagai motivator untuk terus melakukan inovasi dan aktivitas produk serta terus membangun citra produk, agar hubungan erat dapat terjalin baik dengan konsumen. 

Indonesian Customer Satisfaction Awardadalah program reguler pemberian penghargaan terhadap produk-produk yang memiliki tingkat kepuasan konsumen tinggi, dengan berpijak pada survei yang berkala nasional. Survei yang dilaksanakan oleh Majalah SWA dan Frontier ini melibatkan 10.500 orang. Survei dilakukan di 6 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar.

Ke-11 produk Unilever di atas berhasil meraih penghargaan ICSA 2006 berdasarkan pengukuran 5 parameter yaitu nilai akhir kepuasan pelanggan (Total Satisfaction Score / TSS), kepuasan terhadap produk/pelayanan (quality satisfaction score / QSS), kepuasan terhadap harga berdasarkan kualitas yang diterima (value satisfaction score / VSS), persepsi tingkat ‘kebaikan’ dari   merek yang digunakan secara keseluruhan (kualitas produk / pelayanan, harga dan lain-lain) dibandingkan dengan merek-merek lainnya (Perceived Best Score / PBS) dan ekspektasi terhadap merek (Expectation Score / ES).

Leila mengatakan ”Penghargaan seperti ICSA, ICLA dan IBBA akan terus memacu Unilever untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumennya”.

“Untuk mempertahankan merek diperlukan inovasi terus menerus sehingga merek tersebut memberikan produk yang selalu relevan dengan keinginan konsumen yang senantiasa berubah-ubah. Untuk itu, insight dari konsumen merupakan salah satu resep utama untuk menciptakan inovasi yang relevan,” papar Leila.   Selain itu, urainya lebih lanjut, pendekatan komunikasi yang mengena, baik melalui iklan dan aktivasi merek juga penting untuk mempertahankan dan meningkatkan awareness akan merek tersebut.   Produk yang bagus tanpa diiringi komunikasi yang tepat, mengena dan memadai tidak akan memberikan hasil yang optimal. 

“Tidak kurang pentingnya, rantai distribusi juga berperan penting untuk memastikan bahwa merek tersebut dapat dengan mudah diakses oleh konsumen dimanapun mereka berada, sehingga senantiasa dapat menjadi pilihan bagi konsumen,” kata Leila. 

Indonesia

PT Unilever Indonesia
Graha Unilever
Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15
Jakarta 12930 

+62 21 5299 6773
media-relations.indonesia@unilever.com